Sponsors Link

Kenapa Batuk Setelah Operasi Amandel? Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Jika kita berbicara mengenai amandel maka yang ada dipikiran kita yaitu sebuah benjolan yang ada di dalam tenggorokan anda yang disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi. Dan juga hal lain yang identik dengan penyakit amandel yaitu anda tidak akan diizinkan untuk mengkonsumsi es karena bisa menyeababkan pembengkakan di amandel anda semakin parah. Baca batuk ketika tidur telentang.

ads

Namun apakah anda tahu apa defisini dari amandel? Amandel atau yang disebut dengan tonsil merupakan sebuah kelenjar yang letaknya berada di bagian belakang tenggorokan kita. Fungsi utama dari amandel adalah untuk membantu anda dalam melawan infeksi karena dua kelenjar tersebut nantinya akan menghasilkan antibodi untuk tubuh anda.

Penyebab seseorang mengalami batuk setelah operasi amandel?

Akan tetapi, yang terjadi malah setelah melakukan operasi amandel maka seseorang mengalami batuk secara tiba – tiba tanpa sebelumnya ada tanda atau gejala yang mengindikasikan bahwa orang tersebut akan mengalami batuk. Kondisi inilah yang kemudian akan membuat kita semua akan bertanya – tanya sebenarnya apa sih yang menyebabkan seseorang yang telah menjalani operasi amandel malah mengalami batuk? Padahal kondisi ini sebelumnya tidak didahului oleh gejala atau tanda – tanda mengenai batuk yang dialami oleh tersebut.

Pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan mengenai apa saja penyebab seseorang mengalami batuk setelah operasi yang jarang diketahui. Perlu anda tahu bahwa jika seseorang mengalami batuk setelah operasi amandel, maka kemungkinan ia mengalami beberapa kondisi seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Radang tenggorokan

Penyebab seseorang mengalami batuk setelah operasi amandel yang pertama adalah ia kemungkinan besar terkena radang tenggorokan atau yang lebih disebut dengan faringitis. Faringitis atau radang tenggorokan merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri maupun virus yang menyerang bagian tenggorokan anda.

Hal inilah yang menyebabkan rasa yang tidak nyaman di bagian tenggorokan anda sehingga kemudian tubuh akan bereaksi dengan cara mengeluarkan bakteri atau virus tersebut melalui mekanisme batuk. Maka dari itu, jika anda setelah menjalani operasi amandel, maka anda harus segera berkonsultasi kepada dokter apakah nantinya anda akan mengalami beberapa kondisi yang bisa mengganggu kesehatan anda atau tidak. Baca mengenai penyebab batuk kronis.

  • Terkena alergi

Penyebab seseorang mengalami batuk setelah operasi amandel yang kedua adalah karena orang tersebut setelah menjalani operasi kemudian tiba – tiba ia mengalami alergi. Alergi di sini biasanya disebabkan bekas dari amandel yang sebelumnya dilakukan operasi. Namun menurut beberapa orang bahwa untuk kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya.

Artinya, jika batuk yang anda alami disebabkan oleh alergi setelah melakukan operasi amandel, maka kondisi ini masih dalam kategori wajar dan terkadang bisa sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa dilakukan pengobatan atau penanganan apapun.

Akan tetapi, jika batuk yang anda alami sudah berlangsung dalam jangka waktu yang lumayan lama maka tentunya anda harus waspada dan kemudian anda harus berkonsultasi kepada dokter mengenai kondisi yang anda alami. Hal ini penting anda lakukan untuk mencegah anda dari terkena hal – hal yang tidak diinginkan.

Sponsors Link

  • Gatal tenggorokan

Penyebab seseorang mengalami batuk setelah operasi yang terakhir adalah karena kemungkinan orang tersebut mengalami gatal tenggorokan. Namun anda harus tahu bahwa sebenarnya kondisi ini mirip dengan kondisi biasanya untuk seseorang yang mengalami gatal tenggorokan.

Gatal tenggorokan yang disebabkan oleh orang tersebut karena sebelumnya sudah melakukan operasi amandel dan banyak alat – alat atau benda – benda asing yang bersentuhan dengan tenggorokan anda. Hal inilah yang bisa menyebabkan orang tersebut kemudian mengalami gatal tenggorokan.

Kondisi ini merupakan kondisi yang masih wajar dan anda hanya perlu mengkonsumsi air hangat maupun air hangat yang dicampur dengan lemon, madu, atau lain – lain untuk membantu mengurangi gatal tenggorokan yang anda alami. Anda juga harus tahu tentang penyebab bersin keluar darah dan juga batuk setelah makan.

Penanganan batuk setelah operasi amandel

Sponsors Link

Akan tetapi, jika misalnya amandel anda mengalami infeksi maka tentunya hal tersebut bisa menyebabkan anda mengalami radang amandel atau yang lebih dikenal dengan radang tonsilitis. Untuk radang amandel sendiri bisa anda alami dalam kurun waktu 3 atau bahkan sampai 7 tahun. Jika misalnya penyakit amandel ini tidak segera dilakukan penanganan maka tentunya bisa menyebabkan pembengkakan yang terjadi semakin parah.

Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang melakukan operasi amandel untuk meredakan penyakit yang dialami. Meskipun sebenarnya dengan menggunakan pengobatan herbal, amandel anda bisa sembuh akan tetapi mereka lebih memilih untuk melakukan operasi karena mereka berpendapat bahwa operasi merupakan cara yang tercepat. Baca penyebab batuk pada bayi yang harus dihindari.

Di bawah ini merupakan beberapa tindakan yang bisa anda lakukan untuk membantu mengobati serta menghilangkan batuk yang anda alami ketika anda selesai menjalani operasi amandel.

  1. Anda disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang di dalamnya mengandung protein seperti mislanya susu maupun juga putih telur.
  2. Anda disarankan untuk beristirahat dengan cukup selama masa pemulihan agar nantinya pemulihan yang anda jalani bisa berlangsung lebih cepat.
  3. Jangan terlalu banyak berbicara agar nantinya tidak menyebabkan anda mengalami batuk kembali
  4. Dan yang terakhir adalah konsumsi obat – obatan yang diberikan oleh dokter secara teratur guna tetap menjaga kondisi anda dari batuk.

Nah, itulah beberapa semua ulasan yang sudah di bahas mengenai mengapa bisa terjadi batuk setelah melakukan operasi amandel.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab