Sponsors Link

Bolehkah Radang Tenggorokan Makan Durian? Berbahaya atau Tidak?

Sponsors Link

Radang tenggorokan merupakan peradangan yang terjadi di area tenggorokan, yang diakibatkan oleh gejala awal penyakit lain seperti flu dan demam. Bolehkan radang tenggorokan makan durian? Berbahaya atau tidak? Akan kita bahas dalam artikel ini. Saat seseorang sedang mengalami radang tenggorokan, tentu akan membuat area tenggorokanya tidak nyaman. Oleh sebab itu, pola makan yang diberikan tidak boleh ketika radang tenggorokan boleh minum air dingin sembarangan, seperti hal nya saat sedang dalam kondisi sehat.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sedang radang tenggorokan, sebaiknya memang diatur dengan baik. Usahakan hanya mengkonsumsi makanan dengan tekstur yang lembut dan tidak memicu peradangan semakin parah. Begitu juga dengan buah-buahan, beberapa buah seperti jeruk ternyata tidak baik dikonsumsi saat sedang radang tenggorokan. Lalu bagaimana dengan penyebab radang tenggorokan seperti buah durian yang sebenarnya memiliki tekstur yang lembut?

Bolehkah Radang  Tenggorokan Makan Durian?

Buah durian adalah satu satu buah yang populer di beberapa Negara di Asia, termasuk di Indonesia. Buah yang memiliki wangi cukup menyengat ini memang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara, dengan ciri khas kulitnya yang berlekuk tajam seperti duri.

Buah ini memiliki tekstur yang lembut, sepertinya tidak masalah jika harus dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami radang tenggorokan. Namun, Anda harus mengetahui bahwa buah durian yang dikonsumsi berlebihan juga berbahaya untuk kesehatan.

Selain itu, buah ini bersifat memicu panas dalam, sehingga dikhawatirkan akan memicu radang yang lebih parah, pada orang yang sedang mengalami radang tenggorokan.

Mungkin akhir-akhir ini Anda akan sering menjumpai buah durian, di sekitar pinggir jalan hingga di pasar swalayan sekalipun.  Sebelum mengkonsumsi durian, Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui diantaranya:

  • Durian tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja, tetapi juga bijinya, kulitnya, daun pucuk mudanya hingga kulit buahnya banyak dimanfaatkan
  • Durian sebaiknya tidak dimakan oleh wanita yang sedang hamil
  • Durian juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan alcohol

Dilansir dari healthmad, ternyata durian juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah durian untuk kesehatan, berikut ulasanya:

  • Membantu mengatasi anemia, karena buah durian memiliki kandungan folat dan vitamin B9 yang sangat dibutuhkan untuk produksi sel darah merah
  • Durian membantu atasi sembelit karena mengandung serat
  • Mengandung banyak zat potassium serta kalsium yang baik untuk kesehatan dan persendian serta tulang
  • Membantu menjaga kesehatan kulit dengan kandungan vitamin C yang fungsinya sebagai anti penuaan dan anti oksidan
  • Durian sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan untuk menghindari efek samping yang berbahaya
  • Durian memiliki kandungan mangaan yang dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil
  • Durian mengandung senyawa tembaga yang dapat menjaga kesehatan kelenjar tiroid
  • Durian dapat membantu mengatasi migraine dengan kandungan senyawa riboflavin dan vitamin B2 di dalamnya
  • Makan durian juga dapat menjaga nafsu makan karena memiliki kandungan thiamin serta vitamin B1
  • Durian juga dapat membantu meredakan stress serta depresi dengan kandungan piridoksin dan vitamin B6
  • Zat phosphor dalam durian juga membantu untuk menjaga kesehatan gigi serta mulut

Melihat beberapa manfaat makan buah durian untuk kesehatan seperti di atas, maka bolehkah radang tenggorokan makan durian? Berbahaya atau tidak? Sebetulnya tergantung dengan sedikit banyaknya buah durian yang dikonsumsi.

Dilansir dari sebuah thread di kaskus yang menjelaskan tentang buah durian dan manfaat serta bahayanya, sebagian orang juga berpendapat tentang bahaya durian untuk sakit radang tenggorokan.

Beberapa pasien merasa bahwa makan durian ini bisa bersifat memicu panas dalam, sehingga kurang baik jika dimakan ketika sedang sakit radang tenggorokan. Ternyata buah pereda radang tenggorokan bukan buah durian, juga masuk ke dalam daftar buah yang sebaiknya dihindari saat radang tenggorokan.

Jika dibandingkan antara manfaat dan bahaya dari buah durian, tentunya tergantung pada cara Anda mengkonsumsinya. Makan durian secukupnya, maka kesehatan lebih terjaga, terutama khusus para wanita yang sedang hamil.

Selain buah durian, ternyata masih ada beberapa jenis makanan lainya yang juga harus dihindari selama sakit radang tenggorokan. Apa saja jenis makanan tersebut, berikut ulasanya:

  • Gorengan

Beraneka jenis gorengan yang ada di menu makan kita sehari-hari. Mulai dari ayam goreng hingga tempe, tahu dan kentang goreng. Rasa makanan ini memang sangat lezat dan mudah dibuat, mudah ditemukan. Namun, untuk kesehatan radang tenggorokan Anda, sebaiknya dihindari.

  • Kopi

Minuman ini sering dianggap menjadi penyelamat untuk kondisi tenggorokan yang meradang. Padahal sebaliknya, kopi hangat atau panas dapat membuat rasa nyeri di tenggorokan hilang untuk sementara saja. Setelah itu, tenggorokan akan terasa sakit bahkan gatal.

  • Makanan Pedas

Makanan makanan penyebab radang tenggorokan , termasuk makanan pedas, juga salah satu makanan yang sebaiknya dihindari ketika sakit radang tenggorokan. Makanan pedas dapat lebih memperparah rasa sakit di area tenggorokan, terutama ketika sedang menelan makanan.

  • Produk Susu

Pagi hari memang cocok minum susu hangat atau panas, namun berbeda rasanya ketika sedang sakit radang tenggorokan. Susu dan olahan susu lainya dapat meningkatkan produksi lendir dalam tubuh, sehingga memicu rasa gatal di tenggorokan.

  • Makanan Asam

Beberapa jenis makanan yang rasanya asam, seperti acar misalnya. Selain itu, buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti buah jeruk, juga sebaiknya dihindari ketika mengalami radang tenggorokan. 

Beberapa makanan dengan kandungan vinegar dan cuka juga harus dihindari, agar radang tenggorokan tidak semakin parah.

  • Alkohol

Anda yang mungkin suka meminum alcohol seperti jenis brandy dan rum memang dapat membantu menghangatkan tubuh, terutama ketika sedang musim hujan. Namun, jika Anda sedang mengalami radang tenggorokan, sebaiknya minuman alcohol harus dihindari.

Bolehkah radang tenggorokan makan durian, yang ternyata memang cukup berbahaya karena dapat memicu radang tenggorokan yang semakin parah. Maka dari itu, ada baiknya mengkonsumsi beberapa makanan yang memang boleh dimakan saat radang tenggorokan. Apa saja itu, berikut ulasanya:

  • Sup Ayam

Sup ayam yang dimakan dengan kondisi hangat, ternyata memiliki sifat anti inflamasi dan dapat membantu bersihkan saluran napas untuk mengurangi sakit tenggorokan.

  • Lemon dan Madu

Konsumsi buah yang rasanya masam memang sebaiknya dihindari oleh penderita radang tenggorokan, namun khusus untuk buah lemon yang dicampurkan dengan madu, ternyata dapat membantu redakan sakit tenggorokan. Madu juga memiliki kandungan antimikroba yang bantu sembuhkan sakit tenggorokan.

  • Telur

Kita semua sudah tahu, bahwa telur ini memiliki kandungan sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, ternyata telur juga dapat menjadi cara mengobati radang tenggorokan dengan jeruk nipis dan bantu menangani sakit tenggorokan yang meradang.

  • Jahe

Cobalah Anda untuk membuat ramuan obat alami untuk sakit tenggorokan dengan menggunakan jahe. Jahe juga dapat dicampur dalam teh hingga susu bubuk. Sifat inflamasi pada jahe juga dapat membantu meringankan sakit tenggorokan serta mengurangi bengkak karena sakit.

Cara Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan

Sakit radang tenggorokan memang bisa dialami siapa saja, bukan hanya karena mengkonsumsi durian. Agar kondisi tenggorokan menjadi nyaman kembali, perlu melakukan beberapa cara ampuh untuk mengobati radang tenggorokan, seperti berikut:

  • Minum Teh lemon dan Madu

Saat radang tenggorokan, coba untuk minum ramuan teh lemon juga beberapa sendok madu. Buah lemon dapat membantu memecah lendir serta jika menggunakan air panas, akan membantu melemaskan otot tenggorokan.

  • Berkumur dengan Air Garam

Saat radang tenggorokan, kita juga bisa mengobatinya secara alami dengan berkumur menggunakan air garam yang dilarutkan dalam air hangat. Bakteri penyebab sakit radang tenggorokan akan hilang dengan minum larutan air garam secara teratur.

  • Minum Susu Kunyit

Anda tidak suka mengkonsumsi larutan garam dengan rasanya yang asin, maka bisa mencoba minum susu hangat yang ditambahkan dengan kunyit bubuk. Ini merupakan obat tradisional untuk bantu melawan infeksi dan penyakit penyebab radang tenggorokan.

  • Minum Air Mineral

Infeksi penyebab radang tenggorokan juga dapat diatasi dengan rajin minum air mineral ketika sakit radang tenggorokan. Cairan air mineral ini dapat menjaga agar selaput lendir selalu lembab dan iritasi tidak akan bertambah parah.

  • Bawang Putih Mentah

Bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat yang ampuh untuk atasi radang tenggorokan. Caranya, Anda hanya tinggal mengupas bawang putih, mencucinya dan mengunyah sebutir bawang putih, untuk mendapatkan khasiat tersebut.

Sakit radang tenggorokan umumnya memang dialami orang yang telah mengalami beberapa keluhan penyakit seperti flu hingga batuk sebelumnya.

Agar segera sembuh dari radang tenggorokan, sebaiknya hindari beberapa pantangan makanan dan minuman seperti bolehkah radang tenggorokan makan durian? Berbahaya atau tidak?. Semoga cepat sembuh.

, , ,
Oleh :