Sponsors Link

15 Jenis Buah Yang Baik Untuk Anak Batuk Pilek Paling Berkhasiat

Sponsors Link

Penyakit flu membutuhkan asupan makanan bergizi yang kaya vitamin, termasuk konsumsi buah yang baik untuk anak batuk pilek. Ada berbagai macam buah yang mengandung vitamin dan mineral yang sangat cocok dikonsumsi terutama untuk membantu proses pemulihan yang lebih efektif dan cepat saat anak-anak menderita penyakit virus yang menyebabkan flu batuk pilek. Berbagai macam gizi sangat diperlukan pada menu makanan sehari-hari jika sedang sakit. Karena itu sebaiknya selalu berikan berbagai macam buah-buahan pada anak yang diolah dengan berbagai macam cara juga, supaya anak tidak merasa bosan setiap harinya.

ads

Ada berbagai macam buah yang memiliki manfaat maksimal dalam membantu menyembuhkan batuk pilek. Terutama karena Indonesia adalah negara tropis yang kaya akan berbagai macam buah-buahan. Tentunya hal ini menguntungkan untuk dapat mengubah menu buah-buahan untuk anak sehari-hari. Namun demikian tetap saja ada beberapa orang yang sangat awam akan informasi tersebut. Sebagian orang memilih memberikan multivitamin pada anaknya supaya dapat segera sembuh dari penyakit flu batuk pilek yang diderita. Sementara konsumsi gizi dan nutrisi kurang diperhatikan dengan seksama. Oleh sebab itu, untuk memberikan informasi mengenai buah apa saja yang baik bagi penderita flu, berikut ini beberapa jenis buah yang baik untuk anak batuk pilek.

1. Jeruk

Buah-buahan yang paling cocok bagi penderita batuk pilek disertai bintik merah yaitu buah yang kaya akan vitamin C dosis tinggi. Karena itu salah satu buah yang paling berkhasiat yaitu buah jeruk. Dengan kandungan vitamin C dalam buah ini yang cukup tinggi dapat membantu anak segera pulih dari kondisi batuk maupun pilek yang berkepanjangan.

Selain itu buah jeruk juga sangat segar dan digemari kebanyakan anak. Sehingga tidak ada anak yang tidak suka jika ditawari buah jeruk. Hanya saja pastikan memilih jeruk yang manis dan tidak asam. Supaya tidak melukai lambung anak saat mengkonsumsi buah ini setiap hari. Contohnya pilih saja jeruk baby java yang dapat diperas sarinya, tidak masam dan aman dikonsumsi untuk bayi sekalipun. Dengan demikian manfaat vitamin C buah dapat diberikan dengan maksimal.

2. Jambu Merah

Selanjutnya buah yang sangat baik untuk memulihkan kondisi tubuh dari penyakit yaitu buah jambu merah. Buah ini juga memiliki sumber vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga dapat membantu proses pemulihan tubuh dari penyakit lebih cepat.

Selain itu dengan konsumsi buah jambu merah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang lebih maksimal. Hal inilah yang membuah buah jambu biji sangat cocok jika diberikan pada pasien penderita demam influenza termasuk pasien demam berdarah. Khasiatnya telah terbukti dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit flu seperti batuk pilek yang biasa menyerang anak-anak di musim hujan.

3. Pisang

Buah berikutnya yang juga baik untuk diberikan pada anak yaitu buah pisang. Buah ini mengandung manfaat vitamin D dan kalsium yang berguna menjaga sistem pernafasan dan paru-paru supaya bekerja tetap optimal. Sehingga jika mengkonsumsi buah pisang maka paru-paru akan lebih cepat pulih dan tidak beresiko mengeluarkan warna dahak yang berbahaya yang parah.

Selain membantu kesembuhan, buah pisang juga baik sebagai sumber energi. Sedangkan anak batuk pilek terutama yang kurang tidur akibat batuk di malam hari, sangat butuh bantuan energi bagi aktivitasnya sehari-hari. Karena itu sebutir pisang di pagi hari setelah sarapan akan membantu memberikan energi cadangan tambahan pada saat anak sedang sakit.

4. Strawberry

Sponsors Link

Anak-anak pasti sangat suka buah strawberry. Selin rasanya lezat juga kaya berbagai macam vitamin termasuk vitamin C. Sehingga dengan memberikan buah strawberry akan membantu supaya kesehatan anak cepat pulih. Pastikan tidak memilih yang masih muda supaya tidak asam dan melukai lambung. Sebaiknya olah buah ini menjadi jus atau selai yang alami dan digemari anak-anak. Dengan demikian maka dapat diperoleh berbagai macam variasi dari buah strawberry ini. Yang paling penting yaitu manfaatnya dalam meredakan gejala batuk pilek.

5. Sirsak

Salah satu buah yang baik untuk anak batuk pilek termasuk buah sirsak. Buah ini agak masam namun banyak diketahui sebagai sumber vitamin C dosis tinggi. Sehingga tidak heran jika banyak yang senang mengkonsumsi buah ini. Dengan memberikan menu buah sirsak, maka imunitas dan daya tahan tubuh juga dapat dibantu lebih tinggi. Sehingga anak selain cepat sembuh juga tidak mudah terserang penyakit kembali.

6. Apel

Buah apel tidak hanya mengandung berbagai macam vitamin. Buah ini juga mengandung banyak serat yang dapat membantu proses metabolisme tubuh anak. Terutama jika sedang sakit umumnya pengaruh obat-obatan dapat membuat proses pencernaan anak terganggu dan mengalami konstipasi. Dengan konsumsi buah apel dapat membantu supaya pencernaan tetap lancar dan tetap sehat.

7. Semangka

ads

Jika anak batuk pilek jangan lupa untuk memasukkan buah semangka ke dalam menu makan anak. Batuk pilek butuh banyak asupan cairan yang berguna mengusir virus dari dalam tubuh. Karena itu buah yang cocok diberikan yaitu buah yang kaya vitamin C namun juga mengandung banyak air. Salah satunya yaitu dengan memberikan buah semangka yang biasanya mengandung banyak cairan. Sehingga kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dan anak tidak mengalami dehidrasi yang dapat memperparah kondisi batuk karena amandel maupun pilek.

8. Mangga

Buah yang kaya serat dan vitamin C termasuk buah mangga. Saat ini ada berbagai macam buah mangga yang dijual di pasaran. Yang paling lezat yaitu mengolah buah ini menjadi jus yang dapat diminum anak-anak. Atau membuat puding mangga yang sedang banyak disukai oleh anak kecil. Karena itu tidak perlu ragu menyajikan buah mangga sebagai buah yang dapat membantu mempercepat kesembuhan penyakit batuk pilek pada anak-anak.

9. Lohan

Buah yang paling baik untuk menyembuhkan batuk pilek dan gangguan flu lainnya yaitu buah lohan. Tentunya buah ini tidak dapat diperoleh dengan mudah di pasaran. Namun jangan kuatir, saat ini sudah banyak sari buah lohan yang dapat diberikan untuk obat batuk maupun pilek. Buah ini dipercaya sejak lama sangat berkhasiat dalam membantu memulihkan penyakit flu batuk maupun pilek yang banyak diderita anak kecil. Karena itu sebaiknya seduh buah lohan dalam air hangat dan berikan pada anak sehari 2-3 kali agar penyakit batuk dan pilek tapi tidak keluar ingus segera reda.

10. Lemon

Banyak yang mengetahui buah lemon bermanfaat untuk memasak. Namun banyak juga yang belum tahu bahwa sari lemon sangat baik diberikan pada anak yang sedang flu maupun terserang batuk berdahak. Dengan bantuan sari lemon maka dahak dapat segera mereda dan batuk dapat segera dipulihkan. Sebaiknya berikan sedikit gula untuk membantu menetralkan rasa asam pada lemon. Atau dapat pula dicampur sesendok madu hutan untuk menambah imunitas anak yang sedang sakit.

11. Tomat

Buah lain yang kaya akan vitamin C untuk meredakan penyakit batuk ataupun pilek yaitu buah tomat. Jenis buah ini sangat mudah didapatkan di pasaran. Buah tomat dapat dioleh menjadi sayur, dimakan langsung ataupun dijadikan juice. Apapun caranya anak kecil biasanya menyukai buah tomat karena rasanya yang sangat manis dan segar. Selain manfaat di atas, buah tomat juga membantu memperjelas penglihatan anak karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi pula.

12. Jeruk Nipis

Buah lain yang baik diberikan pada anak yang sedang batuk kering ataupun pilek yaitu sari jeruk nipis. Berikan segelas sari jeruk nipis hangat yang dicampur dengan madu supaya rasanya lebih manis dan lezat. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi akan membantu melenyapkan batuk berdahak hanya malam hari dalam waktu singkat. Sehingga buah ini cocok dijadikan pilihan pengobatan jika sedang sakit batuk.

13. Pepaya

Jika anak batuk atau pilek dapat juga diberikan buah pepaya. Buah ini cukup segar dan dingin rasanya di perut. Sehingga baik untuk membantu memulihkan penyakit batuk pilek bahkan membantu sistem pencernaan anak yang umumnya terganggu selama sakit. Karena itu berikan anak potongan pepaya sesudah makan siang supaya membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sponsors Link

14. Alpukat

Selain itu buah alpukat juga bermanfaat membantu kesembuhan penyakit batuk pilek. Dengan kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini, maka batuk kering disertai muntah maupun batuk berdahak dapat segera pulih. Kebanyakan anak suka sekali makan alpukat mentega. Selain rasanya gurih juga mengenyangkan. Sehingga tepat diberikan jika anak sedang malas makan karena batuk pilek.

15. Nanas

Berikutnya buah yang kaya vitamin C dosis tinggi yaitu buah nanas. Akan tetapi biasanya buah nanas dapat membuat pencernaan bermasalah. Karena itu pastikan memilih buah nanas yang benar-benar masak agar terasa manis. Atau sebaiknya dioleh menjadi puding atau dicampur dengan berbagai macam buah yang lainnya dalam sop buah.

Itulah tadi beberapa macam buah yang baik untuk anak batuk pilek. Sebaiknya jika anak menunjukkan gejala flu segera perbanyak konsumsi buah-buahan yang telah disebutkan di atas. Hal ini dapat membantu supaya penyakit yang diderita oleh anak dapat segera sembuh dan cepat pulih dengan maksimal. Sehingga aktivitas anak sehari-hari tidak mengalami gangguan yang dapat membuat aktifitasnya terhenti. Apalagi biasanya batuk pilek sangat mengganggu saat tidur malam. Sehingga kualitas waktu tidur anak dapat berkurang drastis. Dengan konsumsi buah, selain mempercepat pemulihan juga menjaga agar anak tidak mudah terserang penyakit batuk pilek lagi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman