Sponsors Link

Batuk Disertai Sariawan: Penyebab, Bahaya Dan Pengobatan

Sponsors Link

Batuk ternyata dapat terjadi karena banyak hal, entah itu alergi, lingkungan yang berasap, gejala sinusitis, flu hingga penyakit yang dapat membahayakan sistem pernapasan. Termasuk batuk dapat terjadi karena sariawan. Sariawan kerap kali terjadi, baik itu pada anak-anak maupun orang dewasa. Sariawan ini dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh kita seperti bibir, pipi dalam, lidah yang akan sangat mengganggu dan menyulitkan kita untuk mengonsumsi makanan karena sariawan biasanya menimbulkan rasa nyeri. Jika terus saja dibiarkan, maka hal ini akan sangat berbahaya. Untuk itu, kita perlu mengetahui apa penyebab hingga cara pengobatan batuk karena sariawan yang tepat. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai penyakit jenis ini.

ads

Penyebab Batuk Karena Sariawan

Hal pertama yang dapat Anda ketahui ialah apa yang menyebabkan batuk karena sariawan timbul dan menyerang Anda. Karena ketika sariawan yang memberikan rasa nyeri disertai batuk, akan sangat menyulitkan Anda untuk mengonsumsi makanan. Berikut ini penyebab batuk disertai sariawan yang dapat Anda ketahui:

1. Hormon yang tidak seimbang

Sariawan dapat terjadi karena hormon yang tidak seimbang. Terutama pada perempuan yang cenderung terkena sariawan ketika sedang dalam masa menstruasi yang akan menyulitkan Anda – sebagai perempuan – untuk mengonsumsi makanan. Ketika kita sulit untuk makan atau minum, tubuh kita cenderung akan terasa ‘kering’ karena kekurangan asupan gizi, hal inilah yang membuat kita juga mengalami batuk disaat bersamaan.

2. Stress

Stress ternyata juga dapat menjadi penyebab Anda mengalami sariawan. Hal ini sangat sering terjadi ketika sariawan muncul dipicu dari rasa cemas atau marah yang tidak terkendali atau stress.

3. Anemia

Penyebab batuk karena sariawan berikutnya ialah anemia. Hal ini disebabkan karena tubuh kita kekurangan zat besi yang dapat menimbulkan luka dalam tubuh kita termasuk sariawan. Termasuk pada tenggorokan yang sering terasa gatal.

4. Kekurangan nutrisi

Nutrisi juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Ketika tubuh kita kekurangan nutrisi, biasanya tubuh kita menunjukkan reaksi-reaksi seperti munculnya sariawan dan batuk pada bayi 6 bulan. Hal ini juga didorong oleh kurangnya Vitamin C, B12, hingga zat besi yang berperan penting dalam memberikan nutrisi pada tubuh kita.

Bahaya Yang Dapat Terjadi

Setelah mengetahui penyebab yang mendorong munculnya sariawan disertai batuk, selanjutnya yang perlu Anda waspadai ialah bahaya yang dapat terjadi akibat batuk karena sariawan yang tidak segera diobati, seperti berikut ini:

1. Terserang virus HIV/AIDS

Mengapa demikian? HIV/AIDS terjadi karena sistem kekebalan tubuh kita yang menurun atau tidak terjaga dengan baik. Batuk yang disertai sariawan ketika tidak diatasi dengan baik, akan membuat sistem kekebalan tubuh kita juga menurun. Terutama bila disertai dengan gaya hidup Anda yang tidak baik seperti memakai jarum suntik hingga pergaulan bebas.

2. Kanker Rongga Mulut

Kanker juga dapat terjadi yang diawali oleh sariawan. Ketika sariawan tidak diatasi selama kurang lebih enam bulan akan embuat rongga mulut kita rusak dan tidak sehat. Hal inilah yang terkadang memicu kanker, dan juga kurangnya nutrisi dalam mulut kita.

Pengobatan yang tepat

Sponsors Link

Untuk menghindari bahaya tersebut, maka sebaiknya Anda perlu melakukan pengobatan yang tepat agar obat demam batuk pilek dan sariawan dapat teratasi dan mencegahnya untuk tidak datang kembali. Anda dapat melakukan beberapa pengobatan dibawah ini:

1. Madu

Untuk mengobati batuk dan sariawan, madu dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda cukup mengoleskan madu pada area yang mengalami sariawan. Untuk meredakan batuk, campurkan dengan air hangat lalu minum setiap pagi untuk membantu batuk reda dan juga menghilangkan rasa nyeri dari sariawan.

2. Berkumur dengan air garam

Cukup dengan berkumur sekitar 1-2 menit untuk mengatasi sariawan dan juga melegakan pernapasan dari batuk. Air garam juga dapat mencegah infeksi akibat sariawan dan mencegah terjadinya kanker mulut.

3. Lidah Buaya

Anda cukup mengoleskan getah atau daging dari lidah buaya pada area bibir yang terkena sariawan untuk mengempiskan dan meredakan rasa nyeri. Untuk mengatasi obat batuk disertai sesak nafas, Anda dapat merebusnya lalu menghirup uap dari rebusan tersebut. Lakukan secara rutin namun tidak berlebihan.

Itulah batuk karena merokok yang disebabkan oleh tubuh yang kekurangan nutrisi, dan akan sangat berbahaya bila tidak diatasi dengan segera. Bila sariawan tidak juga mereda, segeralah periksakan ke dokter untuk mencegah dan menghindari kanker rongga mulut. Tetap jaga nutrisi dalam tubuh dan semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,