Sponsors Link

Benarkah Bayi Batuk Boleh Makan Jeruk? Apakah Bisa Menyembuhkan Batuk?

Sponsors Link

ads

Bagi para bunda yang saat ini sudah memiliki anak bayi, mungkin pernah bertanya mengenai benarkah bayi batuk boleh makan jeruk? Pasalnya, batuk bisa dialami siapa saja, termasuk anak bayi kita yang sedang dalam masa pertumbuhan. Saat sedang batuk, biasanya bayi akan mendapat pantangan makanan tertentu, agar batuknya tidak menjadi parah. Namun, terkait dengan buah jeruk, apakah bisa menyembuhkan batuk? Jawabanya tentu harus dibuktikan secara ilmiah terlebih dulu.

Seperti hal nya orang dewasa, batuk pada bayi 6 bulan juga dapat mengalami batuk kering atau batuk berdahak. Batuk kering yang dialami bayi terjadi karena adanya rasa gatal karena iritasi pada tenggorokanya. Sementara batuk berdahak pada bayi biasanya terjadi di sekitar area dada, karena proses spontan dan alami untuk mengeluarkan lendir atau dahak dari paru-paru bayi. Meskipun tidak dianggap berbahaya, namun bayi yang sedang batuk harus segera diobati.

Benarkah Bayi Batuk Boleh Makan Jeruk?

Buah jeruk merupakan salah satu buah yang menjadi favorit sebagian orang, karena rasanya yang asam manis dan menyegarkan. Selain itu, buah jeruk juga bisa membantu dalam proses penyembuhan penyakit, seperti flu, karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Buah yang teksturnya berbulir dan berair ini dianggap sebagai sumber nutrisi yang baik untuk tubuh manusia dewasa maupun tubuh bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Kandungan vitamin C pada buah jeruk, memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih segar dan sehat, tubuh bayi akan lebih aktif dan ceria.

Berbicara mengenai buah jeruk, seperti kita ketahui bahwa buah jeruk yang sering dikonsumsi dan digunakan sebagai pengobatan alami, terdiri dari beberapa jenis diantaranya buah lemon dan buah jeruk nipis. Sebetulnya, jenis jeruk yang tumbuh di Indonesia lebih banyak lagi.

Namun, buah penyebab batuk pada bayi seperti jenis jeruk yang sering digunakan untuk pengobatan alami, seperti saat bayi batuk makan jeruk, maka kedua jenis jeruk tersebut adalah yang paling tepat.

Jeruk nipis yang memiliki warna kulit hijau ini, biasanya sering dimanfaatkan sarinya, untuk membuat tenggorokan lebih hangat dan meredakan radang yang terjadi yang menyebabkan batuk.

Sedangkan jeruk lemon, juga dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan gatal di tenggorokan dan lebih cepat menyembuhkan batuk.

Benarkah Bayi Batuk Boleh Makan Jeruk? Apakah Bisa Menyembuhkan Batuk?

Lalu benarkah bayi batuk boleh makan jeruk? Jika sang bayi sedang batuk, apakah bisa menyembuhkan batuk?  Kita tidak bisa memberikan buah yang memiliki rasa cenderung kecut kepada anak bayi, terlebih dibawah usia 6 bulan.

Dilansir dari hellosehat.com , seorang dokter anak bernama Ari Brown, yang pernah menulis buku berjudul Clear Answer and Smart Advice for Your Baby’s First Year, mengatakan bahwa bayi bisa kita beri makan buah yang masam setelah usianya 6 bulan atau lebih baik lagi ketika usianya 12 bulan.

Buah jeruk memang dikenal dengan rasanya yang kecut, terutama jenis jeruk nipis dan jeruk lemon. Bayi tidak boleh diberikan buah jeruk ini secara sembarangan, karena sistem pencernaanya masih sangat sensitif.

Hal yang berbahaya yang bisa terjadi bila bayi diberikan paksa buah jeruk kecut, maka dapat mengakibatkan kemerahan di sekitar area mulutnya. Namun, buah jeruk tidak menimbulkan reaksi alergi, kulit kemerahan tersebut terjadi karena reaksi kulit terhadap zat asam.

Sponsors Link

Meski begitu, buah jeruk ini ternyata kaya manfaat yang sebetulnya memang dibutuhkan oleh bayi di masa pertumbuhan. Beberapa manfaat dari buah jeruk seperti:

  • Memiliki kandungan serat yang baik, sekitar 4 gram serat dalam 1 buah jeruk
  • Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, juga beberapa vitamin lainya seperti vitamin B, fosfor serta magnesium
  • Memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan stroke

Berdasarkan manfaat dari buah jeruk tersebut, anak bayi kita seharusnya bisa mendapatkan manfaat tersebut, tanpa harus mengkonsumsi langsung buah jeruk yang rasanya cenderung kecut. Anda tetap dapat memberikan manfaat buah jeruk pada bayi, khususnya bayi yang sedang batuk dengan beberapa cara berikut ini:

  • Pilih buah jeruk yang sekiranya memiliki rasa yang tidak terlalu kecut tapi manis, seperti jenis jeruk mandarin
  • Buatlah tampilan jeruk ini menjadi semenarik mungkin, agar anak bayi kita suka dan akan memakanya. Caranya potong kecil-kecil buah jeruk, dengan terlebih dulu membuang biji dan serabut putihnya.
  • Jika anak bayi Anda masih berusia dibawah 6 bulan, maka dapat mencampurkan bulir jeruk manis ke dalam susu formula yang biasa diminumnya, dengan takaran yang disesuaikan
  • Tunggu reaksinya, setelah beberapa 3 hari, jika batuk yang dialami bayi malah menjadi parah, segera hubungi dokter untuk antisipasi.

Jadi, benarkah bayi batuk boleh makan jeruk? Apakah bisa menyembuhkan batuk? Berdasarkan beberapa pemaparan di atas, maka bayi yang batuk boleh makan jeruk, asalkan diberikan dalam bentuk menarik dan tidak diberikan secara langsung. Adapun kesembuhan batuk yang dialaminya, bisa terlihat setelah 3 hari pemakaian dan segera bawa ke dokter, jika terjadi reaksi efek samping tertentu.

ads

Tips Makan Buah Jeruk untuk Bayi yang sedang Batuk

Ketika kondisi anak bayi kita sedang mengalami batuk, tentunya kita juga merasa sedih dan ingin segera membantu penyembuhanya. Namun, kini Anda para ibu tidak usah khawatir, sebab bayi bisa mendapatkan manfaat vitamin C alami dari jeruk dengan maksimal.

Berikut ini beberapa pilihan untuk menyajikan buah yang kecut kepada anak bayi:

  • Smoothies dari Jeruk

Minuman smoothies jeruk ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Smoothies jeruk ini juga bisa dicampur lagi dengan buah pisang, mangga strawberi yang sehat untuk si kecil.

  • Salad Buah Jeruk

Anda juga bisa membuat salad buah jeruk, yang pastinya tetap disukai oleh anak bayi kita. cukup campurkan beberapa buah-buahan lainya yang menjadi favorit anak bayi kita dan tambahkan beberapa potong buah jeruk, agar anak bayi kita makin suka

  • Es Loli

Anda juga bisa menyajikan buah jeruk lemon dan jeruk biasa, ke dalam jus yang telah dibekukan seperti es loli. Campurkan jeruk lemon dan jeruk mandarin lalu blender bersama yogurt.

Cara Menangani Batuk Pada Bayi

Benarkah bayi batuk boleh makan jeruk, tentunya dibolehkan dengan beberapa alasan, seperti batuk kering pada bayi 6 bulan yang telah diuraikan di paragraph sebelumnya. Batuk pada bayi memang akan membuatnya merasa tidak nyaman, terutama ketika saat malam hari dan menjelang tidur.

Meski begitu, batuk seperti ini biasanya akan hilang setelah beberapa minggu. Jika memang seperti itu, para ibu harus mencari obat yang tepat untuk mengatasi batuk tersebut.

Berbicara mengenai pengobatan batuk pada bayi, mungkin para ibu sempat berfikir untuk memberikan obat batuk apa saja kepada bayi, yang paling penting rasanya manis.

Tips Sembuhkan Batuk Pada Bayi

Berbicara mengenai cara mengatasi batuk pada bayi saat tidur dan pengobatan batuk pada bayi, mungkin para ibu sempat berfikir untuk memberikan obat batuk apa saja kepada bayi, yang paling penting rasa di obatnya adalah rasa yang cukup manis.

Sebelum minum obatnya, Anda juga bisa mencoba untuk mencampurkan air perasan lemon dengan madu, agar mendapatkan manfaat anti radang yang alami.

Meski begitu, Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana, sebagai tips untuk sembuhkan batuk pada bayi, dengan cara yang mudah. Berikut ulasanya:

  • Memberikan Madu

Madu merupakan sumber antioksidan juga antibakteri yang baik untuk kesehatan bayi. Vitamin C dalam madu juga dapat meningkatkan sistem imun dengan maksimal. Cukup berikan sedikit madu agar batuk segera reda.

  • Makanan yang Meringankan Batuk

Bayi yang memasuki usia 6 bulan atau di bawah 6 bulan, harus lebih fokus pada ASI dan susu formula. Jika sudah mulai makan di usia 1 tahun ke atas, beri makanan dengan tekstur lembut untuk bayi, seperti pudding, yogurt dan saus apel.

Sponsors Link

  • Berisitirahat yang Cukup

Bayi yang sedang batuk tentunya membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Tidurkan bayi saat waktu istirahatnya tiba. Usahakan bayi kita tertidur tanpa banyak gangguan, agar dapat berisitirahat dengan cukup.

  • Memberikan Obat

Bayi yang sedang batuk atau flu ternyata bisa diberikan obat dengan dosis yang memang disesuaikan dengan usia bayi dan berat badanya. Obat seperti Paracetamol dan Ibuprofen bisa menjadi solusinya.

  • Meningkatkan Cairan Tubuh

Berikan bayi yang sedang batuk berdahak, beberapa minuman seperti jus, air putih dan susu. Minuman cokelat juga bisa diberikan asal semua jenis minuman ini diberikan dalam kondisi hangat.

Batuk yang dialami bayi tentunya akan membuat aktifitasnya menjadi terhambat, terlebih jika batuk yang dialami tidak segera ditangani dengan cara meredakan batuk pada bayi dan dibiarkan begitu saja, dengan anggapan akan sembuh sendirinya.

Pastikan bayi Anda tidak mengkonsumsi sembarang makanan yang dapat memicu batuk. Jadi, benarkan bayi batuk boleh makan jeruk, hanya perlu disesuaikan dengan kondisi dan cara pemberian makanya saja.

, , ,




Oleh :