Sponsors Link

5 Langkah Cara Membuat Rebusan Daun Sirih Untuk Obat Batuk

Sponsors Link

Batuk karena masuk angin dapat disembuhkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara membuat rebusan daun sirih untuk obat batuk. Cara yang alami umumnya dipilih banyak orang daripada memakai obat dari resep dokter. Hal ini karena obat herbal dipercaya lebih minim efek samping dan lebih aman juga jika digunakan pada anak-anak. Oleh sebab itu sebagian besar orang lebih nyaman memilih mengobati batuk yang diderita dengan cara herbal yang alami.

ads

Namun sayangnya, pengobatan herbal saat ini lebih popular dalam bentuk kapsul ekstrak. Riwayat turun temurun dari nenek moyang tentang menyiapkan obat batuk herbal sendiri telah dilupakan begitu saja. Contohnya yaitu membuat ekstrak daun sirih yang digunakan untuk mengobati batuk. Tidak semua orang paham akan caranya dan sebagian besar malah belum pernah mengetahuinya. Meskipun banyak yang paham akan manfaat daun sirih dalam menyembuhkan batuk berdahak disertai mimisan. Oleh sebab itu, berikut ini akan diberikan panduan tentang cara membuat rebusan daun sirih untuk obat batuk sebagai informasi jika ingin menyeduh sendiri ekstrak daun sirih untuk mengobati batuk.

1. Pakai Air Mendidih

Jika ingin menyeduh daun sirih terlebih dahulu siapkan air mendidih. Caranya dengan mendidihkan sepanci air kira-kira sebanyak 500 ml. Pastikan untuk menggunakan air bersih supaya tidak menyebabkan penyakit tambahan seperti batuk pilek disertai diare. Didihkan air hingga mencapai titik didihnya selama beberapa menit. Kemudian jika telah terlihat air mendidih segera matikan kompor dan biarkan beberapa saat.

2. Pilih Daun Yang Segar

Untuk menghasilkan ekstrak daun sirih yang baik sebaiknya pilih beberapa lembar daun sirih yang masih segar. Supaya aroma yang dihasilkan juga cukup segar dan rasanya tidak terlalu pahit. Pastikan juga untuk memilih daun yang baru tumbuh supaya hasilnya lebih baik. Masukkan beberapa lembar daun sirih ke dalam air yang telah mendidih tadi, biarkan selama beberapa menit hingga air berubah warna menjadi kecoklatan. Tanda bahwa ekstrak daun telah mulai merasuk dalam air.

3. Jangan Tambahkan Gula

Jika air ekstrak daun sirih terasa pahit sebaiknya jangan tambahkan gula ke dalamnya. Karena gula merupakan sumber karbohidrat yang tinggi dan beresiko menimbulkan diabetes. Sebaiknya jangan pula memasukkan pemanis buatan. Karena efek sampingnya juga kurang baik untuk kesehatan termasuk penyebab batuk tidak berdahak. Yang paling baik tentunya meminum air apa adanya sehingga khasiatnya dapat lebih maksimal.

4. Saring Air Rebusan

Untuk memudahkan penyajian ekstrak daun sirih, jangan lupa untuk menyaring air rebusan terlebih dahulu. Supaya sisa-sisa daun maupun sisa-sisa kotoran tidak ikut tercampur untuk diminum. Selain itu jika daun dibiarkan larut terlalu lama maka rasanya menjadi kurang segar atau terlalu pahit.

5. Tambahkan Madu Atau Lemon

Jika ingin ekstrak daun sirih terasa lebih lezat, sebaiknya tambahkan perasa alami. Misalnya dengan memberikan perasan jeruk lemon yang juga bermanfaat untuk penyebab batuk berdahak disertai mengi. Dapat pula dengan menambahkan madu alami, sehingga menambah khasiat daun sirih dalam mengobati penyakit penyebab batuk rejan.

Demikian langkah-langkah cara membuat rebusan daun sirih untuk obat batuk yang mudah bagi pemula. Sebaiknya buat sendiri ekstrak obat herbal batuk sesak nafas yang diinginkan. Selain lebih higienis tentunya akan lebih sehat karena bebas dari pengawet. Sehingga hasil yang diinginkan akan tercapai lebih maksimal. Ditambah kesembuhan yang diharapkan juga dapat lebih cepat terjadi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan