Sponsors Link

Bolehkah Makan Buah Anggur Saat Batuk? Berbahaya atau Tidak?

Sponsors Link

Musim penghujan masih menyelimuti wilayah beberapa kota besar di Indonesia. Penyakit yang dianggap ringan seperti batuk dan flu biasanya mendominasi di musim seperti ini. Batuk dianggap sebagai penyakit yang muncul setelah seseorang mengalami flu terlebih dulu. Meski begitu, batuk sebenarnya merupakan respon alami dari tubuh dan merupakan system pertahanan, untuk mengeluarkan zat dari saluran pernafasan kita. Batuk batuk karena alergi makanan  juga membantu kita mencegah masuknya benda asing lewat saluran napas bawah.

ads

Saat mengalami batuk di musim hujan seperti ini, tentunya kita harus memiliki pantangan makanan tertentu agar batuk kita tidak semakin parah. Makanan seperti buah-buahan tertentu yang sebetulnya menyehatkan juga terkadang tidak boleh dikonsumsi selama batuk, terkecuali beberapa buah yang memiliki kandungan air alami seperti buah anggur. Lalu apakah buah anggur boleh dimakan saat batuk? Pada artikel kali ini, kita akan membahas lengkap seputar buah anggur untuk batuk batuk karena ac dan batuk jenis lainya.

Tentang Anggur dan Manfaatnya

Buah berbentuk bulatan kecil dalam jumlah yang banyak, biasa disebut anggur ini, merupakan salah satu tanaman yang sudah sangat dikenal oleh manusia, sejak zaman dulu hingga saat ini. Tanaman anggur umumnya tumbuh dengan cara merambat ke atas, serta berlawanan arah hingga bagian kuncupnya searah dengan bagian penopangnya.

Zaman dulu, buah anggur ini sudah banyak diketahui dan dimanfaatkan orang-orang untuk menjalankan pengobatan alami agar sakit yang diderita segera sembuh, termasuk batuk. Anggur memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Bukanya hanya anggur untuk mengobati batuk, tetapi buah ini juga berkhasiat untuk membantu membersihkan usus, memurnikan darah, hingga baik dikonsumsi untuk orang yang memiliki penyakit lambung dan sedang menjalankan diet.

Adapun manfaat lainya dari makan buah anggur, sebagai berikut:

  • Menurunkan Resiko Diabetes

Penelitian berhasil menunjukan bahwa saat mengkonsumsi 3 porsi anggur atau kismis serta apel, maka bisa membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2 hingga 7%. Hal ini disebabkan karena anggur memiliki kandungan antioksidan, yang baik dikonsumsi oleh pasien diabetes.

  • Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi buah anggur ternyata dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Anggur juga memiliki kandungan zat flavonoid, yang dapat mengurangi darah tinggi. Selain itu, anggur juga memiliki kandungan zat kalium untuk menghilangkan efek tumpukan natrium dalam tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Buah anggur juga dapat melindungi retina pada organ mata kita, dari penyakit dan kerusakan yang berbahaya. Mengkonsumsi biji anggur juga dapat membantu mengurangi efek stress pada area mata, khususnya saat melihat sinar yang terlalu terang. Manfaat anggur untuk kesehatan mata ini, masih dalam tahap penelitian lebih lanjut.

  • Menjaga Kadar Kolesterol

Buah anggur ini juga memiliki manfaat penting lainya, untuk membantu dalam menyeimbangkan kadar kolesterol karena zat saponin. Zat tersebut dapat mengurangi kelebihan kolesterol di tubuh kita, sebelum diserap dalam darah. Kolesterol tubuh akan dijaga agar tetap seimbang dan terhindar dari penyakit berbahaya.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Organ otak tentunya menjadi salah satu pusat dari segala aktifitas yang tubuh kita lakukan di setiap harinya. benarkah bayi batuk boleh makan jeruk sebaiknya, untuk menjaganya agar tetap sehat, makanlah buah anggur. Buah ini memiliki kandungan revestratol, yang mampu melancarkan peredarah darah ke pusat komando yaitu otak.

Sponsors Link

  • Mencegah Kanker

Buah anggur, khususnya anggur merah ini memiliki kandungan zat resveratrol juga, yang memiliki fungus untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Mengkonsumsinya buah anggur sesuai kebutuhan juga dapat melindungi kita dari paparan radiasi yang berbahaya.

  • Mengobati Batuk

Dibandingkan buah-buahan yang mengandung asam nitrat atau sitrus, seperti buah jeruk, buah anggur lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi saat batuk. Buah anggur ini memiliki kandungan air alami, dan aman juga dikonsumsi anak-anak yang sedang batuk. Jenis buah anggur hijau, lebih direkomendasikan untuk membantu mengurangi batuk, terutama batuk berdahak.

Bolehkah Makan Buah Anggur Saat Batuk? Apakah Berbahaya?

Saat sedang mengalami batuk dan hendak makan buah anggur, mungkin Anda akan bertanya apakah boleh makan buah anggur saat batuk? Buah anggur yang tersedia di pasaran umumnya terdiri dari buah anggur merah, anggur hitam dan hijau. Sebetulnya, buah yang boleh dimakan saat batuk adalah semua jenis anggur, yang memiliki manfaat yang hampir sama, karena kandungan beberapa zat penting di dalamnya.

Makan buah anggur saat batuk tentu saja aman, karena rasa buah anggur sudah manis alami sehingga Anda tidak perlu menambahkan gula yang malah akan memicu batuk lebih parah. Buah anggur juga banyak dimanfaatkan sebagai obat batuk alami bagi anak-anak. Kita bisa membuat olahan makanan atau minuman dengan campuran anggur, anak-anak yang sedang batuk pasti suka.

ads

Selain bagian buahnya, dilansir dari lifestyle.okezone.com, Anggur juga dapat dimanfaatkan bagian bijinya untuk obat batuk alami. Jika saat makan anggur kita terbiasa membuang bagian bijinya, sekarang sebaiknya kita memanfaatkan biji anggur untuk obat batuk. Biji anggur memiliki kandungan zat proanthocyanidins serta anti oksidan yang dapat bersifat ekspektoran alami. Zat ini mambantu membersihkan paru-paru dari mucus (lendir). Minum anggur dan bijinya dengan cara dibuat Jus dan tambahkan madu, untuk rasa yang lebih enak.

Setelah mengetahui makan buah anggur saat batuk ternyata tidak berbahaya, sebaiknya Anda mulai mengaplikasikan anggur sebagai pengobatan alami untuk batuk Anda. Kandungan vitamin C yang tinggi pada anggur serta adanya sifat antioksidan dan anti bakteri, malah akan meringankan gejala batuk, serta menyembuhkan batuk, terutama batuk berdahak. Meski begitu, sebaiknya mengkonsumsi buah anggur dalam batas wajar ya, jangan berlebihan.

Cara Mengatasi Batuk dengan Buah Anggur

Kini Anda sudah mengetahui bahwa bolehkan makan buah anggur saat batuk, apakah berbahaya atau tidak ternyata tidak berbahaya dan malah diharuskan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Lalu bagaimana cara mengobati batuk radang dan mengatasi batuk dengan buah anggur? Hal ini tergantung dengan bagaimana cara kita mengkonsumsinya.

  • Untuk Orang Dewasa

Orang dewasa pada umumnya suka mengkonsumsi buah anggur. Baik jenis anggur hitam, anggur hijau maupun anggur merah yang banyak dijual di pasaran. Cara mengkonsumsi buah anggur selagi batuk, mudah saja. Anda dapat mengkonsumsinya langsung, tanpa campuran apapun. Rasa buah anggur umumnya sudah manis alami, Anda tidak perlu mencampurnya dengan pemanis atau gula. Manfaatkan biji anggur juga, dengan mencampurkanya dalam bentuk jus anggur bersama dengan buah anggurnya. Tambahkan madu, agar rasanya menjadi lebih enak dan lebih berkhasiat.

  • Untuk Anak-anak

Batuk tidak saja dialami oleh orang dewasa, batuk juga sering dialami oleh anak-anak, terutama saat sedang terjadi perubahan musim yang ekstrem. Anak-anak yang sedang batuk biasanya selalu diberikan obat batuk khusus untuk batuk, agar batuknya lebih cepat sembuh. Namun, sebagian anak-anak rupanya kurang suka dengan rasa obat yang lebih pahit dan obat hanya bersifat meringankan gejala batuknya saja. Anda dapat membuat olahan buah anggur untuk anak yang sedang batuk. Buatlah es dengan rasa anggur atau makanan dengan campuran buah anggur, yang akan disukai anak-anak. Selain itu, kandungan antioksidan dan vitamin C dalam anggur tersebut juga bermanfaat untuk sembuhkan batuk yang dialami.

Perawatan Batuk yang Ampuh

Setelah Anda mengobati batuk dengan bahan alami , tanpa terlalu banyak menggunakan obat-obatan kimia, maka saatnya untuk melakukan perawatan saat sedang batuk, agar batuk lebih cepat pulih. Berikut ini beberapa langkah perawatan saat batuk yang ampuh:

  • Cukup istirahat, dengan beristirahat, Anda akan memperbaiki system imun tubuh secara alami dengan lebih efisien.
  • Banyak minum air, dianjurkan untuk lebih banyak minum air saat sedang batuk, agar kondisi tenggorokan Anda selalu terhidrasi dan tidak kering
  • Hindari tempat lembab, kondisi area yang lembab biasanya menjadi pemicu batuk lebih sering terjadi, karena merupakan area yang kurang sehat
  • Mengurangi kebiasaan merokok, hentikan terlebih dulu kebiasaan merokok Anda atau kurangi semaksimal mungkin agar batuk lebih cepat reda.
  • Konsumsi madu dalam olahan tertentu, bisa dengan jus anggur atau minuman hangat yang dicampur madu
Sponsors Link

Batuk yang dialami sebagian besar orang dewasa, termasuk anak-anak, sebaiknya diobati dengan cara alami. Bolehkan makan buah anggur saat batuk, juga dapat menjadi salah satu cara alami untuk mengurangi gejala batuk dan bahkan menyembuhkanya. Anda juga harus memperhatikan beberapa pantangan makanan saat batuk, agar batuk tidak kambuh dan berlangsung lama.

Batuk merupakan reaksi alami yang dialami tubuh, tapi bukan berarti Anda membiarkan batuk hingga menjadi parah. Segera lakukan pengobatan batuk alami dengan bolehkan makan anggur saat batuk, yang ternyata direkomendasikan agar batuk berdahak hingga batuk rejan yang dialami akan lebih cepat sembuh.

, , , ,




Oleh :