Sponsors Link

Batuk Berdahak Disertai Hidung Tersumbat – Bahaya, Gejala dan Pengobatannya

Sponsors Link

Seringkali kita jumpai anak mengalami batuk berdahak disertai hidung tersumbat. Tentunya hal ini membuat anak merasa kurang nyaman. Di satu sisi sebagai orang tua tentu kita bertanya-tanya apakah kondisi ini berbahaya bagi anak atau tidak. Oleh sebab itu perlu informasi yang jelas mengenai keadaan tersebut, apakah berbahaya bagi anak atau tidak. Supaya dapat dilakukan penanganan yang tepat bagi kondisi anak. Adapun berikut ini penjelasan tentang batuk berdahak disertai hidung tersumbat, termasuk bahaya, gejala dan pengobatannya.

ads

Bahaya Batuk

Batuk sakit kepala meriang yang berdahak jika mengeluarkan hidung tersumbat bisa jadi merupakan tanda penyakit serius. Umumnya kondisi ini diderita oleh anak-anak yang mengalami penyakit sebagai berikut:

1. Gejala Malaria

Penyakit malaria merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat disertai penyebab batuk rejan. Selain itu penderita malaria cenderung mengalami hidung tersumbat akibat demam malaria yang turun naik. Hal ini berbahaya bagi anak-anak terutama karena berpotensi menyebabkan kejang demam pada anak-anak saat demam yang dialami terlalu tinggi.

2. Gejala Demam Berdarah

Salah satu penyakit berbahaya lain yang membuat anak batuk disertai banyak dahak di dada dan hidung tersumbat termasuk akibat gejala demam berdarah. Jika menderita demam berdarah maka anak akan demam selama beberapa hari kemudian turun dan memasuki masa kritis. Masa kritis inilah yang berbahaya dan dapat menimbulkan pendarahan jika tidak segera ditangani.

3. TubercolosisF

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit pernafasan yang cukup  berbahaya. Umumnya gejala yang terjadi termasuk timbul batuk berdahak hijau bahkan dapat mengeluarkan darah saat telah parah. Selain itu dapat mengakibatkan hidung tersumbat akibat demam yang diderita.

Gejala Batuk

Umumnya jika batuk berdahak disertai dengan keluarnya hidung tersumbat terjadi dengan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Demam tinggi yang terjadi akubag infeksi penyakit baik karena virus maupun bakteri.
  • Disertai gejala kejang demam jika suhu tubuh terlalu tinggi.
  • Batuk dan pilek dimana batuk mengeluarkan dahak menggumpal dan berdarah.
  • Timbul sumbatan di saluran pernafasan yang menyebabkan sesak nafas.
  • Badan mengalami hidung tersumbat terutama di malam hari.
  • Disertai rasa pusing dan sakit kepala.
  • Perut terasa penuh sehingga sangat mual dan ingin muntah.
  • Nafsu makan berkurang sehingga berat badan menurun.

Pengobatan Batuk

Jika mengalami batuk sebaiknya segera lakukan pengobatan agar batuk tidak makin parah termasuk tidak disertai gejala lain yang seperti hidung tersumbat. Untuk mengobatinya sebaiknya berikan pengobatan berikut:

  • Berikan obat penurun panas badan seperti paracetamol agar demam dapat mereda dengan segera. Jika disertai sakit kepala berikan ibuprofen yang dapat meredakan demam sekaligus meredakan rasa nyeri akibat sakit kepala.
  • Jika batuk mengeluarkan dahak segera berikan obat tradisional batuk berlendir yang mengandung decongestan untuk membantu mengencerkan dahak. Supaya mengatasi alergi sebaiknya berikan pula anti histamin yang dapat membantu meredakan pilek agar dapat memperlancar pernafasan.
  • Berikan asupan vitamin C dosis tinggi agar daya tahan tubuh meningkat dan penyakit dapat segera dipulihkan secara alami.
  • Pastikan untuk istirahat yang teratur supaya tubuh dapat mengalami pemulihan dengan lebih cepat karena tidur membantu proses penyembuhan secara alami yang lebih baik.

Demikian penjelasan singkat tentang kondisi batuk berdahak disertai hidung tersumbat pada anak-anak. Dengan mengetahui penyebab dan gejalanya dengan jelas, maka batuk disertai cegukan dapat segera diatasi dengan tepat. Sehingga anak segera pulih dan tidak terancam komplikasi penyakit yang lainnya.

, , ,
Oleh :