Sponsors Link

Batuk Kering Setelah Flu: Gejala, Penyebab Dan Pengobatan

Sponsors Link

Seseorang yang mengalami batuk pastinya akan menyebabkan aktivitasnya menjadi terganggu, terlebih lagi jika orang tersebut mengalami batuk kering setelah flu. Selain itu, ada juga batuk pilek panas malam hari yang akan semakin mengganggu kualitas tidur dari orang tersebut. Kondisi ini tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja karena jika anda tidak segera mengobatinya, maka batuk kering yang anda alami akan semakin lama semakin parah dan kemungkinan juga akan bisa menjadi sebuah pemicu nanti anda mengalami masalah lain yang mungkin bisa lebih parah.

ads

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda berkaitan dengan batuk kering setelah flu yang mencakup gejala, penyebab, serta bagaimana cara pengobatan yang bisa anda lakukan agar batuk kering yang anda alami tidak semakin parah.

Gejala

Di bawah ini merupakan beberapa gejala dari batuk kering setelah flu yang harus anda ketahui:

  • Anda mengalami batuk disertai demam tinggi dimana kondisi ini semakin lama akan semakin meningkat jika tidak segera diobati.
  • Jika suhu badan sudah mulai terlalu tinggi, maka bisa mengakibatkan anda mengalami kondisi yang disebut dengan kejang demam.
  • Gejala lain yang harus anda waspadai adalah akan timbul peradangan pada daerah tenggorokan yang bisa menyebabkan anda mengalami batuk kering.
  • Bisa juga menyebabkan anda mengalami penyumbatan pada area saluran pernapasan yang kemudian bisa berakibat pada pilek atau juga bisa menyebabkan anda mengalami sesak nafas.
  • Untuk gejala yang sudah bisa dikatakan lumayan parah, anda bisa mengalami penurunan nafsu makan sehingga nantinya berat badan anda juga akan menurun secara tiba – tiba.
  • Sementara gejala yang lebih parah adalah batuk yang anda alami akan disertai dengan pusing atau sakit kepala yang mana masalah atau gangguan ini bermula dari penyumbatan pada saluran pernapasan.

Penyebab

Di sini merupakan beberpa penyebab dari batuk kering setelah flu yang sebenarnya juga tidak jauh berbeda dari penyebab seseorang yang mengalami batuk kering terus menerus:

  • Disebabkan karena serangan dari virus atau bakteri yang kemudian akan mengakibatkan terjadinya infeksi pada saluran pernapasan sehingga bisa menyebabkan anda mengalami batuk yang terkadang juga disertai dengan hidung tersumbat atau hidung mampet.
  • Selain itu, penyebab dari batuk kering setelah flu tersebut juga tidak jauh berbeda dengan ciri – ciri influenza yang terjadi karena sama – sama disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang sudah mulai menurun.
  • Penyebab lain yang bisa menyebabkan seseorang mengalami batuk kering setelah flu adalah karena ia mengalai dehidrasi. Ketika tenggorokan sudah kering karena kurang minum, maka bisa menyebabkan iritasi dan pada akhirnya bisa timbul batuk kering.
  • Penyebab lain yang juga bisa bisa menyebabkan anda mengalami batuk kering yakni karena anda memiliki kebiasaan makanan gorengan atau makanan yang di dalamnya mengandung minyak berlebih sehingga bisa menyebabkan seseorang mengalami gatal atau radang tenggorokan dan kondisi yang lebih parah adalah bisa mengakibatkan orang tersebut menderita batuk sakit perut sebelah kanan.

Cara Mengobati

Setelah kita membahas mengenai apa saja gejala serta penyebab yang bisa mengakibatkan seseorang menderita batuk kering setelah flu, maka selanjutnya simak baik – baik penjelasan mengenai bagaimana cara pengobatan yang bisa anda lakukan:

1. Minum Air Putih

Sponsors Link

Pengobatan pertama adalah dengan banyak – banyak minum air putih. Air putih memang sudah terbukti mampu meredakan iritasi yang terjadi pada tenggorokan yang mana hal inilah yang bisa menyebabkan seseorang mengalami batuk kering. Oleh sebab itu, anda disarankan untuk meminum air putih dalam jumlah yang lumayan banyak supaya tenggorokan anda sedikit lebih reda.

2. Istirahat Yang Cukup

Pengobatan yang kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan meluangkan waktu anda untuk beristirahat. Perlu anda tahu bahwa jika anda beristirahat dengan cukup maka hal tersebut bisa mengembalikan sistem kekebalan tubuh anda.

Seseorang yang sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang sudah baik, maka ia akan lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit dan terlebih sistem kekebalan tubuh tersebut nanti akan melawan bakteri atau virus yang menjadi sebab anda mengalami batuk kering setelah flu. Selain itu, dengan beristirahat yang cukup, maka anda juga bisa terhindar dari penyakit lainnya seperti batuk pilek disertai mimisan.

Sponsors Link

3. Mengkonsumsi Makanan Bervitamin

Cara lain yang juga bisa anda jadikan sebagai pengobatna batuk kering setelah flu adalah dengan memakan buah atau sayuran yang di dalamnya mengandung banyak vitamin serta mineral yang sangat berguna untuk mengembalikan stamin serta sistem kekebalan tubuh anda.

Ada banyak buah – buahan atau sayuran atau bahkan makanan yang memang disarankan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang menderita batuk seperti yang telah dijelaskan di makanan untuk flu berat dan batuk.

4. Minum Obat Antibiotik

Jika semua pengobatan sebelumnya masih tetap belum menunjukkan tanda – tanda akan kesembuhan, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi obat – obatan yang di dalamnya mengandung zat antibiotik yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Minum obat tersebut secara teratur dan disarankan untuk meminumnya pada jam yang sama untuk semakin meningkatkan khasiat dari obat yang anda minum tersebut.

, , , ,