Sponsors Link

Batuk Berdahak Hanya Malam Hari, Kenapa? Apa Bahayanya?

Sponsors Link

Batuk merupakan sebuah respon atau juga disebut juga sebagai usaha yang dilakukan oleh tubuh terhadap benda atau zat asing yang dianggap berbahaya. Ketika tubuh bereaksi terhadap zat yang berbahaya tersebut maka kemudian akan berusaha mengeluarkan zat asing tersebut melalui mekanisme batuk. Secara garis besar, terdapat dua jenis batuk yang sering dialami oleh seseorang. Yang pertama batuk tidak berdahak atau batuk kering, yang kedua disebut dengan batuk basah atau yang disebut dengan batuk berdahak.

ads

Sering sekali seseorang yang mengalami batuk maka akan semakin parah ketika di malam hari, biasanya hal ini sering disebut juga disebut dengan batuk malam hari. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai mengapa seseorang mengalami batuk semakin parah ketika di malam hari dan apa bahayanya terhadap tubuh kita. Namun, penting bagi anda untuk mengetahui beberapa informasi seperti di bawah ini:

Batuk berdahak hanya malam hari, kenapa?

Apakah anda pernah menemukan bahwa ada orang yang mengalami batuk berdahak hanya malam hari? Perlu anda ketahui bahwa suhu di malam hari akan semakin dingin dan juga lembab dibandingkan dengan di pagi maupun sore hari. Hal inilah yang biasanya akan menyebabkan produksi dahak di dalam tubuh semakin lama akan semakin meningkat.

Ketika lendir atau dahak sudah semakin banyak, maka kemudian akan menutup serta menyumbat saluran pernapasan anda sehingga membuat anda kesulitan bernapas. Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa batuk berdahak hanya di malam hari karena orang tersebut terkena suatu inflamasi yang terjadi pada paru – paru maupun juga tenggorokan.

Hal ini bisa disebabkan karena pengaruh asap rokok, udara yang dingin, flu, maupun juga disebabkan karena hal lainnya yang tentunya akan sangat mengganggu apabila dibiarkan begitu saja. Akan tetapi pada beberapa kasus dilaporkan bahwasanya batuk berdahak hanya malam hari karena disebabkan adanya suatu infeksi yang sangat berat yang terjadi pada paru – paru, bisa juga terjadi pada saluran bronkus maupun juga bisa terjadi pada tenggorokan.

Namun, anda juga harus mewaspadai bahwa jika seseorang tersebut mengalami gejala seperti nafas yang pendek, denyut jantung yang terlalu cepat dan tidak beraturan, sesak nafas, maupun juga gejala lainnya maka kemungkinan pada waktu itu seseorang itu sedang terindikasi mengalami gagal jantung kongestif.

Apakah batuk berdahak hanya malam hari berbahaya?

Jawaban untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah iya. Seseorang yang mengalami batuk berdahak hanya malam hari maka kemungkinan dia terindikasi mengalami penyakit tertentu yang harus segera anda periksakan ke dokter agar supaya anda bisa mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.

Seseorang yang mengalami batuk berdahak hanya malam hari tentunya tidak bisa dibiarkan begitu aja, terutama jika batuk yang anda alami adalah batuk basah atau yang disebut dengan batuk berdahak. Terdapat beberapa kemungkinan yang mengindikasikan bahwa anda mengalami batuk berdahak hanya di malam hari yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  1. Salesma

Seseorang yang mengalami batuk hanya malam hari karena mungkin anda pada waktu itu sedang mengalami salesma. Seperti yang telah dijelaskan bahwa misalnya salesma merupakan suatu kondisi yang menyerang saluran pernapasan karena disebabkan oleh infeksi.

Seseorang yang mengalami salesma tentunya disebabkan karena banyaknya lendir yang terdapat di dalam saluran pernapasan. Lendir atau dahak tersebut semakin lama akan semakin meningkat ketika pada suhu yang lebih tinggi atau lebih dingin. Sehingga orang tersebut ketika malam hari maka akan semakin mengalami batuk berdahak.

Sponsors Link

2. Pneumonia

Pneumonia juga mungkin bisa terjadi pada anda ketika anda mengalami batuk berdahak hanya malam hari. Seperti salesma, pneumonia ini akan menyebabkan orang yang mengalami pneumonia akan memproduksi batuk  berdahak karena di dalam saluran pernapasan karena adanya lendir yang menumpuk sehingga akan menyumbat saluran pernapasan anda.

Oleh karena itu, anda harus segera memeriksakan kondisi anda ketika anda mengalami batuk berdahak yang hanya terjadi pada malam hari agar supaya anda tidak mengalami hal – hal yang tentunya akan membahayakan kondisi anda.

3. Bronkitis

Bronkitis juga termasuk ke dalam penyebab anda mengalami batuk berdahak yang sering di alami dan terjadi pada malam hari. Bronkitis sendiri merupakan suatu infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan yang mana lebih sering menyerang paru – paru maupun juga bisa menyerang bronkus yang kemudian akan menyebabkan seseorang yang mengalaminya akan terkena peradangan pada paru – paru.

Jika anda seang terindikasi mengalami penyakit bronkitis, maka akan menyebabkan orang tersebut mengalami batuk berdahak dan juga disertai dengan keluarnya lendir maupun juga dahak. Oleh karena itu, jika anda mengalami kondisi yang semacam ini, maka anda harus segera berkonsultasi dengan dokter mengenai kemungkinan – kemungkinan yang terjadi yang tentunya jika tidak segera diobati maka akan menyebabkan kondisi yang anda alami semakin parah.

Perlu anda ketahui bahwa kemungkinan masih terdapat bahaya lainnya yang merupakan penyebab anda mengalami batuk berdahak di malam hari. Oleh karena itu, selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai hal – hal yang berkaitan dengan kondisi yang sedang anda alami saat ini.

, , , ,