Sponsors Link

19 Cara Mencegah Batuk Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Batuk menjadi sebuah gejala yang tentu saja membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman. Baik batuk kering maupun berdahak. Batuk kering merupakan jenis batuk yang tidak disertai dahak dan menyebabkan rasa perih pada tenggorokan jika digunakan untuk batuk. Sedangkan batuk berdahak merupakan jenis batuk yang disertai oleh dahak atau lendir di tenggorokan. Kondisi itu tentu tidak diinginkan. Walau terlihat tidak parah dan hanya penyakit sepele, namun batuk tetap saja akan membuat penderitanya tidak nyaman. Untuk batuk berdahak terutama, karena tenggorokan akan terasa penuh karena banyak lendir. Selain itu, jika lendir tidak bisa dikeluarkan, maka pernafasan juga akan terganggu.

ads

Maka dari itu lebih baik batuk dicegah agar tidak menyerang. Apalagi di musim yang banyak sekali penderita batuk berkeliaran di lingkungan. Namun sebelum itu, ketahui terlebih dahulu 10 penyebab dari batuk itu sendiri agar tahu bagaimana cara pencegahan yang tepat. Penyebab batuk di antaranya:

  1. Infeksi pada tenggorokan, infeksi pada bagian tenggorokan bisa disebakan oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi akan memicu sistem pertahanan tubuh untuk menciptakan lendir sehingga muncul gejala batuk berdahak. Infeksi pada tenggorokan ini juga biasanya dikenal sebagai gejala panas dalam atau radang tenggorokan. Gejalanya selain batuk adalah rasa sakit saat menelan makanan dan minuman.
  2. Adanya penyakit TBC pernafasan, penyebab kedua adalah adanya gangguan TBC pada sistem pernafasan. TBC bisa menyerang paru-paru dan menyebabkan gejala pernafasan yang terganggu, termasuk batuk berdahak. Batuk pada penderita TBC ini biasanya terjadi terus menerus, tergantung dari aktivitas bakteri TBC di dalam tubuh. (Baca juga: Cara Mengobati Asma)
  3. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan, gorengan dan beberapa makanan yang bersifat panas akan bisa menyebabkan panas dalam. Dan salah satu gejalanya adalah munculnya batuk. Gorengan bisa memicu tubuh untuk menghasilkan lendir, terutama di bagian tenggorokan. Jika lendit tidak segera dikeluarkan, maka hal ini akan menyebabkan batuk mulai meradang.
  4. Mengonsumsi makanan dan minuman manis dan terlalu dingin, makanan manis merupakan salah satu penyebab lendir di tenggorokan. Demikian juga jika makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki suhu yang sangat dingin. Maka  akan muncul lendir di dalam tenggorokan yang memicu batuk berdahak.
  5. Tertular virus dan bakteri dari orang lain, kadangkala kita tidak sadar bahwa batuk yang terjadi adalah disebabkan oleh tertular virus atau bakteri dari orang lain. Virus dan bakteri memang ada banyak di udara dan disebarkan dari penderita dari air liurnya yang tersebar di lingkungan sekitar.
  6. Terdapat gangguan pada sistem pernafasan, gangguan pada sistem pernafasan, misalnya asma juga bisa menyebabkan gejala batuk. Selain itu gangguan lainnya juga bisa memicu produksi lendir dalam tubuh dan menyebabkan batuk berdahak. (baca juga: Penyebab Ingus Berdarah)
  7. Tersedak makanan yang masuk ke area pernafasan, makanan yang masuk ke saluran yang salah karena tersedak akan dianggap sebagai benda asing yang perlu dilawan oleh sistem imun tubuh. Hal inilah yang menyebabkan produksi lendir dilakukan sebagai mekanisme dari sistem pertahanan tubuh itu sendiri dan pada akhirnya menyebabkan batuk berdahak.
  8. Merokok atau menghirup asap rokok, rokok merupakan salah satu benda penghasil asap beracun yang buruk untuk sistem pernafasan dan juga menghasilkan gejala batuk, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  9. Alergi terhadap polutan di udara, seseorang juga bisa terserang pilek dan batuk karena alergi. Alergi itu bermacam-macam, seperti debu, sari bunga, atau bulu binatang di udara.
  10. Adanya penyakit asma, asma pada seseorang selain menimbulkan gejala sesak nafas juga bisa menyebabkan gejala batuk. (baca juga: Penyebab Pilek Berkepanjangan Pada Anak)

Dari beberapa penyebab dari batuk di atas, berikut ini beberapa langkah mencegah batuk yang bisa dilakukan secara alami dan cepat, di antaranya:

1. Hentikan merokok dan hindari asap rokok

Cara pertama yang bisa dilakukan tentu saja dengan mengindari asap rokok dan berhentilah merokok. Percayalah bahwa rokok adalah musuh utama bagi saluran pernafasan. Hal ini memang menjadi fakta, karena pembakaran dari tembakau itu menciptakan racun yang tidak hanya buruk untuk pernafasan, melainkan juga untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Rokok akan membuat suara menjadi parau dan pada akhirnya akan terjadi batuk, entah itu batuk kering atau batuk berdahak. Rokok juga harus dihindari oleh orang yang alergi terhadap asap. (baca juga: Penyebab Sinusitis)

Sponsors Link

Artikel Terkait:

2. Gunakan masker saat bepergian

Cara kedua untuk mencegah batuk secara alami dan cepat adalah gunakan masker ketika bepergian. Masker sangat dibutuhkan, terutama bagi mereka yang alergi terhadap debu, asap, atau bulu binatang. Alergi memang bisa menyebabkan pilek dan batuk. Bukan hanya itu saja, masker juga diperlukan untuk digunakan di lingkungan umum untuk mencegah tertularnya virus dan bakteri penyebab batuk dari orang lain yang tidak dikenal. Apalagi jika musim hujan sudah tiba, dimana banyak sekali orang yang terserang pilek dan batuk. Masker akan membantu mencegah tertular batuk.

3. Segera minum obat jika tenggorokan sudah terasa tidak nyaman

Salah satu penyebab seseorang terserang batuk parah adalah karena ketidakpekaan atau ketidakpedulian pada dirinya sendiri. Contohnya, ketika gejala awal batuk sudah terlihat, biasanya orang memang tidak segera mengatasinya dan mencegahnya, sehingga batuk menjadi semakin parah. Dan ketika batuk sudah parah, barulah orang tersebut mencari cara pengobatan. Maka dari itu, jika terasa tenggorokan tidak nyaman dan gejala awal batuk sudah terasa, baik itu karena alergi atau karena bakteri atau virus, segera cegah dengan meminum obat atau mengonsumsi minuman herbal seperti jahe hangat atau mengonsumsi madu. (baca juga:  Cara Mengobati Batuk Berdahak)

4. Menghindari makanan dan minuman dingin

ads

Batuk juga bisa dipicu oleh makanan dan minuman yang terlalu dingin dan dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan minuman dan makanan dingin biasanya bisa merangsang munculnya lendir di tenggorokan karena perbedaan suhu yang masuk ke dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan batuk bertambah parah jika mengonsumsi makanan dan minuman dingin. Maka dari itu, ada baiknya segeralah hindari makanan dan minuman dingin. Jika memang sulit untuk menghindarinya, setidaknya kurangi temponya agar tubuh tidak terus menerus terserang makanan dan minuman yang dingin.

