Sponsors Link

6 Akibat Sinusitis Berkepanjangan yang Perlu Anda Waspadai Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada rongga hidung. Ketika sinus tidak dibersihkan, maka lendir yang terdapat pada rongga hidung akan semakin  berkembang. Ini lah yang biasanya disebut sinusitis. Sinusitis ini cukup membuat penderitanya merasa tidak nyaman, karena batuk yang terkadang muncul di malam hari, hingga sering merasa pusing.

ads

Hal tersebut tentu saja akan berbahaya, terutama jika sinusitis tidak segera di obati. Sinusitis yang tidak diobati dan dibiarkan begitu saja, tentunya akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Seperti apa dampak tersebut? Berikut ini beberapa akibat sinusitis berkepanjangan.

1. Menyebabkan infeksi pada mata

Akibat sinusitis berkepanjangan ini dapat terjadi dimana ketika sinus terjadi di sekitar hidung yang dekat dengan area mata. Hal ini juga dapat menyebabkan Anda merasa pusing ketika menunduk. Lendir yang menyumbat rongga pernapasan akan membuat virus penyebab batuk dan bakteri semakin menyebar hingga ke mata.

Penyebaran ini dapat melalui darah maupun tulang yang telah terinfeksi oleh virus dari khasiat lobak untuk sinusitis. Ketika mata telah terinfeksi, Anda akan merasakan nyeri hingga mengalami penurunan daya penglihatan. Jika ini terjadi, maka segeralah di atasi dan melakukan konsultasi ke dokter.

2. Infeksi Pada Tulang

Sinus berkepanjangan akan mengakibatkan rasa nyeri pada tulang. Hal ini terjadi karena rongga sinus yang dibatasi oleh tulang. Sehingga, akibat sinusitis berkepanjangan ini dapat menginfeksi tulang. Hal ini akan sangat berbahaya, karena ketika tulang terinfeksi, maka akan berdampak pada beberapa organ penting. Seperti, mata, tulang itu sendiri, hingga ke otak. Jika dibiarkan tanpa pengobatan apapun, maka tulang Anda akan membusuk dan akhirnya mampu mempengaruhi bentuk wajah Anda secara keseluruhan.

3. Meningitis atau Radang Selaput Otak

Akibat sinusitis berkepanjangan ini akan sangat berbahaya dan akan menggangu kinerja otak. Ketika sinusitis yang Anda alami dibiarkan dalam waktu lama, seperti yang dijelaskan diatas – akan terjadi penyebaran virus penyebab pilek hingga ke otak. Dimana otak pada bagian selaput akan mengalami peradangan. Selaput otak ini berfungsi melindungi otak dan sistem saraf otak, dan ketika terjadi peradangan akan menyebabkan pembengkakan dan tekanan pada otak Anda. Selain itu, hal ini akan menyebar dari otak hingga ke sumsum tulang belakang Anda.

4. Pembentukan Jaringan Patologis

Akibat sinusitis berkepanjangan akan membentuk jaringan patologis. Dimna jaringan ini berupa jaringan yang tidak normal yang mampu menyebarkan penyakit ke berbagai organ tubuh. Jaringan patologis ini dapat berupa penebalan pada selaput lendir, tumor jinak, atau dapat berupa kista. Jika hal ini terjadi, maka akan memudahkan cairan sinusitis keluar menyebar ke segala arah, sebaiknya Anda sesegera mungkin untuk mengatasi sinusitis yang Anda alami.

5. Kelainan di organ paru-paru

Mengapa hal ini dapat terjadi? Hal ini dapat terjadi ketika lendir menyumbat saluran pernapasan dan membuat Anda sulit untuk bernapas. Ini juga dapat disebut dengan one airway disease, selain disebabkan oleh lendir dari sinusitis juga dapat disebabkan dari refleks sinobronkial. Apabila hal ini telah mengganggu kinerja paru-paru, maka Anda mungkin mengalami batuk kronis, sesak nafas hingga terkena ciri-ciri batuk asma.

6. Infeksi Pembuluh Darah

Infeksi pembuluh darah pun dapat terjadi sebagai dampak buruk yang disebabkan oleh sinusitis. Hal ini dapat Anda rasakan ketika Anda mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan, kelopak mata yang turun, nyeri disekitar mata hingga penurunan kualitas pendengaran. Jika Anda merasakan gejala ini, maka segeralah melakukan pengobatan terhadap sinusitis yang Anda derita

Itulah beberapa akibat sinusitis berkepanjangan yang tidak diobati dengan cara benar. Segeralah konsultasi ke dokter dan melakukan tindakan pencegahan lebih awal agar Anda tidak mengalami hal-hal diatas. Tetap jaga kesehatan dan semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sinus