Sponsors Link

Batuk Berdahak Disertai Nyeri Dada, Berbahayakah? Apa Akibatnya ?

Sponsors Link

Apakah anda pernah mengalami batuk berdahak disertai nyeri dada? Mungkin sebelumnya anda perlu mengetahui serta memahami mengenai penyebab dahak berdarah tanpa batuk agar supaya anda tidak salah dalam mengdiagnosanya. Jika anda mengalami atau menemukan seseorang yang mengalami batuk berdahak disertai nyeri dada, sudah seharusnya anda mengetahui cara penanganan serta mencari tahu penyebab terjadinya hal tersebut.

ads

Meskipun sebenarnya batuk merupakan hal yang normal yang bisa terjadi kepada siapa saja, namun jika disertai rasa nyeri di dada maka anda wajib mewaspadainya. Untuk itu di bawah ini simak baik-baik mengenai akibatnya serta cara penanganannya:

  1. Penumpukan Cairan di Paru-Paru

Batuk berdahak disertai nyeri dada yang pertama yaitu disebabkan oleh adanya penumpukan cairan pada paru-paru yang biasanya disebabkan oleh virus maupun bakteri. Secara bertahap, adanya penumpukan di dalam paru-paru akan menyebabkan anda mengalami batuk berdahak yang disertai nyeri di dada. Adapun cara penangannya yaitu dengan meminum obat-obatan yang dapat mengurangi penumpukan cairan di paru-paru. Jika belum berhasil maka segeralah hubungi dokter agar segera mendapatkan perawatan medis. Baca juga batuk berlendir disertai darah.

  1. Asam Lambung

Batuk berdahak disertai nyeri pada dada yang kedua yaitu dikarenakan anda sedang mengidap penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung yaitu suatu kondisi dimana asam lambung akan mengalir ke sepanjang esofagus atau kerongkonan. Dalam kondisi seperti ini, biasanya orang yang mengidap penyakit asam lambung dadanya akan terasa nyeri atau bahkan mengalami sensasi seperti terbakar.

Cara penanganannya yaitu mulailah mengatur gaya hidup serta pola makan anda. Hindari makanan yang di dalamnya banyak mengandung lemak karena makanan berlemak akan dicerna lebih lama oleh tubuh yang mengakibatkan lambung memproduksi lebih banyak asam lambung. Disarankan untuk menghindari kopi, cokelat, alkohol, atau bahkan makan makanan pedas. Usahakan makan dengan porsi yang tidak terlalu banyak namun sering. Baca juga batuk disertai sakit perut bagian atas.

  1. Pneumonia

Pneumonia yaitu suatu infeksi yang disebabkan oleh virus, terutama disebabkan oleh virus influenza karena diketahui virus ini akan membuat pertahanan paru-paru menjadi lemah. Biasanya gejala awal yang disebabkan yaitu demam, pilek, kemudian disertai batuk. Cara penanganannya yaitu dengan memberikannya obat antibiotik atau obat antijamur. Dalam beberapa kasus, bisa juga mengobatinya dengan pengobatan herbal seperti menggunakan daun sambiloto, kencur, maupun jenis herban lainnya.

Tuberkolosis atau TBC merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh suatu bakteri bernama mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini menyebar melalui udara. Penyakit ini akan mengakibatkan kondisi dimana penderita mengalami nyeri dada karena paru-parunya sudah terkena penyakit TBC. Terkadang, penyakit ini juga bisa menyerang bagian tulang, kelenjar getah bening, jantung, maupun organ tubuh lainnya. Penyebaran dari bakteri ini akibat daya imun atau sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan kemudian menginfeksi paru-paru. Penyakit ini tergolong penyakit yang sangat menular. Cara penanganan TBC yaitu dengan sering meminum susu kambing. Adapun jika dilakukan pengobatan secara medis, anda bisa menggunakan obat-obatan antara lain: Isoniazid, Pirazinamid, Rifampisin, Streptomisin, dan juga Etambuton. Baca juga batuk dan tenggorokan terasa panas.

  1. Batuk yang Berlebihan
Sponsors Link

Ketika anda mengalami sakit batuk yang berlebihan, maka dada anda akan terasa nyeri. Hal ini disebabkan karena anda terlalu menekan dada anda untuk mengeluarkan dahak. Sehingga menyebabkan sakit. Adapun jika frekuensi batuk anda berkurang, maka nyeri yang terjadi di dada pun lambat laun juga akan menghilang. Adapun cara penanganannya sama dengan penanganan batuk pada umumnya.

Anda bisa mengobati dengan cara alami seperti dengan menggunakan madu, meminum teh akar licorice, menggunakan teh timi, atau bisa juga dengan mengkonsumsi permen keras. Sementara untuk cara medis, anda bisa menggunakan obat-obatan seperti menggunakan obat antibiotik. Tapi disarankan sebelumnya agar berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran serta memilih obat yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda. Baca juga batuk sampai keluar air mata.

  1. Bronkitis
Sponsors Link

Batuk berdahak disertai nyeri yang terakhir yaitu disebabkan oleh penyakit bronkitis. Bronkitis adalah suatu penyakit radang yang terjadi pada lapisan saluran bronkial karena adanya suatu infeksi. Bronkun yaitu saluran yang berfungsi membiarkan udara agar masuk ke dalam dan keluar melalui paru-paru.

Umumnya penderita penyakiti bronkitis akan mengalami batuk berlendir yang semakin lama akan berubah warna. Jika anda mengalami penyakit bronkitis dalam kurun waktu yang relatif lama maka ketika anda batuk, akan diikuti oleh rasa nyeri atau rasa sakit pada dada. Untuk itu ketika timbul gejala penyakit ini, segeralah obati agar tidak semakin parah. Cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati penyakit bronkitis yaitu diantaranya:

  • Dengan meminum banyak cairan. Minumlah air putih sebanyak kurang lebih 6 sampai 8 gelas per hari. Hal ini bertujuan membantu mengencerkan dahak sehingga ketika anda batuk, dada tidak terlalu menekan.
  • Makanlah makanan yang seimbang.
  • Hindari menggunakan alkohol maupun tembakau yang hanya akan membuat penyakit ini semakin parah dan dada anda akan terasa lebih nyeri.
  • Hindari minum-minuman yang mengandung kafein, seperti kopi karena membuat tubuh anda malah semakin kekurangan cairan tubuh.

Demikian informasi yang dapat kami paparkan. Penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan saran serta anjuran yang terbaik untuk kesembuhan anda. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab