Sponsors Link

3 Bahaya Batuk Kering Pada Bayi 4 Bulan yang Harus Anda Waspadai

Sponsors Link

Memiliki anak yang masih balita tentu menimbulkan rasa khawatir tersendiri bagi setiap orang tua. Apalagi jika buah hati sedang sakit maka akan timbul keresahan yang sangat banyak sekali. Ketika masih bayi dan usianya masih di bawah satu tahun maka bayi akan rentan sekali terkena penyakit seperti demam hingga flu padahal cuaca tidak sedang hujan.

ads

Bahaya Batuk Kering Pada Bayi 4 Bulan 

Selain demam dan flu penyakit yang sering kali menghampiri balita di bawah satu tahun adalah penyakit batuk. Jika penyakit batuk biasa maka akan lebih mudah menanganinya tetapi jika bayi terkena penyakit batuk kering maka akan sangat berbahaya dan membutuhkan penanganan yang lebih khusus. Adapun bahaya batuk kering pada bayi 4 bulan adalah:

1. Menyebabkan dehidrasi

Biasanya bayi yang masih berusia di bawah satu tahun hanya meminum asi dari sang ibu untuk makanan sehari-harinya dan tidak memakan yang lain. Ketika bayi terkena penyakit batuk kering maka ia akan terancam dehidrasi sebab balita akan menolak susu dari ibu karena tenggorokan yang sakit akibat batuk kering pada bayi 4 bulan. Anda bisa mencoba buah pereda radang tenggorokan ini.

2. Berat badan turun

Bahaya selanjutnya dari batuk kering pada bayi 4 bulan adalah bisa menyebabkan penurunan berat badan yang cukup drastis. Hal ini di sebabkan oleh nafsu makan bayi yang menurun yang  di karenakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Akibatnya badan balita akan terlihat sangat kurus. Beberapa makanan penyebab radang tenggorokan ini harus Anda ketahui.

3. Kualitas tidur terganggu

Penyakit batuk memang menjadi penyakit yang sangat mengganggu bahkan tidak hanya untuk balita saja tetapi juga bagi orang dewasa. Apalagi jika batuk tersebut adalah batuk kering maka anak Anda akan terganggu kualitas tidurnya di malam hari sebab batuk yang terjadi terus menerus dan tidak ada jedanya. Ketahui penyebab tenggorokan sakit setelah makan gorengan ini.

Mengenali penyebab suatu penyakit akan memudahkan Anda untuk mengambil langkah seperti apa cara untuk menanganinya sama seperti batuk kering pada bayi 4 bulan ini. Sebelum Anda mencoba mengobatinya maka Anda harus mengetahui penyebab terjadinya terlebih dahulu. Adapun penyebab batuk kering pada bayi 4 bulan adalah sebagai berikut ini.

1. Penularan dari air susu ibu

Penyebab paling sering dari penyakit yang di derita oleh anak-anak utamanya yang masih balita adalah berasal dari air susu ibu yang ia konsumsi selama ini. Hal ini lah yang mendasari mengapa ketika Anda menjadi ibu dan masih menyusui maka Anda harus benar-benar memperhatikan makanan dan minuman apa yang masuk ke dalam tubuh Anda. Kenali penyebab paru-paru sakit jika batuk.

2. Infeksi virus

Batuk kering pada bayi 4 bulan juga bisa di sebabkan oleh infeksi virus yang ada di udara bebas. Mengingat daya tahan tubuh bayi yang masih sangat rendah menyebabkan bayi sangat mudah terjangkit virus berbahaya salah satunya adalah virus yang menyebabkan batu kering ini. Anda harus tahu batuk karena penyakit jantung yang sangat berbahaya ini.

3. Alergi susu formula

Saat ini sudah banyak sekali orang tua yang menggunakan susu formula sebagai penunjang pemberian asi kepada bayi. Tetapi sebelum Anda mencoba menggunakan susu formula pada bayi maka ada baiknya Anda periksa terlebih dahulu apakah bayi cocok atau tidak dengan susu formula tersebut. Karena jika tidak cocok bisa menyebabkan batuk kering pada bayi 4 bulan.

Sponsors Link

Cara Menyembuhkan Batuk Kering Pada Bayi 4 Bulan

Adapun cara untuk menyembuhkan batuk kering pada bayi 4 bulan adalah:

1. Lebih banyak pemberian ASI

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan batuk kering pada bayi 4 bulan adalah dengan memberikan asi pada bayi dengan volume yang lebih banyak. Karena dengan asi yang lebih banyak masuk ke tubuh maka akan lebih kebal imun bayi pada virus yang akan menyerangnya. Khasiat daun sirih untuk sinusitis ini bisa Anda coba.

2. Lebih banyak istirahat

Ketika bayi sedang menderita batuk kering maka Anda sebagai orang tua haruslah lebih memperhatikan waktu istirahatnya. Usahakan untuk memberikan lebih banyak waktu istirahat untuk bayi. Ini cara penggunaan inhaler untuk sinusitis yang tepat.

3. Penguapan

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan batuk kering pada bayi 4 bulan adalah penguapan. Dimana cara ini memang sudah banyak di gunakan oleh pakar kesehatan. Anda juga bisa mencoba cara mengobati batuk dengan pijatan.

Nah itu tadi beberapa bahaya dari batuk kering pada bayi 4 bulan yang harus Anda perhatikan.

, , , ,