5. Menghindari gorengan

Selain makanan dan minuman dingin, makanan yang perlu dihindari lainnya adalah gorengan. Gorengan biasanya menyebabkan panas dalam, dan salah satu gejala dari panas dalam adalah rasa sakit untuk menelan dan juga kadang muncul batuk berdahak atau batuk kering. Gorengan memang merupakan salah satu makanan yang bisa memicu lendir di tenggorokan. Maka dari itu, ada baiknya hindari makan gorengan, apalagi saat sistem imun tubuh sedang kurang sehat. Hal ini bisa mencegah batuk secara alami. Sebaiknya konsumsi makanan yang direbus atau dikukus untuk menghindari batuk. (baca juga: Gejala Influenza)

Artikel Terkait:

6. Mengonsumsi makanan sehat penambah daya tahan tubuh

Cara mencegah batuk secara alami lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat agar sistem imun tubuh meningkat. Hal ini bisa menyebabkan tubuh bisa menghalau segala macam virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh, termasuk virus dan bakteri yang menyebabkan batuk. Sistem imun tubuh yang kuat juga pasti akan bermanfaat untuk membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih lancar karena tubuh terasa sangat bugar. Sebaiknya perbanyaklah konsumsi buah dan sayur, terutama yang mengandung vitamin dan mineral yang baik. (baca juga: Penyebab Hidung Tersumbat)

7. Minum air putih teratur dan cukup

Air putih adalah salah satu minuman yang harus dipenuhi kebutuhannya secara cukup dan teratur. Air putih akan menjadi penguat bagi sistem imun tubuh dan juga metabolismenya. Selain itu air juga bisa menjadi pengusir atau pelarut racun di dalam tubuh sehingga racun dan benda asing yang tidak dibutuhkan bisa segera dibuang dari dalam tubuh, termasuk racun dan virus yang menyebabkan batuk. Air putih sebaiknya diminum sebanyak 8 gelas per hari untuk ukuran normal, dan juga 10 gelas per hari jika tubuh sedang terserang batuk atau pilek.

8. Rajin mencuci tangan

Cara mencegah batuk berikutnya adalah rajin mencuci tangan, terutama sebelum makan dan juga setelah melakukan aktivitas di luar ruangan. Mengapa hal ini penting? Karena kita tidak akan pernah tahu bakteri dan virus apa saja yang sudah menempel pada tangan kita selama beraktivitas. Maka dari itu, sebelum mengonsumsi sesuatu, mencuci tangan sangat disarankan. Termasuk setelah melaksanakan kegiatan, terutama kegiatan di luar ruangan dimana akan lebih banyak polusi dan bakteri yang menempel pada tangan. (baca juga: Cara Mengobati Pilek Pada Bayi)

Sponsors Link

9. Istirahat teratur dan olagraga teratur

Cara selanjutnya untuk mencegah datangnya batuk adalah dengan istirahat dan olahraga secara teratur. Istirahat teratur akan membantu tubuh memperbaiki metabolismenya. Sedangkan olahraga teratur akan membantu memperkuat sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Istirahat harus dilakukan secara cukup setiap harinya. Hindari begadang di malam hari. Jika memiliki gangguan insomnia, maka segera cari tahu bagaimana cara mengatasinya supaya istirahat tidak terganggu. Selain itu, mengonsumsi madu dan susu hangat sebelum tidur bisa membantu tidur lebih berkualitas  dan juga lebih pulas agar keesokan harinya bisa bangun dengan kondisi yang lebih baik.

Artikel lainnya:

Sedangkan olahraga juga disarankan cukup setiap harinya. Namun jika tidak memungkinkan, lakukan saja olahraga seminggu sekali. Atau perbanyak jalan kaki dan naik turun tangga setiap harinya. Selain itu, untuk pekerja kantoran yang tidak bisa banyak bergerak, maka lakukan gerakan sederhana untuk melenturkan otot dan kesehatan mata. Hal ini juga bisa membantu memperkuat sistem metabolisme dan peredaran darah dalam tubuh sehingga imun lebih kuat dalam menjalankan tugasnya.

Itulah penjelasan mengenai 19 cara mencegah batuk secara alami dan cepat yang bisa dilakukan beserta penyebab-penyebab dari batuk. Lakukanlah pencegahan semaksimal mungkin untuk risiko seminimal mungkin. Selalu lebih baik mencegah daripada mengobati. Selain itu, lakukan pencegahan yang sesuai dengan kondisi tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan