Sponsors Link

Bersin – Bersin Setelah Minum Obat Batuk, Kenapa? Apa Akibatnya?

Sponsors Link

Adakalanya kita dapati bersin-bersin setelah minum obat batuk. Selanjutnya akan timbul pertanyaan mengapa demikian dan akibat apa yang kira-kira bisa ditimbulkan. Adapun hal ini wajar jika membuat rasa penasaran. Karena tidak banyak yang paham betul akan kejadian yang sepele ini. Memang hal ini terlihat wajar, namun sebenarnya ada beberapa mekanisme tubuh yang terjadi di balik hal tersebut. Sayangnya tidak banyak informasi tersedia untuk orang awam. Sehingga banyak yang belum paham benar apa yang menjadi penyebab dan akibat jika bersin terutama setelah minum obat batuk gatal tenggorokan tradisional. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini mengenai bersin-bersin setelah minum obat batuk.

ads

Penyebab

Jika bersin setelah minum obat batuk karena amandel biasanya ada beberapa penyebab yang dapat membuat hal tersebut terjadi. Untuk informasi yang lebih jelas, simak penyebabnya pada list di bawah ini:

  • Gejala alergi, karena hal inilah yang paling mungkin terjadi. Yaitu penderita ternyata alergi terhadap komposisi obat batuk yang diminum. Akibatnya reaksi paling cepat yang dapat terjadi yaitu rasa gatal di hidung yang membuat ingin bersin-bersin.
  • Ciri-ciri influenza, sangat wajar jika bersin-bersin dalam keadaan terserang influenza. Karena pernafasan tidak lancar dan hidung akan tersumbat. Sementara pada influenza juga sering disertai batuk, yang mengharuskan penderita minum obat batuk.
  • Infeksi sekunder, sangat mungkin saat sakit maka dapat menimbulkan infeksi penyakit lainnya. Sehingga bersin yang terjadi bukan karena obat yang diminum. Namun lebih tepatnya akibat infeksi sekunder yang sedang terjadi saat daya tahan tubuh penderita melemah.

Gejala

Adapun berikut ini beberapa gejala yang diakibatkan oleh kondisi bersin-bersin setelah minum obat batuk:

  • Ada rasa gatal di bagian hidung sehingga terasa ingin bersin keluar lendir dari mulut.
  • Hidung tersumbat sehingga sulit bernafas dan timbul rasa ingin bersin.
  • Disertai gatal pada tenggorokan pula yang membuat batuk tidak kunjung sembuh.
  • Dapat pula disertai demam ringan selama berhari-hari yang tidak kunjung mereda.
  • Ada kalanya disertai timbul nyeri di dada.

Akibat

Jika bersin-bersin setelah minum obat batuk kering disertai pilek, maka akibatnya dapat terjadi hal-hal seperti di bawah ini:

  • Biasanya akan timbul komplikasi penyakit lain yang bisa jadi lebih berat, seperti misalnya dari batuk ringan menjadi batuk berdahak yang menimbulkan peradangan pada tenggorokan.
  • Akan mempermudah proses penyebaran virus penyakit melalui media udara. Dimana jika bersin mengenai orang lain di sekitar kita, maka akan rentan menimbulkan infeksi pada orang-orang tersebut.
  • Terjadi kondisi alergi terhadap komposisi obat yang sebaiknya segera dikonsultasikan pada dokter. Karena keadaan ini dapat membuat batuk pilek panas malam hari susah sembuh namun justru menambah masalah baru seperti batuk pilek lanjutan akibat alergi. Sebaiknya ganti jenis obat yang diminum jika timbul alergi.
  • Menandakan bahwa obat bereaksi dengan baik dalam menyembuhkan dan meredakan penyakit batuk yang menyerang. Hal ini karena komposisi obat yang bekerja melawan virus dan menimbulkan terjadinya mekanisme bersin sebagai salah satu jalan mengeluarkan virus penyakit dari tubuh.

Demikian beberapa penjelasan mengenai kondisi seseorang yang bersin-bersin setelah minum obat batuk. Dengan penjelasan yang detail, maka diharapkan tidak timbul pertanyaan dan keraguan saat akan mengkonsumsi obat batuk. Sehingga penyakit batuk pilek disertai bintik merah akan cepat sembuh serta aktivitas harian tidak akan terganggu kembali. Mengingat kondisi batuk tentu sangat mengganggu dan mengurangi efektifitas aktivitas harian seseorang.

, , ,
Oleh :