Sponsors Link

Penyebab Bayi Susah Tidur Karena Pilek dan Cara Tepat Mengatasinya

Sponsors Link

Pilek merupakan serangkaian gejala yang terjadi apabila tubuh terkena virus yang menyebabkan penyakit flu namun kedua hal ini memiliki perbedaan flu dan pilek. Pilek yang ditimbulkan pada orang dewasa biasanya tidak akan terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari apabila gejala flu yang ditimbulkan tidak terlalu banyak sehingga tubuh membutuhkan banyak waktu untuk beristirahat. Namun berbeda halnya apabila gejala flu pada anak yang disertai pilek dialami oleh bayi yang menyebabkan bayi susah tidur karena pilek ini. Bayi yang mengalami pilek membutuhkan penanganan yang lebih cepat jika di bandingkan pilek yang di alami oleh orang dewasa. Hal ini karena pilek dapat membuat tubuh bayi menjadi tidak nyaman dan akan membuat bayi susa tidur akibat saluran pernafasannya tersumbat oleh banyaknya lendir sehingga hidung mampet berkepanjangan. Terdapat beberapa penyebab pilek pada bayi seperti :

ads
  • Tubuh bayi terkena serangan infeksi dari lingkungan sekitarnya.
  • Bayi kekurangan asupan gizi sehingga tubuh bayi mudah mengalami pilek.
  • Suhu udara kamar yang terlalu dingin dan lembab.
  • Bayi terkena paparan asap seperti rokok dari lingkungan sekitarnya, dll.

Ada beberapa cara pencegahan flu yang dapat bermanfaat dalam mengatasi bayi susah tidur karena pilek, yaitu :

  1. Membersihkan lendir pada saluran pernafasan bayi

Lendir dapat mengumpal dan menghalangi oksigen untuk masuk ke dalam tubuh sehingga membuat bayi kesulitan bernafas. Oleh karena itu lendir pada hidung bayi harus segera di bersihkan agar tidak menyulitkan bayi bernafas walau sedang dalam keadaan pilek. Cara mengatasi hidung bayi tersumbat dapat dengan membersihkan lendir pada saluran pernafasan bayi dapat menggunakan handuk hangat yang di basahi dengan air untuk mengeluarkan lendir dari dalam hidung.

  1. Membersihkan lendir di hidung dengan menggunakan alat

Di jaman yang semakin praktis seperti sekarang ini telah banyak bermunculan alat guna membantu dalam membersihkan lendir pada saluran pernafasan yang aman digunakan pada bayi. Alat tersebut dapat berupa nasal aspirator yang digunakan khusus untuk bayi dan dapat dengan mudah dijumpai di beberapa apotek. Cara dan penggunaan alat ini dalam membersihkan lendir pada bayi dapat ditanyai guna untuk menghidari resiko trauma pada rongga hidung bayi.

  1. Meletakan posisi kepala bayi lebih tinggi

Posisi tidur yang dapat mengatasi bayi susah tidur karena pilek dapat berupa memposisikan letak kepala bayi lebih tinggi sedikit dari badannya dengan menggunakan bantal khusus bayi ataupun dengan bantuan tumpukan kain yang tidak tertalu tinggi. Posiis tidur bayi yang tepat dalam mengatasi pilek ini dapat juga dengan menidurkan bayi dalam posisi terlentang dan meninggikan sedikit kepala bayi dengan bantal. Terdapat bebarapa solusi yang diberikan ibu-ibu menyangkut bayi susah tidur akibat pilek ini seperti menggendong bayi dalam keadaan tengkurap. Berbagai posisi dapat dilakukan selama posisi tersebut tidak menekan dan menghalangi saluran pernafasan bayi selama tetidur.

  1. Pemberian larutan madu hangat

Untuk bayi yang telah memasuki usia beberapa bulan dalam mengatasi pilek ini dapat diberikan madu yang dilarutkan ke air hangat. Madu pada umumnya telah banyak dikenal akan khasiatnya terhadap kesehatan dan kecantikan badan. Pemanfaatan madu yang dicampurkan pada air hangat untuk di minum oleh bayi dapat membuat tubuh bayi menjadi hangat dans menghilangkan lendir yang menyumbat saluran pernafasan saat tertidur.

Sponsors Link

  1. Mengatur suhu kamar bayi

Bayi yang sedang mengalami pilek cenderung lebih merasakan dingin terhadap suhu udara disekitarnya. Apabila kamar yang ditempatinya memiliki suhu udara yang tinggi disertai dengan kelembapan hal ini akan membuat pilek yang dialaminya menjadi semakin parah dan akan lama sembuhnya. Ketika bayi sedang pilek ada baiknya membuat dan mengatur agar suhu udara kamar menjadi lebih hangat agar tubuh bayi lebih merasakan nyaman ketika tertidur walaupun sedang mengalami pilek.

  1. Hindari paparan debu

Debu juga dapat menjadi salah satu penyebab utama bayi menjadi pilek. Oleh karena itu dalam beberapa kasus bayi yang mengalami pilek sangat di anjurkan agar barang dan lingkungan sekitarnya terhindar dari paparan debu dan kotoran yang dapat memperparah pilek yang sedang di alaminya.

  1. Memberikan jenis obat yang aman dan tepat dikonsumsi bayi

Pilek pada bayi dapat diatasi dengan memberikan beberapa jenis obat yang bermanfaat dalam mengatasi dan mengurangi gejala pilek seperti timbulnya lendir pada saluran penafasan bayi. Namun perlu diketahui bahwa hanya bayi yang telah berumur beberapa bula tertentu yang dapat diberikan penanganan berupa obat dan pada bayi yang tergolong baru memasuki usia awal biasanya tidak terdapat obat dalam mengatasi pilek yang dialaminya.

Demikianlah beberapa cara yang dapat diterapkan guna mengatasi dan mencegah pilek pada bayi susah tidur karena pilek yang dialaminya. Pilek yang dialami oleh bayi pada tahap awal dapat diatasi dengan menjaga agar tubuh bayi tetap hangat dan terhindar dari suhu ruangan yang terlalu tinggi dan lembab. Memberikan asupan gizi dan nutrisi yang cukup pada bayi juga dapat membantu agar tubuh bayi mampu untuk tidak mudah terserang oleh penyakit pilek, asupan ini dapat diberikan melalui ASI dari ibu ataupun dengan memberikan susu formula yang cocok di konsumsi oleh si bayi.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab