Sponsors Link

11 Buah Pereda Radang Tenggorokan yang Mudah Didapatkan

Sponsors Link

Situasi cuaca yang tak menentu tiba-tiba panas, lalu sesaat kemudian dingin membuat kondisi tubuh menjadi sangat mudah terserang berbagai jenis gangguan kesehatan, salah satunya radang tenggorokan. Radang tenggorokan atau faringitis merupakan sakit pada bagian tenggorokan akibat adanya peradangan di belakang tenggorokan (dalam bahas medis sering disebut pharynx). Pada saat Anda menderita sakit ini, umumnya akan ditandai dengan gejala-gejala seperti berikut :

ads
  • Tenggorokan terasa sakit atau panas, alhasil kesulitan untuk makan.
  • Sakit tenggorokan merupakan gejala umum dari macam-macam penyakit atau bisa saja akibat dari penyakit lainnya misalnya, batuk disertai demam tinggi, flu, dan mononucleosis atau juga disebut demam kelenjar.
  • Adanya pembengkakan pada bagian kelenjat getah bening di leher.
  • Munculnya ruam kulit.
  • Badan terasa nyeri, khususnya di bagian sendi dan otot.
  • Terserang sakit kepala, namun ringan.
  • Selera makan menjadi turun.

Buah Pereda Radang Tenggorokan

Mungkin tidak sedikit dari kita sudah pernah menggalami masalah kesehatan satu ini, pasti sepakat jika terserang penyakit dalam bahasa medis disebut faringitis ini akan mengalami keadaan tidak nyaman ketika hendak makan, sebab untuk menelan saja sudah terasa amat sakit. Cara menghilangkan sakit tenggorokan saat menelan. Baca juga cara mengatasi sakit tenggorokan karena flu.

Maka itu, kita dituntut untuk pandai-pandai dalam memilah makanan supaya radang tidak semakin parah, sebab tubuh tetep butuh asupan nutrisi agar radang tenggorokan dapat segera reda dan tubuh kembali prima. Untuk itu, akan dibahas cara alami meredakan radang tenggorokan melalui makanan, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan.

Tak perlu khawatir, cukup baca artikel ini hingga tuntas Anda akan menemukan buah pereda radang tenggorokan yang tidak sulit ditemukan disekeliling kita, berikut  adalah buah-buahan yang dianjurkan untuk Anda makan pada saat terserang faringitis :

  1. Jeruk Nipis

Buah pereda randang tenggorokan pertam ialah jeruk nipis, pasti  Anda sudah tidak asing lagi dengan buah satu ini, jeruk nipis umum dan mudah ditemukan disekitar kita. Selain dapat digunakan sebagai pereda rasa kurang nyaman di tenggorokan jeruk nipis juga tak jarang menjadi pelengkap untuk bumbu masakan.

Jeruk nipis terkenal kaya akan kandungan vitamin C, vitamin ini mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta dapat menurunkan pembengkakan di kelenjar tenggorokan, dan dapat membuat tenggorokan menjadi lebih lega, alhasil faringitis pun dapat disingkirkan. Untuk menjadikan buah satu ini sebagai pereda faringitis, caranya sangat mudah yaitu cukup mencampurkan air perasan jeruk nisip dengan satu sendok makan madu murni, aduk secara merata kemudian minum.

  1. Lemon

Buah pereda randang tenggorokan selanjutnya adalah lemon, buah ini juga terbilang manjur dalam meredakan faringitis. Seperti halnya jeruk nipis, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam menggunakan lemok sebagai penangkal radang tenggorokan, Anda hanya perlu menikmati buah ini dengan mencampurkan satu sendok teh perasan lemon bersama secangkir air hangat. Secangkir air lemon hangat cukup cepat melegakan jaringan tenggorokan yang terasa sakit serta mampu menangkal virus dan bakteri.

  1. Nanas

Tak berbeda dengan jeruk nipis dan lemon, nanas juga memiliki kandungan vitamin C yang terbilang tinggi. Selain itu, nanas juga dikenal kaya akan kandungan enzim bromelain. Senyawa tersebut memiliki sifat anti peradangan (anti inflamasi) ampuh dalam meredakan iritasi di tenggorokan akibat radang. Untuk dapat menikmati manfaat nanas, konsumsi dengan cara menjadikannya sebagai jus. Setelah minum jus nanas, langkah berikutnya yaitu perbanyak istirahat.

Sponsors Link

  1. Buah Pisang

Buah pereda randang tenggorokan satu ini memiliki tekstur yang tidak begitu keras dan bisa dibilang cukup lembut, alhasil cukup mudah untuk ditelan kendati tenggorokan sedang dalam kondisi terkena radang. Pisang memiliki kandungan kalium, senyawa ini dapat berfungsi sebagai obat alami untuk radang tenggorokan.

  1. Buah Belimbing

Belimbing dapat menjadi salah satu alternatif buah pereda radang tenggorokan. Memiliki bentuk menyerupai bintang, buah ini juga dikenal kaya akan vitamin C serta antioksidan yang berguna dalam menredakan faringitis dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain kaya akan vitamin C dan memiliki sifat atiokdisan, belimbing juga mempunyai sifat anti peradangan alias anti-inflamasi serta antimikroba. Di Tiongkok, buah ini juga sudah terkenal sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi raadang tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mengonsumsi langsung atau memilih untuk menjadikannya sebagai jus.

  1. Buah Kiwi
ads

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, selain itu buah ini juga mempunyai kandungan hormon serotonin. Hormon tersebut mempunyai efek salah satunya yaitu dapat membuat tidur lebih nyenyak bagi orang yang mengkonsumi buah asal Tingokok ini. Nah, saat kita dapat beristirhat dengan cukup, maka semakin cepat kita akan pulih.

Selain buah Pereda radang tenggorokan diatas, terdapat juga makanan dan minuman lain yang mampu mengatasi masalah faringitis. Tentunya sangat familiar serta tak sulit untuk didapatkan, berikut diantaranya :

  1. Air Putih

Air putih sangat baik untuk meredakan rasa kurang nyaman ketika terserang radang tenggorokan, minum air yang cukup saat terserang faringitis merupakan langkah mudah tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Air berfungsi untuk menjaga klembaban serta kebersihan tenggorokan kita, selain itu selama terkena radang kebutuhan akan cairan pada tubuh harus tetap tercukupi agar tehindar dari dehidrasi.  Minum air putih yang banyak atau cukup merupakan salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat paling mudah.

  1. Kunyit dan Jahe

Jenis tanaman herbal yang memiliki banyak fungsi ini mempunyai sifat alami berupa anti-inflamasi alias anti pembengkakan. Selain itu kunyit dan jahe memliki sifat antibakteri yang mampu menangkal penyebab influenza atau  gejala mirip flu, salah satunya yaitu sakit tenggorokan. Untuk memanfaatkan kunyit dan jahe Anda cukup mengolahnya menjadi minuman hangat atau juga bisa mencampurkan keduanya sebagai bahan membuat teh panas.

  1. Akar Manis dan Akar Marshmallow

Akar manis dan akar marshmallow diyakini dapat meredakan serta mengobati radang tenggorokan, akar marshmallow mengandung zat lendir yang mampu meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Gunakan akar marshmallow dengan air mendidih atau air panas lalu minum. Sementara untuk akar manis atau bisa disebut juga akar licorice Anda bisa menyeduhnya menggunakan air hangat dan selanjutnya menggunakannya untuk berkumur dengan air.

  1. Wortel Rebus

Wortel penuh akan nutrisi, misalnya vitamin C, vitamin A, vitamin K, serta dan juga potasium. Dengan kandungan nutrisi yang ada pada wortel, sayuran ini dapat berguna sebagai obat untuk radang tenggorokan. Akan tetapi, perlu berhati-hati dalam memanfaatkan wortel sebagai obat, sebab sayuran ini mempunyai karakter yang keras pada waktu masih mentah. Untuk dapat memanfaatkan wortel, dianjurkan untuk mengukus atau merebus terlebih dahulu sebelum memakannya.

  1. Sup Ayam

Nutrisi yang terkandung dalam sup ayam dapat mengurangi peradangan dan bisa membantu meredakan gejala sakit tenggorokan.

  1. Memasak Sayuran dengan Baik

Nilai gizi yang baik didalam sayuran misalnya kubis, kentang, dan wortel bisa membantu mempercepat proses penyembuhan randang tenggorokan.

  1. Teh Madu

Madu berfungsi untuk melapisi tenggorokan, selain itu cairan yang terkenal lezat ini dapat mencegah adanya iritasi. Madu memiliki kandungan berupa antioksidan yang tinggi, memiliki sifat antiviral, antibakteri dan juga efek anti-inflamasi. Maka itu, teh madu dapat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menyembuhkan tenggorokan gatal.

  1. Garam, Bubuk Soda Kue dan Sari Cuka Apel

Penggunaan air garam, bubuk soda kue atau baking powder, dan sari cuka apel dengan cara berkumur mempunyi manfaat yang tidak sedikit. Selain berguna untuk meredakan gejala sakit tenggorokan, berkumur menggunakan larutan tadi bisa membunuh bakteri, mengurangi iritasi dan juga bengkak pada tenggorokan, serta menjaga tenggorokan menjadi tetap bersih. Dianjurkan untuk melakukan cara ini setiap tiga jam sekali dalam sehari, atau sesuai kebutuhan Anda.

Sponsors Link

  1. Telur

Telur mempunyai kandungan protein yang tinggi, protein berfungsi untuk membantu mengatasi peradangan dan juga rasa sakit di tenggorokan. Dianjurkan untuk mengolah menjadi telur dadar, dan tidak disarankan menambahkan bumbu apapun kedalamnya. Untuk memperoleh khasiat telur sebagai obat sakit tenggorokan sebaiknya hanya memanfaatkan putih telurnya saja.

  1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakterial, antivirus, dan juga fungisida. Kandungan tanaman bernama lain Allium Sativum ini sangat bagus digunakan sebagai obat mengatasi gejala sakit tenggorokan. Bagi Anda yang ingin menggunakan bawang putih sebagai salah satu makanan untuk menyembuhkan faringitis tidak perlu kebingunan mengolahnya, ckup dengan menguyah atau menghirup aromanya selama kurang lebih 5 menit.

Apabila ingin terhindar dari rasa pahit yang menyegat saat mengunyah, disarankan untuk mencampurkan bawang putih dengan minyak zaitun atau madu. Selain itu, jika tidak kuat akan rasa pahitnya, Anda bisa mencampurkan bawang putih sebagai campuran jus sayuran. Segera makan bawang putih setelah dijus, sebab saat mentah merupakan kondisi dimana bawang putih mempunyai efek yang paling efektif untuk meredakan faringitis.

  1. Teh Chamomile, dan Teh Fenugreek

Zat antioksidan, astrigen, dan anti-inflamasi alias anti peradangan yang terkandung dalam teh chamomile sangat bagus sebagi salah satu obat meredakan gejala sakit tenggorokan dan juga flu. Kandungan dalam teh ini bisa merangsang sistem kekebalan tubuh serta dapat melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan. Bukan hanya teh chamomile, teh fenugreek, serta minuman teh hangat atau panas lainnya juga dapat diminum untuk meredakan dan memberikan rasa lega di tenggorokan yang sedang terjangkit radang.

Sudah dijelaskan diatas mengenai makanan dan buah pereda radang tenggorokan. Semoga dapat membantu serta menambah wawasan Anda. Setelah mengetahui makanan dan buah pereda radang tenggorokan ketahui juga penyebab sinusitis dan buah penyembuh sinusitis.

, , ,