Sponsors Link

Akibat Flu Terlalu Lama, Bahayakah? Inilah 11 Dampaknya

Sponsors Link

Flu memang mungkin sering terjadi pada manusia. Flu itu sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza dan menyerang sistem pernafasan manusia. Virus flu yang menyerang bisa menyebabkan gejala gangguan pernafasan seperti hidung tersumbat, gejala pilek, demam, dan juga gangguan pada paru-paru.

ads

Mungkin sebagian besar orang mengira bahwa flu adalah penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya, sehingga jika flu menyerang, orang akan malas minum obat atau malas berkonsultasi dengan dokter. Namun, flu yang tidak kunjung sembuh perlu diwaspadai, karena flu bisa menyebabkan berbagai komplikasi jika terjadi terus menerus. Berikut komplikasi yang bisa terjadi akibat flu terlalu lama yang perlu diwaspadai:

1. Pneumonia

Pneumonia adalah salah satu ciri-ciri influenza yang disebabkan oleh paru-paru yang terisi dengan cairan. Pneumonia juga sering disebut orang awam sebagai penyakit paru-paru basah. Kondisi ini juga bisa dipicu dari flu berkepanjangan yang terlalu lama dan tidak kunjung sembuh. Pneumonia juga bisa terjadi jika seseorang sering beraktivitas di malam hari.

2. Infeksi telinga

Seperti yang diketahui, hidung, tenggorokan, dan telinga adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Maka dari itu, jika ada gangguan pada hidung dan tenggorokan menyebabkan penyebab influenza yang tidak kunjung sembuh, telinga pun bisa ikut terganggu. Virus dari flu bisa menuju bagian telinga dan menyebabkan infeksi di sana. Sehingga telinga bisa mengalami gangguan kesehatan bahkan pendengaran.

3. Sinusitis

Infeksi pada sinus atau yang lebih dikenal sebagai sinusitis juga bisa terjadi karena flu yang tidak kunjung sembuh. Hal ini dikarenakan lendir yang terlalu banyak dan bisa mencapai saluran sinus dan menyebabkan sinus tidak lagi berisi udara, melainkan berisi cairan.

4. Asma

Asma juga bisa menjadi akibat flu terlalu lama yang tidak segera diatasi dengan baik. Apalagi untuk penderita asma, maka asma bisa meningkat risikonya jika saluran atas terganggu karena flu. Asma ini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan seseorang tidak mendapatkan oksigen yang cukup sehingga metabolisme tubuh terganggu.

5. Bronkitis

Bronkitis adalah salah satu jenis infeksi pada paru-paru yang menyerang bronkiolus. Ternyata flu yang terlalu lama terjadi juga bisa menyebabkan seseorang terserang bronkitis. Yaitu ketika virus flu bisa mencapai saluran pernafasan bawah dan menginfeksi daerah tersebut.

6. Gejala flu berat

Flu yang tidak segera ditangani juga bisa memicu perburukan terhadap gejala flu. Apalagi untuk orang dengan penyakit jangka panjang di saluran pernafasan, maka flu harus segera ditangani. Orang-orang yang menderita asma misalnya, perlu untuk segera mengobati flu itu agar virus tidak semakin memperburuk keadaan mereka.

7. Peningkatan gula darah (pada pasien diabetes)

Sponsors Link

Penderita diabetes yang mengalami flu tidak kunjung sembuh terlalu lama bisa juga meningkatkan risiko kenaikan gula darah. Hal ini harus anda andalkan cara mengobati flu tanpa obat dikarenakan virus flu yang menyerang manusia bisa memicu kondisi diabetik ketoasidosis, terutama pada penderita diabetes melitus tipe 1. Untuk penderita diabetes melitus tipe 1, ada baiknya segera mengobatkan diri ke dokter jika flu tidak kunjung sembuh. Jangan sepelekan hal kecil untuk kesehatan jangka panjang.

8. Ibu hamil melahirkan prematur

Komplikasi ini bisa saja terjadi jika ibu hamil mengalami penyebab sering flu terlalu lama. Hal ini dikarenakan infeksi flu bisa mempengaruhi dan meningkatkan risiko kelahiran prematur. Atau bisa juga menyebabkan risiko berat bayi yang dilahirkan sangat kecil. Maka dari itu, jika ibu hamil mengalami flu yang tidak kunjung sembuh, jangan sepelekan hal ini dan segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah kelahiran prematur.

9. Dehidrasi

Akibat flu terlalu lama lainnya adalah tubuh mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan oleh cairan atau lendir yang keluar pada penyebab ingus berwarna kuning dalam jumlah banyak dari hidung, sedangkan penderitanya tidak mengimbangi dengan mengonsumsi cairan yang cukup. Maka dehidrasi bisa menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat. Kurang minum juga bisa menyebabkan flu semakin sulit untuk sembuh.

10. Pembengkakan amandel

Sponsors Link

Akibat lainnya dari flu berkepanjangan adalah kondisi tonsilitis atau pembengkakan amandel. Kondisi ini juga bisa menyebabkan kondisi tubuh semakin memburuk dan perlu diatasi sesegera mungkin. Jika pembengkakan amandel terjadi secara serius, maka pernafasan bisa terganggu. Bahkan untuk kasus yang parah, perlu dilakukan operasi pengangkatan agar penderitanya bisa kembali bernafas dengan baik. Pembengkakan amandel ini sering terjadi pada anak-anak. Jadi jika anak-anak sering flu atau flunya tidak kunjung sembuh, segera lakukan penanganan yang tepat agar tidak menyebabkan gangguan ini.

11. Meningitis

Meningitis adalah gangguan pada saraf pusat atau otak yang dikarenakan infeksi dari virus. Ternyata kondisi ini juga bisa terjadi jika virus flu tidak secepatnya untuk cara pencegahan flu agar cepat hilang dari dalam tubuh. Meningitis bisa terjadi jika virus flu yang menyerang sistem pernafasan bisa mencapai bagian saraf pusat atau otak, sehingga muncul gangguan yang serius. Maka dari itu, flu perlu segera diatasi untuk mencegah risiko kesehatan yang lebih parah di kemudian hari.

Itulah beberapa kondisi yang bisa terjadi akibat flu terlalu lama yang perlu diwaspadai. Mengetahui hal tersebut, tentunya jangan lagi menyepelekan flu. Jika flu terjadi lebih dari 1 minggu dan tidak kunjung sembuh, maka segera konsultasikan dengan dokter untuk menanganinya dengan tepat. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab