Sponsors Link

Bengkak Setelah Operasi Sinus: Penyebab Dan Cara Menanganinya

Sponsors Link

Sinusitis pada dasarnya merupakan suatu peradangan yang terjadi pada dinding sinus Anda sehingga rentan timbul bengkak setelah operasi sinus. Dampak setelah operasi sinusitis ini tentunya menimbulkan nyeri pada wajah sehingga Anda akan mengalami gangguan dalam beraktivitas. Oleh karena itu, sinusitis ini harus segera diatasi. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan operasi. Beberapa orang mengeluhkan adanya bengkak setelah menjalani operasi sinusitis. Jika ingin tahu lebih jelas tentang hal tersebut, simak penjelasan di bawah ini.

ads

Penyebab

Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya bengkak setelah operasi sinusitis.

1. Adanya luka pada jaringan yang dioperasi

Tiap operasi tentunya akan meninggalkan bekas luka. Bekas luka ini merupakan hal yang wajar. Namun bila bekas luka ini tak mendapatkan perawatan dengan baik maka bisa saja bekas luka operasi ini membengkak dan menimbulkan batuk hingga pusing dan nyeri di pinggang.

2. Adanya infeksi

Infeksi bisa saja berjangkit pada bekas luka operasi yang tidak terawat. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh virus atau bakteri. Luka bekas operasi yang mengalami infeksi akibat sinusitis yang tidak diobati dan tidak segera diatasi pada akhirnya dapat membengkak dan terasa nyeri.

3. Adanya peradangan

Peradangan muncul karena adanya infeksi. Peradangan ini sebenarnya merupakan perlindungan diri yang dilakukan oleh tubuh dalam melawan iritasi yang disebabkan oleh infeksi. Peradangan cenderung membuat suatu bekas luka mengalami bengkak. Peradangan juga tak jarang menyebabkan Anda mengalami kondisi demam sebagai reaksi tubuh atas suatu penyakit.

4. Alergi obat

Reaksi batuk akibat alergi susu maupun terhadap obat yang Anda minum pasca operasi dapat muncul dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah membengkaknya luka bekas operasi. Pada operasi sinusitis pun hal ini dapat terjadi. Saat Anda alergi terhadap suatu jenis obat maka bekas luka pun bisa jadi membengkak.

Penanganan

Adapun penanganan yang dapat dilakukan untuk meredakan bengkak setelah operasi sinusitis antara lain sebagai berikut.

1. Kompres dingin pada bagian yang luka dan nyeri

Kompres air dingin pada bagian tubuh yang mengalami luka dapat meredakan nyeri. Hal ini tentunya juga berlaku bagi luka pasca operasi sinusitis. Bila bengkak tersebut terasa nyeri sebaiknya langsung saja Anda mengompres daerah wajah dengan washlap dan air yang bersih.

2. Batasi gerak atau aktivitas setelah operasi

Mengurangi gerak dan aktivitas perlu dilakukan setelah Anda melakukan operasi cara mengobati sinus paranasal sehingga stamina tubuh tetap terjaga. Tubuh yang sehat dapat mendukung pemulihan kondisi yang maksimal.

3. Melakukan perawatan pada bekas luka operasi

Sponsors Link

Tiap bekas operasi akan mengalami sedikit luka atau memar. Bekas operasi ini pun harus dirawat secara baik dan rutin agar terhindar dari perbedaan batuk karena virus dan bakteri, ataupun parasit lainnya. Jika bersih maka bekas operasi ini tidak akan membengkak.

4. Memiliki pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat berpengaruh langsung pada stamina dan kondisi fisik Anda. Pola makan yang sehat juga dapat mempercepat pemulihan kondisi Anda. Makanan yang baik untuk pasca operasi sinusitis yang sehat tentunya mengandung asupan gizi yang cukup dan seimbang bagi tubuh.

5. Konsultasi lanjut pada dokter

Umumnya pasca operasi Anda akan melakukan kontrol pada dokter sehingga dokter dapat memantau perkembangannya. Berkonsultasilah pada dokter secara rutin agar Anda terhindar dari penyakit serius.

Itulah sekilas penjelasan tentang bengkak setelah operasi sinus. Dengan memahami penyebabnya maka dapat diambil langkah pemulihan yang tepat. Sehingga kondisi setelah menjalani operasi dapat sehat kembali seperti biasa.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sinus