Sponsors Link

Cairan Sinusitis Keluar: Bahaya, Gejala Hingga Pengobatan

Sponsors Link

Sinusitis adalah penyakit peradangan pada rongga hidung yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Rongga pernapasan Anda akan tersumbat oleh lendir hingga Anda merasa sulit untuk bernapas. Ini juga yang membuat penderita sinusitis merasa sakit kepala bahkan ketika menunduk.

ads

Lendir ini biasanya berwarna hijau dan sedikit kental, terletak di rongga hidung atau di sekitar hidung. Ketika berada disekitar hidung, sekitar wajah pun akan merasa sakit ketika ditekan. Lalu apa yang terjadi ketika cairan sinusitis keluar dari hidung? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Gejala Ketika Cairan Sinusitis Keluar

Cairan sinusitis keluar akan membuat penderitanya mulai merasakan beberapa gejala yang akan menganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan ketika malam tiba, gejala tersebut bisa saja semakin parah dan akan membuat Anda tidak nyaman. Berikut beberapa gejala ketika cairan sinusitis keluar yang perlu Anda perhatikan:

Sponsors Link

  1. Hidung tersumbat – ini merupakan gejala paling umum, karena cairan tersebut akan menyumbat saluran pernapasan Anda dan membuat anda kesulitan bernapas.
  2. Terasa nyeri pada bagian tertentu – rasa nyeri ini dipicu ketika terjadi tekanan pada area tersebut.
  3. Bau mulut tidak sedap – karena ketika cara menghilangkan lendir di tenggorokan tersebut menyumbat saluran pernapasan Anda, ini pula akan berkaitan pada rongga mulut karena daerah sinus yang dekat. Sehingga lendir tersebut dapat menyebabkan bau tidak sedap ketika Anda berbicara.
  4. Iritasi tenggorokan hingga batuk – ini dikarenakan ketika cairan tersebut mengalir ke bawah ke bagian belakang tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan bila terjadi pada waktu yang lama. Selain itu, juga dapat memicu cara mengobati batuk dengan lemon ketika Anda sedang berbaring.
  5. Suara serak – lendir postnasal drip dapat mengiritasi dan meradangkan tenggorokan ketika lendir tersebut terus menerus mengalir. Ini yang menyebabkan ketika Anda mengeluarkan cara mengembalikan suara yang hilang karena batuk akan terdengar serak karena tenggorokan yang telah teriritasi.

Bahaya Yang Akan Terjadi

Ketika cairan sinusitis keluar, tidak diobati dengan tepat – akan menyebabkan nyeri nyeri pada wajah dan kepala secara terus menerus. Itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan pernapasan Anda. Pada beberapa kasus, sinusitis ini akan menyebar ke otak dan menyebabkan meningitis atau radang pada selaput otak atau abses otak. Anda akan merasa kesulitan untuk berkativitas atau bisa saja dokter akan menyarankan untuk dirawat inap.

Selain itu, beberapa bahaya lainnya yang akan Anda rasakan ketika tidak segera mengobatinya.

  • Terjadinya infeksi dari bagian wajah hingga tulang disekitar wajah, ini juga akan menyebabkan osteomielitis.
  • Anda juga akan menderita pilek alergi seperti pilek yang muncul setiap pagi, atau menemukan cairan yang seperti air.
  • Kelainan anatomi pada tulang hidung atau sinus.
  • Anda juga akan mengalami polip hidung yang berada satu tingkat diatas sinus. Ini terjadi akibat infeksi pada sinus yang tidak diobati dengan benar.
  • Penglihatan mulai terasa buram hingga demam berkepanjangan.
  • Selain itu, indra perasa bahkan penciuman Anda sedikit demi sedikit akan hilang dan mulai kesulitan untuk merasakan makanan. Ini akan terjadi ketika sinus yang Anda alami tidak segera diatasi atau tidak diatasi dengan baik.

Pengobatan yang tepat

Dengan begitu, Anda membutuhkan metode pengobatan yang tepat untuk segera menghilangkan sinusitis karena alergi yang terjadi. Agar Anda dapat kembali bernapas dengan lega, serta menghilangkan cairan yang keluar dari sinus. Karena cairan tersebut akan mengganggu sebagian bahkan keseluruhan rongga pernapasan hinga ke seluruh wajah. Pengobatan tersebut seperti dibawah ini.

  • Ketika Anda melakukan konsultasi ke dokter, dokter akan memberikan antibiotika, dekongestan, pengencer lendir, analgenetik hingga menganjurkan operasi tergantung dari penyakit yang ditimbulkan oleh sinus. Beberapa obat tersebut bekerja untuk mengurangi hingga menghilangkan sinusitis dengan cepat. Sedangkan operasi akan dilakukan ketika gejala yang Anda alami terasa semakin parah hingga menimbulkan rasa nyeri di otak atau meningitis. Pengobatan ini membutuhkan sekitar 10 hingga 14 hari untuk melihat hasilnya.
  • Anda juga dapat melakukan kompres dengan air hangat untuk meredakan nyeri disekitar wajah, atau mencuci rongga pernapasan atau hidung dengan menggunakan campuran air garam. Ini bertujuan untuk meminimalisir atau mengeluarkan cairan lendir yang menyumbat hidung.
  • Selain itu, Anda juga menghilangkan gaya hidup yang tidak sehat yang membuat sinus semakin menyebar. Seperti menjauhi lingkungan yang menimbulkan debu dua kali lebih banyak, tidak merokok, dan mulai mengonsumsi air putih yang cukup.
  • Anda perlu mengubah cara tidur dengan mengangkat kepala sedikit lebih ke atas, ini akan efektif mengurangi batuk dan memperlancar lendir untuk keluar dari hidung dan tidak lagi menempel di saluran pernapasan.
  • Mengonsumsi hot toddy, ini merupakan campuran air hangat dengan segelas kecil wiski, buah lemon dan madu segar. Ini mampu mengatasi hidung yang tersumbat, sakit pada tenggorokan dan tekanan atau nyeri pada wajah.
  • Selain hot toddy, Anda juga dapat mengonsumsi the herbal dengen peppermint yang akan membantu pernapasan Anda lebih lega, dan mengatasi lendir dari sinusitis. Atau Anda juga dapat mengonsumsi ginseng. Dengan menggunakan akar dari ginseng dapat meredakan gejala-gejala akibat sinusitis yang Anda alami.
  • Minum elderberry, eukaliptus, dan licorice. Ini akan bekerja mengatasi sinusitis, mengurangi lendir yang muncul dan mengatasi hidung yang tersumbat. Karena memiliki kandungan vitamin C yang memang bermanfaat untuk berbagai penyakit terutama pada sinusitis.
  • Dengan cara alami, Anda mungkin hanya dapat menggunakan ibu jari dan lidah. Pembersihan dengan ibu jari dan lidah menggunakan teknik acupressure selama 20-30 detik. Hanya dengan menaruh ibu jari di antara kedua alis dengan tekanan yang kuat.

Demikianlah, beberapa gejala hingga metode pengobatan yang dapat Anda terapkan ketika cairan sinusitis keluar dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Untuk penggunaan obat, tetap berada dibawah jangkauan dokter untuk menghindari efek samping yang berbahaya. Semoga artikel ini bermanfaat dan tetap jaga kesehatan tubuh Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sinus