Sponsors Link

6 Batuk Berlendir Bening Kental dan Berbusa – Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Batuk merupakan sebuah respon alami tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan, respon ini juga termasuk ke dalam serangkaian sistem pertahanan tubuh agar saluran nafas tidak terganggu kinerjanya. Batuk bekerja guna membersihkan lendir, penyebab iritasi seperti virus dan bakteri maupun debu dan kotoran yang masuk terhirup agar keluar dari paru-paru. Batuk pada umumnya termasuk ke dalam gejala dan tanda yang timbul akibat penyakit ringan yang sedang terjadi pada tubuh seperti saat flu, sehingga tidak membutuhkan penanganan yang serius karena cenderung dapat pulih dengan sendirinya.

ads

Batuk menahun pada orang dewasa juga dapat terjadi pada anak-anak dan juga bayi, yang mana biasanya penyebab dari batuk tersebut hampir sama dengan yang terjadi pada orang dewasa yaitu karena infeksi saluran pernafasan akibat virus dan bakteri, sehingga diperlukannya penanganan khusus sebagai cara menghilangkan dahak pada bayi. Batuk sendiri dapat digolongkan ke dalam dua jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak, terdapat beberapa jenis batuk berdahak yang dapat terjadi pada tubuh manusia, diantaranya yaitu :

  1. Dahak warna bening

Batuk berdahak ditandai dengan keluarnya lendir dari dalam saluran pernafasan yang dapat berasal dari paru-paru. Biasanya dahak dan lendir tersebut dapat terjadi akibat sistem pertahanan tubuh terhadap serangan infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan sehingga menyebabkan kelenjar lendir lebih aktif memproduksi cairan ini. Batuk berlendir bening merupakan salah satu jenis gejala yang berbahaya, karena biasanya cairan ini dapat menjadi pertanda tubuh dapat memiliki resiko untuk memproduksi lendir dan dahak yang berwarna kuning dan hijau yang tingkat bahanyanya diatas lendir warna ini.

  1. Dahak dengan warna putih dan abu-abu

Dahak dan lendir yang berwarna putih dapat disebabkan oleh tubuh yang mengkonsumsi minuman susu ataupun olahan susu lainnya sehingga dapat mendukung kelenjar lendir memproduksi lendir dan dahak yang berwarna putih. Akan tetapi apabila tubuh tidak mengkonsumsi susu maupun olahan susu lainnya dan dahak pada batuk berwarna putih, maka hal ini patut di waspadai karena ditakutkan dapat menggangu kesehatan. Dahak dan lendir yang berwarna putih atau abu-abu dapat menunjukan gejala awal saluran pernafasan mengalami infeksi baik akibat virus, bakteri maupun alergi.

  1. Dahak warna kuning terang

Dahak dengan warna kuning terang yang dikeluarkan ketika batuk dapat menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dan bekerja dengan baik dalam melawan infeksi dari virus maupun bakteri yang masuk ke dalam saluran pernafasan tubuh. Walaupun dapat menjadi pertanda yang baik, dahak dengan warna kuning terang juga memiliki resiko menandakan tubuh sedang terinfeksi oleh virus dan bakteri, sedang mengalami asma maupun alergi. Dahak dapat disertai dengan terdapatnya ingus pada saluran pernafasan, terdapat beberapa cara mengobati ingus berwarna kuning yang efektif.

  1. Dahak warna kuning tua

Dahak dengan warna kuning tua ini memiliki tingkat keparahan yang lebih dari warna dahak sebelumnya karena warna dahak pada tahap ini cenderung menandakan bahwa tubuh benar-benar sedang terinfeksi oleh virus dan bakteri pada saluran pernafasan bahkan dapat menjadi gejala terinfeksi sinus. Beberapa gejala yang menyertai timbulnya dahak berwarna kuning tua ini yaitu seperti timbulnya rasa nyeri pada dada, sesak nafas dan juga batuk sehingga apabila dirasakan munculnya dahak warna ini ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Dahak warna hijau

Jika batuk ditandai dengan keluarnya dahak dan lendir berwarna hijau maka hal ini perlu diperhatikan lebih lanjut. Dahak yang berwarna hijau dapat disebabkan oleh terjadinya infeksi atau inflamasi non infeksi yang dialami dalam jangka waktu yang cukup lama. Warna hijau pada dahak terjadi akibat enzim myeloperoxidases yang timbul akibat kerusakan neutrofil dalam sel tubuh. Dahak warna ini seterusnya dikeluarkan oleh sel darah putih dalam tubuh yang biasanya akan di tandai dengan beberapa gejala lainnya seperi badan yang kelelahan, batuk dan meriang. Warna hijau pada dahak yang keluar ini juga dapat menjadi suatu tanda terjadinya jenis penyakit berbahaya lainnya.

Sponsors Link

  1. Dahak warna coklat

Dahak warna ini dapat dengan mudah dijumpai pada tubuh perokok aktif. Keluarnya dahak berwarna coklat ini juga dapat menandakan tubuh sedang mengalami penyakit yang bekaitan dengan paru-paru. Penyakit ini dapat terjadi akibat banyak dan seringnya asap rokok yang di hirup oleh paru-paru dalam jangka waktu yang lama. Jika hal ini tidak segera ditangani dengan serius dapat menimbulkan resiko munculnya penyakit berbahaya lainnya seperti kanker paru-paru dan juga rusaknya saluran pernafasan.

Batuk yang terjadi pada tubuh biasanya dimulai dengan batuk kering tanpa dahak yang menimbulkan beberapa gejala seperti tenggorokan yang terasa gatal dan juga timbulnya rasa nyeri pada tenggorokan ketika menelan makanan. Batuk kering yang dibiarkan tanpa penanganan biasanya dapat menyebabkan batuk berlendir bening pada tahap awal batuk berdahak. Terjadinya batuk ini dapat dipicu oleh beberapa penyebab, diantaranya seperti :

ads
  • Infeksi saluran pernafasan, penyebab batuk pertama ini cenderung lebih sering dialami oleh pasien yang mengalami batuk. Infeksi penyebab batuk dapat terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga virus dan bakteri yang masuk dapat dengan mudah menyerang.
  • Kambuhnya penyakit jangka panjang seperti penyakit asma dan juga penyakit paru obstruktif kronik yang dapat menyebabkan batuk sebagai salah satu dampak dari penyakit yang diderita.
  • Terjadinya alergi pada benda tertentu seperi serbuk sari dan debu polusi.
  • Merokok, asap rokok yang di hirup oleh paru-paru dapat menyebabkan dan memperparah batuk yang diderita.
  • Asam lambung tinggi juga dapat menyebabkan batuk berlendir bening, hal ini dapat terjadi karena tinggi asam lambung yang dapat memicu refluks asam dimana asam lambung menuju ke kerongkongan sehingga merangsang kelenjar lendir untuk menproduksi lendir dan daha lebih.
  • Pneumonia, penyebab batuk ini dapat terjadi pada orang dewasa, anak-naka dan juga bayi. Pneumonia merupakan peradangan yang terjadi pada salah satu bagian paru-paru atau bahkan kedua-duanya.
  • Batuk renjan, merupakan salah satu jenis batuk yang merupakan salah satu jenis batuk yang memberikan dampak yang parah bagi kesehatan.

Karena batuk berlendir bening merupakan tahap awal dari batuk berdahak maka tubuh dapat diberikan beberapa pengobatan baik menggunakan bahan alami dan herbal ataupun dengan menggunakan obat-obatan medis.

Obat batuk berlendir bening alami

  • Kacang almond, almond merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan sehingga dapat dimanfaatkan dalam pengobatan batuk berdahak. Tak hanya kacangnya saja yang dapat dimanfaatkan untuk batuk, minyak almond juga sering di manfaatkan dalam produk bayi.
  • Anggur, buah yang satu ini memiliki sifat ekspektoran yang dapat bekerja mengeluarkan lendir yang berada dalam saluran pernafasan.
  • Wortel, walaupun wortel sering dimanfaatkan sebagai salah satu pengobatan mata wortel juga dapat bermanfaat dalam mengatasi batuk berdahak.
  • Campuran jeruk nipis dan kecap, campuran 2 bahan alami ini telah dimanfaatkan sejak dahulu sebagai obat batuk dan pilek tradisional.
  • Madu, bahan alami yang satu ini kaya akan manfaat tak hanya bagi kesehatan tubuh tapi juga untuk kecantikan kulit. Madu banyak dimanfaatkan dalam setiap ramuan herbal karena selain dapat menawar rasa pahit herbal madu juga dapat bekerja secara efektif dalam mengatasi batuk berdahak.
  • Daun mint dengan teh, daun mint dapat dimasukan ke dalam teh yang diminum. Selain memberikan rasa segar pada teh juga memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh.
  • Merica hitam dan madu, campuran antara merica dan madu dapat digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi batuk berdahak yang sedang diderita. Merica hitam yang digunakan dapat bekerja dalam merangsang atau menstimulasi sirkulasi lendir pada saluran pernafasan. Cara menggunakan merica dan madu cukup dengan menyeduh bubuk merica hitam pada air hangat dan kemudian campurkan dengan madu secukupnya.
  • Lemon, buah berwarna kuning ini dapat memenuhi asupan vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh selama mengalami batuk dan pilek karena dapat bekerja secara efektif memulihkan daya tahan tubuh yang menurun akibat infeksi.
  • Jahe, tanaman jahe-jehean yang satu ini sedari dulu memang telah memberikan manfaat yang banyak bagi obat tradisional batuk kering. Sensasi hangat yang terasa ketika mengkonsumsi jahe ini dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman saat flu dan batuk. Cara mengolah jahe untuk obat alami batuk berdahak cukup mudah yaitu rebus beberapa rimpang jahe yang telah dibersihkan dan campurkan gula jawa.

Batuk berlendir bening dapat dihindari selama batuk kering yang diderita sebelumnya mendapatkan penanganan yang tepat dengan obat baik obat alami maupun obat medis. Batuk berdahak yang terjadi agar tidak semakin parah sehingga menimbulkan penyakit berbahaya lainnya dapat di cegah dengan berbagai cara yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.  Bebeapa cara mencegah agar tidak timbulnya batuk ini dapat berupa menhindari sumber batuk seperti infeksi virus dan bakteri, menghindari asap rokok dan juga polusi udara, tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng serta selalu memenuhi asupan nutrisi tubuh dan berolahraga setiap harinya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab