Sponsors Link

11 Buah yang Boleh Dimakan Saat Batuk dan Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Batuk seringkali dialami sebagian besar orang yang juga disertai flu. Saat dalam kondisi seperti itu, selain minum obat batuk, kita juga harus mengetahui tentang pantangan makanan khusus saat batuk, seperti buah yang boleh dimakan saat batuk. Ketika seseorang mengalami batuk, agar tidak menjadi lebih parah, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari. Sementara itu, mengkonsumsi obat batuk khusus, dapat menjadi cara pencegahan pertusis serta mempercepat proses penyembuhan batuk itu sendiri.

ads

Ketika batuk, beberapa jenis minuman yang dingin atau makanan yang terlalu berminyak memang kurang disarankan untuk dikonsumsi. Ada baiknya, saat batuk kita mengkonsumsi beberapa makanan yang sehat dan banyak mengandung vitamin. Makanan yang seperti ini biasanya berjenis buah –buahan atau sayuran. Apa saja buah yang boleh dimakan saat batuk? dan bagaimana cara mengobati batuk dengan gula batu yang aman dan dapat membantu meredakan batuk secara alami.

Buah yang Boleh Dimakan Saat Batuk

Ini kabar baik bagi para pecinta buah-buahan yang ternyata sedang mengalami batuk, baik batuk kering atau batuk berdahak yang disertai flu. Mengkonsumsi buah-buahan sebenarnya dapat mempercepat proses penyembuhan, karena berbagai kandungan vitamin penting di dalamnya yang dapat menaikan sistem imunitas di tubuh kita. Dilansir dari sunpride.co.id, berikut ini beberapa buah-buahan yang boleh dimakan saat batuk:

  • Jeruk Lemon

Jeruk lemon sudah tidak asing lagi dan dikenal sebagai obat alami untuk atasi batuk yang dialami. Jeruk lemon rupanya juga memiliki khasiat untuk mengatasi gejala flu, sakit kepala, hingga hidung tersumbat. Jeruk lemon bersifat diuretic yang bekerja untuk meningkatkan system pembuangan racun dalam tubuh. Minum jeruk lemon juga dapat mengurangi infeksi yang terjadi di are tenggorokan penyebab batuk yang parah.

  • Jeruk

Berbeda dengan jeruk lemon yang berwarna kulit kuning, jeruk dengan warna kulit orange ini pastinya banyak disukai berbagai kalangan. Buah jeruk seperti ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sekitar 54 mg hingga 100 gram dari setiap penyajianya. Vitamin C pada buah jeruk adalah sumber antioksidan yang bekerja untuk melawan infeksi dan radikal bebas di dalam darah kita. Vitamin C nya juga bersifat menghilangkan iritasi dan bakteri jahat penyebab batuk di area tenggorokan.

  • Nanas

Buah nanas saat ini cukup digemari, terlebih sejak munculnya nanas madu yang diklaim sebagai nanas berukuran kecil dan memiliki rasa yang manis. Diluar itu, buah nanas juga ternyata bermanfaat untuk sembuhkan batuk. Dalam buah nanas ini mengandung suatu enzim yang disebut bromelain, yang dapat bekerja untuk mengurangi lendir di area tenggorokan. Selain itu, jika ada bengkak atau iritasi di saluran pernafasan dapat teratasi.

  • Kiwi

Buah kiwi mungkin tidak cukup terjangkau harganya, namun manfaatnya ternyata cukup besar untuk meredakan batuk yang sedang dialami. Buah kiwi juga memiliki kandungan vitamin C yang bantu tingkatkan system imunitas tubuh kita. Dengan makan buah kiwi saat batuk, maka dapat melindungi kita dari resiko tertular penyakit, seperti flu. Buah kiwi juga memiliki kandungan actinidain, yang dapat membantu hilangkan mual ketika sedang batuk. Kandungan vitamin C pada kiwi ini juga dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab batuk.

  • Alpukat

Buah berwarna hijau ini ternyata memiliki kandungan vitamin dan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan. Dalam hal ini, mengkonsumsi buah alpukat secara teratur dapat membantu menghindarkan kita dari berbagai penyakit, termasuk batuk dan flu. Bisa juga menggunakan cara mengatasi batuk dengan daun sirih  yang alami.

  • Pepaya

Tahukah Anda bahwa buah papaya memiliki kandungan vitamin B9 serta folat yang baik untuk memaksimalkan kesehatan tubuh. Pepaya juga dapat membantu kita meningkatkan system imun dan mempercepat proses penyembuhan saat sakit.

Sponsors Link

  • Mangga

Buah yang menjadi favorit banyak orang ini, juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mendorong system ketahanan tubuh dan dapat membantu melindungi kerusakan sel dalam tubuh.

  • Pisang

Buah pisang juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin B6 dan dapat membantu menyembuhkan flu serta batuk. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah pisang dengan cara dihaluskan dengan sendok kayu atau garpu. Lalu masukan pisang ke dalam panic dan tambahkan air mendidih. Biarkan selama setengah jam dan tambahkan madu.

  • Jambu Biji

Buah jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C juga kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh kita yang sedang mengalami batuk dan flu. Kandungan tersebut terbukti ampuh untuk mencegah infeksi dan virus penyebab batuk.

  • Apel

Siapa yang tidak suka buah apel? Buah apel ini ternyata efektif juga untuk menghilangkan batuk, terutama batuk berdahak dengan lebih cepat. Siapkan satu buah apel, lalu potong menjadi empat dan kukus selama 20 menit. Konsumsi apel tiga kali sehari hingga batuk mereda. Coba juga gerakan yoga untuk menghilangkan batuk saat waktu luang Anda.

ads
  • Anggur

Buah anggur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari kulit, biji hingga buahnya. Khusus untuk batuk, buah anggur yang dikeringkan dan menjadi kismis, dapat dikonsumsi untuk membantu meredakan batuk.

Beberapa buah-buahan di atas terbukti memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan menghindarkan kita dari bakteri serta virus penyebab batuk. Maka dari itu, buah yang boleh dikonsumsi saat batuk sebaiknya memang buah yang memiliki kandungan vitamin dan zat penting yang alami.

Pantangan Saat Batuk

Setelah mengkonsumsi buah-buahan saat batuk, Anda juga sebaiknya mengetahui tentang apa saja yang menjadi pantangan batuk, agar batuk tidak kambuh lagi. Berikut ini adalah beberapa pantangan yang harus dihindari saat batuk:

  • Makan banyak di Malam Hari

Ketika hendak tidur, sebaiknya Anda jangan makan secara berlebihan, terlebih saat sedang batuk. Hal tersebut bisa menjadi pemicu batuk yang diakibatkan karena GERD atau asam lambung.

  • Minuman dan Makanan Dingin

bolehkah vaksin batuk rejan untuk batuk dan pilek yang dialami, ternyata boleh, karena dapat dipicu oleh makanan dan minuman dingin yang dikonsumsi. Maka dari itu, sebelum batuk Anda sembuh, sebaiknya hindari makanan dan minuman dingin.

  • Merokok

Punya kebiasaan merokok? Jika Anda sudah mulai mengalami batuk-batuk, sebaiknya hindari kegiatan merokok tersebut. Tidak hanya memicu batuk, merokok juga dapat menyebabkan kanker.

  • Makanan Gorengan

Gorengan memang cemilan favorit hampir setiap orang, namun jika sedang batuk, sebaiknya jangan dulu makan gorengan. Senyawa akrolein dalam minyak gorengan dapat membuat tenggorokan gatal dan memicu batuk.

  • Tidur Telentang

Posisi tidur telentang juga kurang baik saat batuk. Hal ini akan memicu batuk, terutama saat malam hari. Sebaiknya tidur dengan posisi miring, agar tidak terserang batuk saat malam hari.

  • Minuman Kafein

Minuman kafein seperti kopi atau sebagian teh, memiliki asam yang dapat memicu tenggorokan menjadi gatal dan memicu batuk.

  • Aktifitas Berlebih

Aktifitas berlebih seperti kerja keras hingga lembur, sebaiknya dihindari ketika Anda sedang mengalami batuk. Ketika batuk, Anda harus lebih banyak berisitirahat, karena kondisi system imun sedang menurun.

 Penanganan Batuk di Rumah

Batuk memang cukup mengganggu aktifitas kita sehari-hari, terlebih jika batuk yang dialami menjadi parah dalam waktu yang cukup lama. Untuk itu, selain pengobatan untuk batuk, penanganan batuk yang sederhana juga bisa Anda lakukan di rumah. Berikut ulasanya:

Sponsors Link

  • Mandi Air Hangat

Saat batuk, mandi air hangat bisa menjadi solusi penanganan yang sederhana di rumah. Air hangat memiliki uap air yang dapat membantu Anda melonggarkan pernafasan, jika batuk yang dialami karena alergi atau flu.

  • Minum Teh Madu Hangat

Secara ilmiah, telah terbukti bahwa cara alami dan mudah dilakukan dirumah untuk atasi batuk adalah dengan minum teh hangat yang sudah dicampur dengan madu. Coba juga dengan manfaat semangka untuk batuk berdahak  yang aman dikonsumsi ketika batuk.

  • Hindari Pewangi Ruangan

Sebagian batuk yang dialami orang juga terjadi karena adanya pemicu batuk itu sendiri seperti parfum atau pewangi di rumah. Aroma parfum ini ternyata dapat memicu produksi lendir berlebih dan dapat menyebabkan batuk kronis.

  • Harus Tetap Terhidrasi

Ketika flu, biasanya kita juga akan mengalami pilek sehingga muncul banyak cairan yang akan masuk ke tenggorokan bagian belakang. Hal tersebut dapat memicu batuk, maka pastikan Anda selalu terhidrasi dengan rajin minum air putih secukupnya.

Batuk yang dialami sebagain besar orang memang menimbulkan gejala penyakit yang berbeda-beda. Sebagian orang dapat sembuh dari batuk dengan sendirinya. Namun, sebagian lagi terkadang membutuhkan pengobatan batuk terlebih dulu agar cepat sembuh. Dengan mengkonsumsi buah yang boleh dimakan saat batuk dan rajin mengkonsumsi obat batuk alami, batuk yang dialami akan lebih cepat sembuh.

, , ,




Oleh :