Sponsors Link

Batuk Akibat Merokok – Gejala, Akibat Dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Merokok merupakan gaya hidup yang kurang baik, terutama dapat menimbulkan batuk akibat merokok. Selain batuk berdahak disertai nyeri dada dapat pula timbul berbagai macam penyakit yang lain karena efek dari racun nikotin yang terkandung pada rokok. Oleh karena itu sebaiknya simak tentang  gejala, akibat dan cara mengobati batuk akibat merokok berikut ini.

ads

Gejala

Adapun gejala batuk berdahak badan lemas yang disebabkan oleh kebiasaan merokok biasanya dapat berupa ciri berikut ini:

  • Dapat diawali dengan suhu tubuh yang mengalami demam ringan dan sedikit lebih panas daripada biasanya.
  • Terjadi radang serta tenggorokan gatal terus menerus dan kemerahan di leher.
  • Dapat timbul gejala batuk berdahak maupun batuk kering.
  • Timbul lendir pada paru-paru sehingga menyebabkan pilek dan susah untuk bernafas.
  • Nafsu makan menurun sehingga berat badan tidak dapat naik.
  • Dapat disertai rasa nyeri serta banyak dahak di dada akibat pengerasan pada bagian paru-paru.

Akibat

Adapun akibat batuk yang dialami oleh perokok berat umumnya menimbulkan efek sebagai berikut:

  • Radang tenggorokan, hal ini sangat mudah terjadi karena merokok menimbulkan iritasi pada tenggorokan. Akibatnya tenggorokan menjadi merah dan terluka. Terutama akibat racun nikotin yang mengendap di saluran tenggorokan. Menyebabkan radang dapat menjadi makin parah dan bahkan beresiko mengalami kanker tenggorokan.
  • Ciri-ciri batuk rejan, yang dapat terjadi karena rokok yang menyebabkan racun terus menerus pada sistem pernafasan. Akibatnya timbul batuk berupa batuk kering maupun batuk rejan yang tidak kunjung mereda. Penyakit ini lama kelamaan dapat berbahaya dan membuat berat badan menurun drastis.
  • Radang paru-paru, merupakan salah satu akibat yang juga umum terjadi pada perokok berat. Racun nikotin akan memenuhi paru-paru, belum lagi asap rokok dapat menimbulkan gejala sesak nafas. Karena itu segera hentikan kebiasaan merokok yang kurang baik ini.
  • Gagal jantung, merupakan penyakit yang paling banyak menyerang perokok berat. Karena aliran darah tercampur nikotin, maka oksigen juga berkurang dan suplai pada jantung mengalami penurunan. Akibatnya jantung gagal bekerja dan mengakibatkan resiko kematian.

Cara Mengobati

Untuk mengobati timbulnya batuk akibat merokok, maka ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Minum air putih yang banyak untuk membantu mengeluarkan racun nikotin dari tubuh melalui urin serta berguna untuk mengencerkan dahak yang menjadi penyebab batuk.
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C supaya tubuh dapat meningkat imunnya serta bekerja maksimal memulihkan diri dari serangan penyakit.
  • Konsumsi sari kencur, karena sejak dahulu kencur dipercaya dapat bermanfaat mengobati batuk berlendir disertai darah. Selain mudah untuk didapat juga mudah untuk diolah. Sehingga dengan demikian lebih aman dari efek samping.
  • Minum susu segelas setiap hari, karena kandungan kalsium dalam susu bermanfaat untuk menguatkan paru-paru. sehingga resiko penyakit paru-paru dapat ditekan dan dicegah secara tidak langsung.
  • Biasakan untuk olahraga secara teratur terutama olahraga pernafasan. Agar sistem pernafasan paru-paru dapat lebih lancar serta penyakit batuk pilek akan hilang dengan sendirinya.

Demikian penjelasan singkat mengenai batuk akibat merokok. Dengan mengetahui gejala dan akibatnya sebaiknya para perokok berupaya untuk menghentikan kebiasaan yang kurang baik tersebut. Apalagi resiko yang ditimbulkan dapat menjadi bermacam-macam. Dengan gaya hidup sehat, maka penyakit batuk keluar lendir hitam ataupun paru-paru dapat dihindari. Sehingga fungsi tubuh menjadi normal dan tidak beresiko mengalami kegagalan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan