Sponsors Link

Bolehkah Anak Makan Es Krim Saat Batuk Pilek? Ketahuilah Faktanya

Sponsors Link

Anak-anak tentu gemar makan es krim, namun bolehkah anak makan es krim saat batuk pilek? Hal ini terkadang menimbulkan pro dan kontra pada sebagian besar orang tua. Karena saat batuk pilek panas malam hari tentu sebaiknya anak diberi makanan yang hangat dan sehat saja. Supaya batuk pilek tidak makin parah dan dapat segera sembuh.

ads

Namun memang tidak mudah untuk mengingatkan anak supaya tidak makan makanan yang dingin ketika menderita batuk maupun gejala pilek. Oleh sebab itu pahami beberapa fakta berikut ini tentang bolehkah anak makan es krim saat batuk pilek.

1. Hindari Minuman Dingin

Saat batuk pilek umumnya terjadi radang pada tenggorokan anak. Sehingga tenggorokan gatal terus menerus serta akan terasa sakit dan berwarna merah. Es krim yang sangat dingin dapat memperparah kondisi tersebut. Karena dingin pada es dapat menyebabkan radang menjadi makin parah dan kemerahan akan makin menyebar.

Oleh sebab itu sebaiknya hindari makan es krim apabila sedang batuk pilek. Karena ditakutkan dingin pada es krim dapat membuat anak tidak kunjung sembuh. Jika radang tidak berkurang maka kondisi kesehatan anak juga tidak akan mudah pulih dengan cepat seperti yang diharapkan.

2. Hindari Gula

Es krim mengandung banyak gula di dalamnya. Oleh sebab itu jika makan es krim maka dapat membuat tenggorokan mengalami iritasi yang lebih parah. Rasa manis gula pada es krim akan membuat radang menjadi susah sembuh. Oleh sebab itu sebaiknya jangan biarkan jika anak meminta makan es krim sementara anak sedang menderita batuk dan pilek. Tahan keinginannya hingga sembuh dan gantikan dengan camilan lain yang juga lezat namun tidak beresiko memperparah kondisi penyakit batuk berlendir disertai darah yang diikuti oleh pilek yang diderita.

3. Konsumsi Vitamin

Jika ingin dapat makan es krim sebaiknya berikan konsumsi vitamin yang lebih pada anak. Misalnya dengan memberikan vitamin C dosis tinggi. Supaya radang pada tenggorokan anak saat batuk karena amandel cepat mereda dan dapat mengkonsumsi es krim kembali. Selain hal tersebut bisa juga saat anak ingin es krim maka buatlah es krim sendiri dengan bahan dasar buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jambu, strawberry atau anggur.

4. Minum Air Putih

Jika anak memaksa makan es krim atau makan es krim dengan diam-diam, maka segera berikan segelas air putih hangat untuk anak. Tujuannya supaya radang yang terjadi tidak makin parah dan gula pada es krim dapat larut ke dalam tubuh anak. Dengan demikian resiko hidung mampet dan tenggorokan berlendir akibat batuk pilek yang makin parah dapat dihindari.

5. Jaga Kondisi

Selalu jaga kondisi kesehatan anak supaya tetap prima. Sehingga walau balita batuk pilek tidak sembuh-sembuh, namun jika anak makan es krim saat batuk pilek maka kondisinya tidak semakin bertambah parah. Jika kondisi imunitas anak cukup tinggi, maka walau makan es krim resiko untuk makin sakit tidak akan terjadi. Justru dengan kondisi badan yang prima maka batuk pilek pada anak akan segera sembuh.

Demikian penjelasan yang mendetail tentang bolehkah anak makan es krim saat batuk pilek. Dengan memahami apa saja fakta dibalik hal tersebut, maka diharapkan orang tua dapat mengambil keputusan yang tepat. Sehingga resiko penyakit batuk pilek disertai bintik merah yang dapat makin parah dapat dihindari dengan baik. Serta anak yang batuk pilek dapat segera sembuh dan beraktivitas normal seperti biasanya.

, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan