Sponsors Link

Batuk Keluar Lendir Putih, Kenapa? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Batuk keluar lendir putih merupakan suatu gejala atau tanda bahwa anda tidak sedang mengalami batuk biasa karena biasanya dalam beberapa kasus orang yang mengalami batuk maka akan mengeluarkan dahak atau lendir yang memiliki warnya yang bermacam –  macam. Biasanya warna dahak atau lendir itulah nantinya yang akan dijadikan acuan atau diagnosa mengenai penyebab seseorang tersebut mengalami batuk, termasuk juga seseorang yang mengalami batuk keluar lendir putih. Seseorang yang mengalami batuk seperti ini nantinya akan dicek mengenai seberapa kental dahak yang dikeluarkan. Baca hidung keluar darah saat buang ingus.

ads

Dahak atau lendir pada dasarnya merupakan suatu hal yang positif karena memang dahak diperlukan oleh tubuh sebagai pembantu atau pelumas untuk mengeluarkan patogen yang mana patogen tersebut memang berasal dari luar tubuh manusia. Seseorang yang ingin mengobati suatu penyakit, maka tentunya sebelum itu dia harus mengetahui tentang beberapa penyebab dari penyakit tersebut, termasuk juga mengetahui penyebab dari batuk keluar lendir putih yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Faktor Terjadinya Batuk Keluar Lendir Putih

Kenapa seseorang bisa mengalami batuk yang disertai keluar lendir berwarna putih? Alasannya sederhana, karena kemungkinan dia sudah terkena atau terserang beberapa penyakit yang bisa membahayakan kesehatannya yang sebelumnya diakibatkan karena orang tersebut tidak segera mengobati batuknya. Meskipun memang batuk adalah suatu hal yang alami yang bisa di alami oleh siapa saja, akan tetapi jika batuk tersebut berlangsung atau bertahan dalam jangka waktu yang lumayan lama maka bisa jadi hal tersebut sebagai sebuah tanda bahwasanya anda terserang penyakit tertentu yang harus segera anda tangani. Baca tentang dahak menggumpal ddan darah.

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai penyebab dari batuk keluar lendir putih yang biasanya di alami secara umum.

  • Bronkitis

Penyebab dari batuk keluar lendir putih yang pertama yaitu disebebkan karena seseorang tersebut terkena penyakit bronkitis. Bronkitis merupakan suatu penyakit yang menyerang sistem pernapasan karena disebabkan oleh serangan virus atau bisa juga disebabkan oleh bakteri yang mana hal tersebut nantinya bisa mengakibatkan seseorang itu mengalami inflamasi atau peradangan.

Orang yang mengalami penyakit ini biasanya di awali dengan ciri atau tanda salah satunya yaitu keluarnya dahak berwarna putih ketika batuk. Sebelum itu, biasanya dia terlalu sering menghirup asap rokok atau polusi lainnya sementara orang tersebut juga memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang begitu baik.

  • Flu

Penyebab batuk keluar lendir yang kedua yaitu karena orang tersebut sedang terkena flu. Flu merupakan suatu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, tidak pandang usia maupun jenis kelamin seseorang. Biasanya penyakit ini akan menyerang orang dewasa kurang lebih sebanyak 2 sampai 4 kali dalam setahun, sementara itu bagi anak – anak biasanya mereka akan terserang flu sebanyak kurang lebih 10 kali dalam satu tahun. Seseorang yang mengalami flu memang bisa disebabkan oleh berbagai macam seperti mata berair, bersin – bersin, sakit tenggorokan, namun yang lebih sering di alami yaitu disebabkan juga dengan keluarnya dahak yang berwarna putih ketika ia sedang batuk.

  • Sinusitis

Penyebab batuk keluar lendir yang ketiga yaitu dikarenakan seseorang itu sedang mengalami sinusitis. Sinusitis memang hampir sama seperti flu, akan tetapi penyakit ini bisa dikatakan memiliki tingkatan lebih tinggi daripada penyakit sinus. Seseorang yang mengalami penyakit sinus maka ketika batuk dia akan mengeluarkan dahak atau lendir yang mana lendir tersebut berwarna putih.

Selain itu, biasanya gejala atau tanda lain yang merupakan sebuah indikasi bahwa dia sedang terserang penyakit sinus yaitu dia sering mengalami mual maupun muntah, hidung tersumbat, maupun gejala lainnya yang kemungkinan lebih parah. Oleh karena itu, anda disarankan agar supaya segera berkonsultasi dengan dokter jika anda terindikasi terkena penyakit sinus agar supaya nantinya tidak semakin parah dan otomatis akan menyebabkan penanganannya lebih sulit. Baca tentang bayi ingusan terus-menerus.

Sponsors Link

  • Asam lambung

Asam lambung atau yang biasanya di kenal dengan gastritis merupakan sebuah penyakit yang mana asam lambung akan naik atau yang biasa di sebut dengan GERD dan kondisi ini bisa menyebabkan seseorang bisa mengalami batuk disertai dengan keluarnya lendir yang berwarna putih.

Pada saat asam lambung naik hingga sampai ke esofagus atau bisa juga sampai pada kerongkongan maka nantinya akan mengakibatkan dada mengalami sesak napas serta seperti mengalami panas serta ulu hati akan terasa nyeri. Dan penyebab yang paling umum yang biasa terjadi pada seseorang yaitu seperti batuk dengan keluar dahak atau lendir yang berwarna putih yang memiliki tekstur lebih kental. Baca mengenai penyebab batuk rejan.

  • Asma

Penyebab dari batuk yang disertai dengan keluarnya dahak berwarna putih yakni disebabkan seseorang tersebut mengalami penyakit asma. Asma juga merupakan sebuah penyakit yang memiliki hubungan dengan saluran pernapasan yang disebabkan karena adanya peradangan atau inflamasi yang terjadi di saluran tersebut yang kemudian bisa menyebabkan seseorang akan mengalami sesak nafas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Namun perlu anda ketahui, bahwa penyebab yang paling umum yang juga bisa menjadi tanda seseorang mengalami penyakit asma yaitu mereka akan mengeluarkan dahak atau lendir warna putih dan kental ketika seseorang itu batuk. Baca penyebab batuk pilek disertai mata belekan.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab