Sponsors Link

Anak Sering Batuk Di Pagi dan Malam Hari: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sponsors Link

Ketika anak-anak masih kecil tentu saja memerlukan pengawasan yang berlebih utamanya tentang kegiatan apa saja yang ia lakukan selama satu hari penuh. Apalagi jika anak-anak mulai memasuki usia aktif bermain maka Anda harus meningkatkan pengawasan Anda terhadap anak. Mengingat daya tahan tubuh anak masih lah rendah sehingga anak-anak mudah sekali terkena penyakit.

ads

Penyebab Anak Sering Batuk Di Pagi Dan Malam Hari

Salah satu jenis penyakit yang paling sering menyerang si kecil adalah penyakit batuk. Untuk jenis-jenis batuk sendiri ada banyak sekali dan setiap jenis batuk memiliki penyebabnya sendiri-sendiri. Namun jika anak sering batuk di pagi dan malam hari serta dalam jangka waktu yang cukup lama maka beberapa penyebab batuk berikut ini harus Anda ketahui.

1. Penyakit bronkitis

Penyakit bronkitis merupakan penyakit yang berasa dari dalam tubuh seseorang. Penyakit ini paling sering menjangkiti anak-anak karena memang daya tahan tubuh yang masih rendah. Ketika anak memiliki penyakit bronkitis maka anak akan lebih mudah mengidap batuk dan hal ini sering terjadi saat pagi serta malam hari. Selain itu penyebab batuk kronis harus Anda perhatikan.

2. Kesalahan posisi tidur

Posisi tidur yang benar tidak hanya penting untuk orang dewasa saja tetapi juga penting untuk anak-anak. Jika di malam hari anak-anak salah posisi tidurnya maka bisa menyebabkan anak sering batuk di pagi dan malam hari. Hal ini di karenakan ketika posisi tidur anak salah maka dadanya terhimpit dan anak akan batuk. Ketahui juga penyebab batuk kering di sertai keringat dingin yang jarang terjadi.

3. Paru-paru basah

Penyebab selanjutnya anak sering batuk di pagi dan malam hari adalah paru-paru basah. Paru-paru basah ini bisa ada di tubuh si kecil sejak lahir ataupun ketika dia mulai beranjak dewasa. Jika anak Anda mengidap paru-paru basah maka ia akan sering batuk-batuk ketika malam hari ataupun pagi hari saat ia baru bangun. Jika Anda batuk setelah makan maka Anda juga harus mengetahui penyebabnya.

Jika anak Anda sering mengalami batuk saat malam maupun pagi hari maka Anda harus mewaspadai hal ini sebab bisa jadi batuk si kecil merupakan gejala dari penyakit yang mungkin dia derita selama ini tapi luput dari pengamatan Anda. Adapun jenis penyakit yang di gejalai dengan anak sering batuk di pagi dan malam hari adalah:

1. Terkena alergi

Di dalam tubuh manusia sudah memiliki sistem imunnya sendiri dan jika ada penyakit yang masuk ke dalam tubuh maka sistem imun ini yang akan memberikan tanda seperti berbagai gejala yang terjadi sebelum anak Anda mulai sakit. Jika anak terlalu sering batuk mungkin hal itu di karenakan ia terkena alergi baik dari udara ataupun dari makanan yang ia makan. Waspadai jika terjadi batuk kering di sertai muntah.

2. Penyakit pneumonia

Gejala selanjutnya yang di tandai dengan anak sering batuk di pagi dan malam hari adalah penyakit pneumonia. Penyakit ini merupakan penyakit yang di sebabkan oleh infeksi bakteri yang ada di dalam tubuh dan di tandai dengan batuk yang tidak kunjung sembuh. Flu menyebabkan sakit kepala juga harus Anda ketahui.

Sponsors Link

3. Kanker paru-paru

Tidak hanya pneumonia dan alergi tetapi anak yang sering batuk utamanya saat pagi dan malam hari hal itu merupakan gejala dari penyakit kronis yaitu kanker paru-paru. Waspadai penyebab batuk berdahak setelah tertawa yang mungkin terjadi pada Anda.

Cara Mengobati Batuk Pada Anak

Sebagai orang tua tentu saja Anda harus siap siaga setiap harinya utamanya untuk kebutuhan anak apalagi jika Anda sedang sakit. Jika anak sering batuk di pagi dan malam hari maka cara berikut ini bisa Anda coba untuk mengobatinya.

  1. Pemberian minyak telon, para pembaca di sini tentu sudah tidak asing lagi dengan minyak telon ini. Jika anak batuk di malam hari maka Anda bisa mengoleskan minyak telon ke dada anak Anda agar batuknya berkurang. Minyak telon juga bisa menyembuhkan anak batuk setiap bangun tidur.
  2. Air putih hangat, air putih hangat juga bisa menyembuhkan anak sering baruk di pagi dan malam hari.
  3. Uap air hangat yang di campur daun mint, air hangat yang di campur dengan daun mint dan uapnya di hirup bisa melunturkan lendir di tenggorkan anak sehingga batuk anak bisa sembuh.

Beberapa penyebab hingga cara penanganan anak sering batuk di pagi dan malam hari memang harus Anda ketahui.

, , ,