Sponsors Link

Bolehkah Buah Apel Menghilangkan Batuk? Apakah Berbahaya?

Sponsors Link

Seperti kita ketahui bahwa buah apel ini memiliki rasa yang enak, manis dan umumnya banyak dimanfaatkan sebagai hidangan pencuci mulut. Selain sebagai buah yang memiliki manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi langsung, ternyata buah apel juga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk cara mengobati batuk radang yang sering dialami sebagian besar orang, sebagai reaksi atas penyakit yang terjadi di bagian saluran pernafasan.  Dengan mengkonsumsi apel saat batuk, kita juga bisa mengurangi penggunaan obat-obatan kimia.

ads

Buah apel ini umumnya sangat mudah dijumpai, baik di pasar tradisional maupun di supermarket. Berbagai jenis apel pilihan dapat Anda pilih dan dijadikan sebagai obat alternative untuk batuk yang dialami pasien anak-anak. Anak-anak umumnya lebih suka makanan yang manis dibandingkan obat, sehingga apel akan sangat efektif untuk bantu atasi batuk pada anak-anak. Buah apel sebagai obat batuk juga sangat mudah untuk diolah, bahkan bolehkah makan nanas saat batuk dikonsumsi secara langsung.

Bolehkah Buah Apel Menghilangkan Batuk?

Berdasarkan berbagai sumber yang menyebutkan buah apel bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk atasi batuk, maka makan buah apel saat batuk justru boleh dilakukan, asal tidak berlebihan. Umumnya, buah apel yang tersedia di pasaran saat ini ada dua jenis, yaitu apel berwarna merah dan apel berwarna hijau. Mungkin Anda akan bertanya, jenis apel mana yang akan digunakan untuk obat alternatif batuk?

Baik apel merah maupun apel hijau memang memiliki perbedaan, terutama dari warna serta rasa apel keseluruhan. Apel merah dengan warna merah yang pekat, serta warna merah yang pudar (seperti warna peach), sedangkan apel hijau umumnya berukuran tidak terlalu besar dan bewarna hijau. Dalam hal manfaatnya bagi tubuh, kedua apel tersebut sama-sama memiliki kelebihan berupa kandungan vitamin C dan serat yang begitu dibutuhkan oleh tubuh.

Batuk yang sering dialami sebagian orang, biasanya ditimbulkan karena bakteri di sekitar area tenggorokan. Selain itu, batuk juga dapat disebabkan oleh virus yang menyerang bersamaan dengan flu. Batuk yang dialami juga bisa berbeda-beda, mulai dari batuk kering, batuk berdahak, batuk asma, batuk rejan dan lain sebagainya. Saat mengetahui fungsi obat batuk fluimucil dan mengkonsumsi buah apel, jika batuk yang timbul mulai berkurang, maka itu karena salah satu kandungan pada buah apel merah maupun hijau yang dapat membunuh virus penyebab batuk.

Buah apel memiliki kandungan antioksidan, khususnya pada apel merah. Apel merah memiliki pigmen antosianin sebagai pemberi zat warna merah pada kulit apel. Antioksidan yang terdapat pada zat tersebut ternyata dapat membantu melawan radikal bebas serta virus dan sel kanker sekalipun. Maka dari itu, mengkonsumsi apel merah boleh dengan kulitnya.

Cara Mengolah Buah Apel untuk Menghilangkan Obat Batuk

Sudah mengetahui manfaat buah apel, baik apel merah maupun hijau untuk obat batuk alami, saatnya kita mencari tahu khasiat obat batuk anakonidin serta bagaimana cara mengolah buah apel menjadi obat batuk alami. Berikut ini beberapa cara untuk mengolah apel agar bisa menghilangkan batuk:

  1. Mengukus Buah Apel
  • Cuci bersih buah apel, kemudian potong-potong menjadi 4 bagian
  • Masukan potongan buah apel ini ke dalam rantang dan kukus selama 15 menit dengan menggunakan api sedang
  • Setelah apel dikukus, apel bisa langsung dikonsumsi bersama kulitnya
  • Konsumsi apel dengan cara ini hingga 3 hari berturut-turut, atau hingga batuk reda.
Sponsors Link

2. Mengambil Manfaat Cuka Apel Untuk Batuk

  • Pastikan Anda sudah memiliki cuka apel, yang biasanya dapat ditemukan dengan mudah di supermarket
  • Kemudian siapkan segelas air dan masukan 2 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan madu.
  • Selain dapat membantu meredakan batuk, madu juga dapat membantu meningkatkan system kekebalan tubuh kita, agar terhindar dari virus penyebab batuk

3. Jus Apel Untuk Batuk

  • Siapkan 1 buah apel dan 1 buah jambu biji
  • Blender buah jambu biji dan sedikit air, kemudian saring dan sisihkan bijinya
  • Lalu campurkan jus jambu tersebut dengan apel dan air, lalu blender kembali hingga halus
  • Tambahkan madu dan jeruk nipis secukupnya

Jenis apel yang banyak dimanfaatkan sebagai obat batuk alami dan obat alami untuk mengatasi penyakit lainya adalah jenis apel merah. Sedangkan, apel hijau lebih sering dimanfaatkan untuk membantu menurunkan berat badan serta menurunkan kadar gula darah.

Untuk itu, khasiat obat batuk pei pa mat yang baik untuk sembuhkan batuk, serta buah apel merah dapat diolah dengan beberapa cara diatas, untuk membantu menghilangkan batuk yang dialami. Bolehkah buah apel menghilangkan batuk apakah berbahaya, jawabanya tidak selama kita mengkonsumsinya dengan cara yang benar dan secara teratur.

, , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman