Sponsors Link

Batuk Berdahak Disertai Mimisan – Bahaya, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Cuaca yang tidak menentu dan sering berubah – ubah dengan sangat cepat bisa menjadi penyebab utama munculnya flu. Apalagi saat musim pancaroba, perubahan musim dari panas ke musim penghujan. Pasti banyak orang yang terserang flu.

ads

Karena pada dasarnya flu itu tidak bisa disembuhkan dengan cepat, namun hanya bisa dicegah atau pun diringankan. Yang terpenting anda tetap menjaga kesehatan dengan minum vitamin, makan – makanan yang bergizi dan perbanyaklah makan buah – buahan yang mengandung vitamin C. Hal ini sangat tepat dijadikan solusi untuk memperkuat daya tahan tubuh anda sendiri. Baca juga mengenai banyak dahak di dada.

Bahaya Batuk Berdahak Disertai Mimisan Jika Tidak Segera Ditangani

Setelah membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi batuk berdahak disertai mimisan, sekarang saatnya anda tau bagaimana bahayanya jika terus didiamkan saja.

  • Luka Pada Tenggorokan

Luka pada tenggorokan akibat batuk berdahak kering jika dibiarkan saja bisa menjadi semakin parah. Ditambah lagi akan semakin parah lagi saat anda makan – makanan bertekstur keras. Luka yang parah tersebut akan membuat anda menderita saat menelan. Bahkan bisa menyebabkan pendarahan sobat. Waspadai batuk berdahak kering ya sobat, jangan sampai timbul luka.

  • Infeksi Pada Rongga Hidung dan Rongga Mulut

Infeksi biasanya terjadi karena diawali dengan luka yang tak kunjung diobati karena proses pembiaran. Terlebih lagi jika makanan yang dimakan tidak higienis. Bakteri yang terbawa makanan bisa saja menginfeksi bagian yang terluka akibat batuk berdahak ya sobat.

Penyebab Batuk Berdahak Disertai Mimisan

Daya tahan tubuh yang melemah berpeluang besar terinfeksi flu. Tidak sedikit ditemukan batuk berdahak yang kering, biasanya menimbulkan mimisan, karena kemungkinan terjadi luka di bagian tenggorokan dan hidung akibat dari batuk kering berkepanjangan.

Namun anda juga tidak boleh membiarkannya begitu saja, takutnya terjadi hal – hal yang serius. Oleh karena itu anda wajib memeriksakan keadaan tersebut ke dokter agar mendapatkan penanganan dan solusi yang tepat sebelum bertambah parah. Baca juga mengenai cara mengatasi batuk disertai sakit perut

Pada artikel kali ini saya ingin mencoba membahas mengenai artikel dengan judul penyebab batuk berdahak disertai mimisan. Jika anda ingin lebih dalam mengetahui, bisa anda simak bersama – sama penjelasan dan ulasan di bawah ini ya sobat :

1. Makan – Makanan Berminyak

Makan – makanan yang berminyak seperti halnya gorengan bisa memperparah kondisi batuk yang anda derita. Meskipun anda belum terserang flu, jika musim hujan mulai datang, kurangilah mengonsumsi gorengan sebagai langkah pencegahan untuk menghindari terserang flu. Jika memang anda sangat ingin makan gorengan, lebih baik buatlah sendiri di rumah dengan minyk goreng yang terjamin atau pun menggunakan mentega agar lebih sehat tentunya. Namun kebiasaan makan gorengan memang sulit untuk dihindari.

Sponsors Link

Banyak orang menggemarinya, mulai dimakan untuk sarapan, makan siang, makan malam bahkan cemilan wajib. Sebagai orang yang peduli terhadap kesehatan diri sendiri, kontrolah porsi makan gorengannya ya sobat. Demi kesehatan sobat sendiri. Nah gorengan yang banyak minyak tersebut, akan memicu dahak timbul dan menimbulkan batuk terus menerus. Selain itu minyak juga akan membuat batuk anda menjadi kering. Karena batuk yang bekelanjutan bisa menyebabkan luka, dan bisa jadi akan menimbulkan mimisan. Baca juga mengenai ingus bercampur darah.

2. Makan Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan (Sakarin)

Rasa manis dari sakarin yang berkali – kali lipat dibandingkan dengan gula alami seringkali menyebabkan tenggorokan menjadi sakit dan seketika langsung serak. Kondisi serak dan gatal seringkali akan terasa enakan jika anda berusaha membatuk batukan, padahal sebenarnya anda tidak batuk. Hal ini jika dibiarkan begitu saja tanpa solusi yang tepat.

Maka bisa memicu batuk berdahak parah dan bahkan bisa menimbulkan luka yang berujung pada mimisan. Saya sering melihat teman yang mengalaminya bahkan ada pula yang menceritakan pengalamannya tersebut. Jadi sobat wajib pilah – pilah ya, mana makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan dan mana yang tidak. Sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya. Baca juga mengenai ingus berdarah disertai pusing.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Disertai Mimisan

Nah selain penyebab yang sudah dibahas di atas, saya akan membagikan informasi bagaimana cara mengatasi batuk berdahak disertai mimisan ya sobat, yuk simak penjelasannya sebagai berikut :

  • Minumlah Minuman Hangat

Minuman hangat sangat efektif digunakan untuk melumerkan dahak sehingga bisa melegakan tenggorokan, namun tanpa melukai tenggorokan tersebut. Selain itu juga akan menjaga kelembaban tenggorokan anda, sehingga dahak kering tidak akan menyiksa anda.

  • Manfaatkan Kencur Untuk Meringankan Dahak

Rempah – rempah dan bumbu dapur tradisional seperti halnya kencur, seringkali digunakan untuk mengatasi batuk berdahak ringan sampai batuk berdahak parah. Memang buktinya juga sudah banyak sobat, coba saja di rumah pasti batuk berdahaknya bisa membaik. Cara pembuatannya cukup mudah, tinggal kupas sampai bersih, cuci, parut dan yang terakhir peras. Minumlah air perasannya tersebut. Baca juga mengenai ramuan tradisional untuk batuk berdarah.

Sampai disini dulu ya sobat semua pembahasan kali ini mengenai penyebab batuk berdahak disertai mimisan. Semoga bisa membawa banyak manfaat bagi sobat dan lebih peduli dengan kesehatan khususnya untuk diri sendiri serta menambah wawasan. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab