Sponsors Link

Batuk Setelah Minum Air Dingin : Gejala – Bahaya – Penanganan

Sponsors Link

Batuk merupakan gejala penyakit ringan yang disebabkan oleh banyak hal. Jika seseorang sedang batuk, orang tersebut sedang mengalami infeksi pada saluran pernafasanya sekitar area paru-paru , yang diakibatkan oleh virus dan bakteri yang memicu gejala batuk ini muncul. Beberapa orang yang juga memiliki sensitifitas tinggi terhadap sesuatu hal, mengalami batuk karena reaksi alergi atau memiliki asma. Batuk juga sering dikaitkan dengan konsumsi minuman dingin atau es, benarkah jika minum batuk berdarah saat hamil  dingin atau es seseorang akan batuk-batuk?

ads

Gejala Pemicu Batuk

Seseorang yang mengalami batuk, biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu yang cukup singkat (kurang dari satu bulan). Batuk ringan umumnya dapat sembuh dengan mengkonsumsi obat batuk yang banyak dijual di apotek atau warung sekitar rumah. Sebelum terserang batuk, berikut ini beberapa gejala batuk yang sering dialami sebagian besar orang:

  • Influenza
  • Demam tinggi
  • Otot tubuh menjadi kaku
  • Kebiasaan merokok
  • Kelainan saluran nafas
  • Riwayat sakit bronchitis

Bahaya Batuk  Setelah Minum Air Dingin

Sering kita mendengar bahwa ketika seseorang sedang mengalami efek minum es saat flu batuk dan mengkonsumsi minuman dingin atau hanya sekedar air dingin, maka orang tersebut akan mengalami batuk yang lebih parah setelahnya. Apakah hal tersebut berarti minum air dingin saat batuk berbahaya untuk kesehatan?

Rupanya, sebagian besar masyarakat efek samping minum susu saat batuk kita belum memahami masalah batuk secara medis. Padahal, batuk cukup sering dialami sebagian besar masyarakat kita. Faktanya, konsumsi air es atau minuman dingin tidak memiliki korelasi dengan penyakit batuk yang dialami seseorang. Namun, berkaitan dengan keadaan sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang, khususnya pada pasien anak-anak, gejala batuk yang sudah dialami mungkin saja bisa lebih parah setelah minum air dingin.

Anak-anak maupun orang dewasa memiliki tingkat kekebalan keluar dahak setelah makan  tubuh yang berbeda-beda. Pada saat sistem imun tubuhnya sedang menurun, seseorang yang minum es atau minuman dingin ternyata mengalami batuk . Namun, sebagian lainya yang mengalami batuk tidak menjadi lebih parah batuknya, bahkan saat meminum air dingin atau es, karena sistem imunya sedang stabil.

Penanganan Batuk Setelah Minum Air Dingin

Batuk yang dialami setelah minum air dingin, termasuk kepada jenis batuk yang ringan. Penanganan yang dilakukan cukup hanya dengan pemberian obat batuk khusus untuk meredakan gejala batuk. Namun, batuk yang dialami seseorang juga dapat dikatakan parah dan berbahaya, jika terjadi cara mengurangi batuk pada penderita tbc  dalam waktu yang cukup panjang dan mengalami beberapa gejala seperti:

  • Batuk terjadi selama 3 minggu lebih
  • Diakibatkan oleh virus dan menginfeksi saluran nafas
  • Batuk disertai darah, sulit bernafas hingga penurunan berat badan dan demam

Jika batuk yang Anda alami terjadi setelah batuk akibat merokok  mengkonsumsi minuman dingin atau es, maka perlu kita ketahui apakah penyebabnya karena alergi. Jika memang karena alergi oleh sesuatu yang dingin, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai keluhan batuk setelah minum air dingin. Biasanya dokter akan memberikan obat batuk karena alergi seperti jenis obat antihistamin.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu