Sponsors Link

Batuk Kering Disertai Muntah, Kenapa? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Batuk yang disertai dengan muntah merupakan suatu reaksi tubuh yang wajar akan dialami oleh siapapun yang mana di dalam tubuhnya terdapat benda atau zat asing yang dimungkinkan dapat mengganggu kesehatan. Akan tetapi dalam beberapa kasusk malah ditemukan bahwa berbagai bentuk reaksi yang ditimbulkan merupakan perpaduan atau kombinasi dari berbagai gejala umum yang dialami seperti gejala batuk seperti mau muntah.

ads

Perlu anda tahu bahwa muntah yang disebabkan oleh seseorang yang mengalami batuk kering merupakan suatu indikasi bahwa anda terkena berbagai macam kondisi yang harus segera ditangani karena jika dibiarkan maka kemungkinan akan menyebabkan kondisi yang anda alami tersebut bisa mengancam kesehatan anda. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan yang memang relatif kuat yang terjadi di daerah perut.

Pada kesempatan kali ini kami akna menjelaskan mengenai batuk kering disertai muntah yang jarang orang ketahui. Dengan mengetahui informasi ini diharapkan anda bisa melakukan pencegahan segara agar nantinya anda terhindar dari berbagai kondisi yang tidak diinginkan.

Penyebab batuk kering disertai muntah

Jika seseorang sudah terindikasi bahwa ia mengalami batuk kering disertai muntah, maka tentunya hal ini merupakan suatu tanda bahwa anda mengalami beberapa kondisi seperti di bawah ini:

  • TBC

Penyebab batuk kering disertai muntah yang pertama adalah karena anda terindikasi mengalami TBC. TBC atau yang juga disebut dengan Mycrobacterium tuberculosis merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang anda alami yang mana infeksi tersebut menyerang bagian paru – paru anda.

Seseorang yang sudah terkena penyakit ini, maka tentunya ia akan mengalami suatu peradangan dan kemudian tubuh melakukan mekanisme untuk mengeluarkan zat berbahaya yang dianggap membahayakan tubuh dengan cara batuk kering yang kemudian juga akan disertai dengan muntah. Adapun seseorang yang sudah terkena penyakit TBC maka ia juga akan kemungkinan mengalami batuk menahun pada orang dewasa yang mana penyakit ini tentunya sangat berbahaya karena dapat menular dengan mudah.

  • Bronkitis

Penyebab batuk kering disertai muntah yang kedua adalah karena anda terindikasi mengalami penyakit brokitis. Bronkitis adalah suatu penyakit yang menyerang saluran penapasan utama dari bronkus atau paru – paru yang mana kondisi ini nantinya akan mengakibatkan peradangan atau inflamasi yang terjadi pada saluran pernapasan tersebut.

Seseorang yang mengalami bronkitis, ia juga akan mengalami batuk kering atau batuk tidak berdahak yang akan disertai juga dengan muntah. Selain itu, bronkitis termasuk juga ke dalam salah satu penyakit yang mudah menular, terutama bagi anda yang memiliki kondisi sistem kekebalan tubuh yang menurun maka anda akan dengan mudah tertular penyakit ini.

Maka dari itu, jika anda sudah mengalami bronkitis atau anda mengalami tanda  – tanda yang menunjukkan anda terkena bronkitis, maka anda harus segera mengunjungi dokter untuk nantinya akan diberikan penanganan medis yang tepat sesuai dengan kondisi yang anda alami. Hal ini juga telah disebutkan pada ciri – ciri batuk bronkitis.

  • Asma

Asma juga termasuk ke dalam penyebab seseorang mengalami batuk kering yang disertai dengan muntah. Asma merupakan suatu peradangan yang terjadi di saluran pernapasan yang mana akan menyebabkan saluran pernapasan anda akan lebih sensitif dibandingkan dengan kondisi ketika anda masih normal.

Sponsors Link

Asma, jika tidak segera ditangani maka nantinya akan menyebabkan pembengkakan dan juga untuk kasus yang lebih umum bagi penderita asma yang sudah mengalaminya dalam jangka waktu yang lama, maka ia juga akan mengalami batuk bengi yang mana telah dijelaskan pada penyebab batuk berdahak disertai mengi yang jarang orang ketahui.

  • GERD

Penyebab batuk kering disertai muntah selanjutnya yang harus anda tahu adalah disebabkan oleh GERD. GERD yang merupakan singkatan dari Gastroesophageal reflux disease merupakan suatu penyakit yang menyerang saluran pencernaan yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus atau refluks.

Hal inilah yang akan menyebabkan siapapun yang mengalami GERD akan menyebabkan ia mengalami mual dan juga disertai dengan batuk kering akibat dari asam lambung yang masuk ke kerongkongan.

Selain itu diketahui juga bahwa orang yang mengalami GERD akan mengakibatkan rasa panas solah – olah seperti terbakar. Gejala ini dalam dunia medis disebut dengan heartburn yang merupakan gejala atau tanda yang sifatnya umum terjadi dan dialami oleh para penderita GERD.

Sponsors Link

Oleh karena itu, jika anda mengalami beberapa kondisi yang menunjukkan bahwa anda terkena GERD, maka tentunya anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk nantinya dokter akan memberikan saran dan juga anjuran yang sangat tepat dengan kondisi yang sedang anda alami.

  • Post Nasal Drip

Penyebab batuk kering disertai dengan muntah yang terakhir adalah ketika anda sudah terkena kondisi yang disebut dengan post nasal drip. Post nasal drip merupakan suatu kondisi yang mana seseorang yang mengalami hal ini disebabkan oleh penumpukan lendir atau dahak yang terdapat pada saluran pernapasan, khususnya hidung. Hal inilah yang juga akan menjadi penyebab sering flu yang anda alami.

Kondisi inilah yang kemudian jika dibiarkan maka lendir tersebut akan semakin lama semakin banyak dan nantinya akan masuk ke tenggorokan anda. Oleh karena itu, tidak heran jika misalnya lendir yang sudah banyak tadi kemudian akan menyebabkan penderitanya mengalami batuk bahkan sampai muntah.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab