Sponsors Link

5 Cara Mecegah Penyakit Selesma Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Selesma atau bisa disebut dengan common cold adalah sebuah jenis infeksi pada saluran napas bagian atas alias ISPA yang tak jarang menyerang semua usia, baik anak-anak maupun orang dewasa sekalipun. Namun begitu, anak-anak sangat berisiko terjangkit penyakit satu ini, sebab pada usia itu daya tahan tubuh belum begitu sempurna.

ads

Seperti gangguan kesehatan pada umumnya, penyakit selesma memiliki gejala yang umumnya ditimbulkan serta dirasakan oleh penderitanya, berikut diantaranya:

Cara Mecegah Penyakit Selesma

Penyakit selesma ini disebabkan oleh adanya infeksi virus, dan gejal yang dirasakan terbilang ringan serta bisa sembuh secara sendirinya tanpa adanya penanganan khusus. Ada baiknya, dari pada melakukan cara mengobati salesma sebaiknya kita mengetahui cara mencegah penyakit selesama, dan berikut diantaranya :

1. Sering Mencuci Tangan

Cara mecegah penyakit selesma yag pertama adalah sering melakukan cuci tangan, cara ini menjadi langkah ampuh dalam menangkal dari adanya serangan virus penyebab selesma atau influenza. Gosok tangan menggunakan sabun dan juga air sebelum makan, sebelum dan sesudah ke toilet. Berikut merupakan panduan cara mencuci tangan  :

  • Basahi tangan menggunakan air dingin atau bisa juga menggunakan air hangat
  • Gunakan sabun di tangan
  • Gosok tangan hingga sabun melumuri seluruh tangan, jangan lupa untuk menggosok seluruh bagian tangan serta bagian bawah kuku jari, sela-sela jari, dan punggung tangan
  • Gosok kurang lebih 20 detik
  • Setelah 20 detik basuh tangan menggunakan air besih
  • Gunakan tisu untuk mematikan tisu serta membuka pintu kamar mandi umum supaya tangan tak kembali terkontaminasi
  • Bila tangan memang sudah kotor, membersihkan paling baik menggunakan air dan juga sabun. Selain itu, mencuci tangan menggunakan sabun adalah langkah terbaik dalam menjaga tangan supaya tetap besih. Apabila taka ada sabun, bisa juga menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol 60 %.

2. Jauhkan Tangan Dari Wajah

Hindari mengusap mata, telinga, dan juga hidung bila tangan dalam keadaan kotor. Kuman dapat tersebar melalui tangan ke wajah, serta bisa mengakibatkan adanya infeksi penyebab salesma.

3. Menjaga Jarak dengan Orang Terkena Selesma

Cara mecegah penyakit selesma berikutnya adalah menjaga jarak setidaknya 0,5 m dari orang yang sedang terjangkit selesma. Berdekatan dengan penderita penyakit selesma berisiko tinggi tertular gangguan kesetan satu ini.

4. Hindari Berbagi Barang Pribadi

Hindari berbagi sedotan, cangkir ataupun barang pribadi lainnya dengan orang lain. Virus selesma bisa berada pada kondisi dorma kurang lebih 24-72 jam sebelum gejala-gejala mulai terlihat. Selain itu, batasi berkunjung di lokasi-lokasi misalnya mall dan bandara, sebab tempat yang banyak dikunjungi orang bisa saja dihinggapi oleh banyak kuman penyebab selesma.

5. Mengubah Pola Makan

Selain menjaga kebersihan, cara mencegah penyakit selesma berikutnya adalah mengatur atau mengubah pola makan yang sehat bisa bermanfaat bagi tubuh agar daya tahan tubuh tidak menurun serta bisa dijadikan sebagi cara mencegah penyakit selesama. Cukupi kebutuhan tubuh dengan macam-macam makanan yang kaya akan nutrisi. Sebaiknya kurangi makanan bergula, gorengan, dan makanan penyebab radang tenggorokan.

Bisa juga mengonsumsi yoghurt, jenis makanan ini bisa meningkatkan bakteri baik pada usus. Kandungan probiotik dalam bahan makanan satu ini dapat membantu dalam melawan infeksi. Selain itu, bisa juga memanfaatkan makanan yang kaya akan vitamin, minsalnya jeruk, buah apel menghilangkan batuk, papaya, susu, ikan, grapefruit, dan bawan putih.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pencegahan