Sponsors Link

Bolehkah Makan Melon Saat Batuk? Apakah Aman Untuk Dikonsumsi Saat Batuk?

Sponsors Link

Batuk adalah satu kondisi diakibatkan dari reaksi tubuh ketika terserang penyakit di saluran pernapasan. Pada dasarnya kondisi batuk tidak berbahaya sebab batuk adalah siklus alami yang akan terjadi sebagai bentuk pertahanan tubuh. Akan tetapi, kondisi batuk yang terus menerus akan merubah mindset kita yang tadinya bersikap biasa menjadi sedikit waspada. Kondisi batuk tidak hanya akan membuat kita merasa jengkel dan sebal sebab bisa mengganggu beberapa aktivitas dan membuat tubuh merasa cepat lelah dan butuh istirahat yang ekstra untuk meredakan gejala tersebut.

Apabila kondisi batuk yang Anda alami tampaknya sangat mengganggu, alangkah baiknya jika segera ditangani secara medis dimana setidaknya Anda bisa mengetahui jenis-jenis batuk yang seperti apa yang telah menyerang tubuh Anda tersebut agar bisa ditangani dengan benar sesuai dengan kondisi tubuh Anda itu sendiri.  Apakah hanya terserang batuk berdahak, batuk kering sajakah, atau malah merupakan ciri batuk karena alergi dingin sehingga bisa menemukan cara mengobati batuk radang di tenggorokan tersebut. Kenali pula gejala dan penyebab batuk berdahak.

Selain mendapat perhatian medis, sebaiknya Anda juga harus memberikan perhatian ekstra pada kesehatan tubuh Anda sendiri. Hal ini bisa dimulai dengan mengatur pola hidup sehat dan diimbangi dengan pola makan yang bergizi. Berbicara mengenai pola makan yang bergizi, asupan buah sudah barang tentu mempunyai banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Nah, lalu buah apa saja yang baik dikonsumsi ketika batuk menyerang?. Baiklah di bawah ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai hal tersebut.

Macam-macam buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi saat batuk menyerang ialah kiwi, jeruk, nanas, mangga, alpukat, pepaya, pisang, dan jambu biji. Itulah buah-buahan yang kerap dikonsumsi untuk mengatasi kondisi batuk. Lalu, bagaimana dengan buah melon? Bolehkah makan melon saat batuk?. Apakah aman untuk batuk?. Buah melon termasuk ke dalam suku labu-labuan atau cucurbitaceae adalah buah yang pertama kali tumbuh di lembah Persia, lalu masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970 yang kemudian baru berkembang di Indonesia pada tahun 1990-an.

Berikut daftar kandungan yang ada pada buah melon bila dikutip dari USDA National Nutrient data base:

  • Mengandung 8.6 gram karbohidrat,
  • Mengandung 0.84 gram protein,
  • Mengandung 0.19 gram lemak total,
  • Mengandung 0.9 gram serat makanan,
  • Mengandung 21 mcg asam folat,
  • Mengandung 3382 IU vitamin A,
  • Mengandung 36.7 mg vitamin C,
  • Mengandung 0.05 mg vitamin E,
  • Mengandung 2.5 mg vitamin K,
  • Mengandung 1 mg sodium,
  • Mengandung 267 mg kalium,
  • Mengandung 9 mg kalsium,
  • Mengandung 41 mg tembaga.

Dari beberapa kandungan di atas, dapat dilihat manfaat bila mengonsumsi buah melon yakni meliputi hal-hal di bawah ini, seperti :

  • Kandungan karbohidrat yang ada pada buah melon terbilang cukup tinggi, sehingga apabila Anda mengonsumsi buah melon secara teratur bisa mengurangi porsi karbohidrat itu sendiri di tubuh Anda. Hal ini akan berdampak pada konsumsi nasi yang bisa sedikit dikurangi, dampaknya akan membuat tubuh Anda mengalami keberhasilan dalam program diet. Ya, intinya karbohidrat pada buah lemon bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bobot tubuh Anda. Jadi, bagi Anda yang menginginkan tubuh ideal bisa imbangi dengan mengonsumsi buah meon ini, ya.
  • Kandungan serat makanan yang ada pada buah melon memiliki fungsi cukup baik bagi saluran pencernaan Anda dimana seperti yang kita ketahui serat pada makanan sangat bermanfaat bagi tubuh khususnya untuk memperlancar buang air besar setiap harinya, sehingga meminimalisir kondisi perut yang membuncit, menghilangkan sembelit, membuat buang air besar menjadi lancar dan mampu mengatasi masalah gastrointestinal (pencernaan) lainnya. Konsumsilah buah melon secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, kandungan serat pada buah melon tersebut juga bisa berguna dalam melawan kolesterol jahat bagi tubuh dimana kandungannya mampu melindungi tubuh terhadap aterosklerosis,

  • Kandungan kalium yang ada pada buah melon terbilang cukup tinggi, sehingga apabila Anda mengonsumsi buah melon secara teratur bisa mengurangi tekanan darah Anda, sehingga menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung koroner, atau menderita stroke atau serangan jantung.
  • Kandungan vitamin A yang ada pada buah melon terbilang cukup tinggi, sehingga apabila Anda mengonsumsi buah melon secara teratur bisa membantu kesehatan paru-paru Anda dimana buah melon dapat membantu meremajakan paru-paru Anda, terutama jika Anda memang memiliki riwayat penyakit paru-paru. Setidaknya dengan mengonsumsi buah melon secara teratur bisa membantu Anda dalam memperbaiki sistem paru-paru yang telah terlanjur rusak.
  • Kandungan vitamin C yang ada pada buah melon terbilang cukup tinggi, sehingga apabila Anda mengonsumsi buah melon secara teratur bisa membantu dalam meredakan batuk yang membandel. Vitamin C akan berperan untuk mendorong sistem kekebalan alami dalam tubuh dimana kandungannya mampu melindungi tubuh dari resiko tertular beberapa penyakit seperti flu dan batuk.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi buah melon saat batuk diperbolehkan dan aman sebab kandungan vitamin C yang ada di dalam buah melon dapat membantu Anda dalam meredakan batuk yang membandel, serta dapat melindungi tubuh dari resiko tertular dari flu dan batuk itu sendiri.

, , , ,