Sponsors Link

Batuk Berdahak Saat Hamil 7 Bulan: Gejala, Penyebab dan Penanganannya

Sponsors Link

Setiap orang pasti mengalami batuk. Hal ini dikarenakan batuk mudah menyerang tubuh manusia yang tidak fit atau ketika kondisi sistem kekebalan tubuhnya rendah. Batuk ini merupakan kondisi tubuh untuk mengeluarkan zat berbahaya bagi tubuh seperti kuman atau bakteri. Namun, batuk ini sangat mengganggu aktifitas sehari – hari. Secara medis, batuk dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak.

ads

Untuk batuk kering terjadi ketika batuk tanpa mengeluarkan cairan atau lendir, sedangkan batuk berdahak merupakan batuk yang mengeluarkan cairan atau lendir dengan warna tertentu. Kondisi warna dahak memperlihatkan derajat keparahan batuk tersebut. Batuk berdahak ini juga sering dialami oleh ibu hamil, apalagi kalau memasuki tri semester kedua sekitar usia kehamilan 7 bulan. Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai batuk berdahak saat hamil 7 bulan; gejala, penyebab dan penangannya.

Artikel terkait:

Gejala Batuk Berdahak Saat Hamil 7 Bulan

Ibu hamil memang rentan terhadap penyakit khusunya batuk. Batuk ini memang sangat menganggu baik untuk ibu maupun untuk janin di dalam kandungan. Sebelum menderita batuk berdahak, ibu pasti mengalami beberapa gejal dari yang dialami. Berikut ini beberapa gejala batuk berdahak saat hamil 7 bulan, antara lain: (Baca juga: Penyebab Batuk Alergi).

  • Gatal – gatal ditenggorokan

Kondisi ini juga dialami ketika batuk kering. Penderita akan mengalami gatal – gatal di tenggorokan. Kondisi gatal – gatal ini akan terasa sangat gatal ketika bangun pagi karena dalam tubuh kekurangan air sehingga tenggorokan kering.

  • Batuk terus menerus

Gejala batuk berdahak selanjutnya adalah batuk terus menerus. Kondisi ini dipicu oleh sensitifitas ibu hamil atau dapat dimungkinkan terpicu dari reaksi gatal di tenggorokan.

  • Batuk keluar lendir

Batuk keluar lendir ini memang ciri khas dari batuk berdahak. Kondisi ini berupakan penggumpalan cairan di dalam tenggorokan. Selain itu ketika batuk, penderita memiliki produktivitas lendir yang berlebihan sehingga tenggorokan mengeluarkan lendir tersebut.

  • Sesak nafas

Kondisi sesak nafas ini juga muncul menjadi gejala batuk berdahak. Hal ini dikarenakan sesak nafas dapat menggumpalkan cairan di sistem pernafasan, khususnya tenggorokan. Pengumplan cairan ini dari tenggorokan tersebut diistilahkan dahak.

Bahaya Batuk Berdahak Saat Hamil 7 bulan

Batuk berdahak ketika menyerang ibu hamil yag usianya kehamilan 7 bulan berpotensi mengalami beberapa gangguan baik yang dialami oleh ibu tersebut maupun janin dalam kandungannya. Berikut ini beberapa bahaya batuk berdahak saat hamil 7 bulan, antara lain: (baca juga: Penyebab Batuk Berdahak)

  • Janin terguncang
Sponsors Link

Batuk yang terus menerus dialami oleh ibu hamil 7 bulan akan menyebabkan janin terguncang. Hal ini dikarenakan ibu hamil yang batuk setiap menit maka akan mengalami perut terguncang, dari situlah maka janin ikut terguncang. Kondisi ini bila batuk tidak diobati secara tepat dan tidak sembuh – sembuh maka janin akan terus terguncang hingga dampak akhirnya berupa keguguran.

  • Lahir prematur

Kondisi ini mungkin terjadi, apabila ibu hamil yang batuk tidak dapat berhenti akan menguncang perut dan janin. Keadaan guncangan perut ibu hamil dan suara batuk yang keras akan membuat janin keluar dari rahim. Kondisi inilah yang mengharuskan dokter untuk menyarankan ibu hamil tersebut untuk melahirkan secepatnya. Proses kelahiran yang tidak pada waktunya atau usia kelahiran yang belum mencukupi ( dibawah 9 bulan) ini dikenal sebagai lahir prematur.

  • Janin terkena infeksi

Saat batuk berdahak akan membuat janin merasa berbahaya. Dahak inilah yang akan membawa virus, bakteri atau kuman masuk ke janin. Dimana kuman, virus atau bakteri dapat masuk ke plasenta dan masuk ke tubuh janin.

ads
  • Kematian Janin

Kondisi ibu hamil yang terserang batuk akan berdampak fatal kalau tidak segera diobati yaitu kematian janin. Kondisi batuk berdahak kronis yang dialami ibu hamil 7 bulan akbiat peradangan paru – paru maka akan berdampak ke janin yang ada dalam kandungannya.

Penanganan Batuk Berdahak Saat Hamil 7 Bulan

Batuk berdahak haru segera disembuhkan, apalagi yang dialami oleh ibu hamil 7 bulan. Karena ini membawa nyawa dua orang yaitu ibu dan janin di dalam kandungannya. Berikut ini beberapa penanganan batuk berdahak saat hamil 7 bulan, antara lain: (Baca juga: Cara Mengobati Flu)

  • Rutin mengkonsumsi madu soba

Tidak perlu diragukan lagi madu memang sangat baik bagi kesehatan terutama dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Salah satu jenis madu yang mampu ampuh dalam mengobati batuk berdahak adalah madu soba. Hal ini dikarenakan madu soba mengandung obat ekspektoran. Madu soba ini mampu meredakan dahak, pilek dan radang tengorokan, namun batuk ini dilarang dikonsumsi oleh anak yang berusia kurang dari 1 tahun.

  • Perbanyak mengkonsumsi air putih

Saat ibu hamil mulailah perbanyak mengkonsumsi air putih karena dengan mengkonsumsi air putih mampu mengoptimalkan jumlah cairan dalam tubuh ibu hamil tersebut. Menurut penelitian, minimal asupan air putih 8 gelas atau 2 liter perhari. Selain itu dengan mengkonsumsi air putih akan dapat meningkatkan daya imun serta dipercaya mampu meredakan dahak di tenggorokan.

  • Mandi air hangat

Salah satu cara yang praktis namun ampuh menghilangkan dahak yaitu mandi dengan air hangat. Selain mengusir dahak juga mampu melegakan pernapasan. Mandi dengan air hangat ini fungsinya sama seperti humidifier.

  • Mengkonsumsi minuman jahe hangat

Khasiat jahe sama hebatnya dengan madu soba. Ibu hamil 7 bulan yang menderita batuk berdahak akan dapat hilang dahaknya dengan rutin mengkonsumsi minuman jahe hangat. Tidak dapat dipungkiri lagi khasiat jahe mampu mengencerken dahak, melegakan pernapasan, melegakan tenggorokan, menghilangkan gatal – gatal di tenggorokan serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh. (baca juga: Penyebab Batuk Berdarah dan Mimisan).

Demikian uraian singkat tentang batuk berdahak saat hamil 7 bulan; gejala, bahaya dan penanganannya. Apabila Anda sebagai ibu hamil 7 bulan yang sedang menderita batuk berdahak sebaiknya Anda ikuti cara penanganan seperti diatas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , ,