Sponsors Link

17 Cara Mengatasi Batuk Pada Anak di Malam Hari

Sponsors Link

Penyakit batuk, flu atau pun pilek dapat datang kapan saja, namun biasanya penyakit batuk akan lebih memberat kan dan lebih menggangu pada malam hari. Hal ini dapat terjadi karena pada malam hari, udara di sekitar menjadi lebih dingin di banding dengan pada saat siang hari dan udah juga menjadi lebih kering pada saat malam hari. Sehingga hal ini lah yang akan membuat iritasi hidung dan tenggorokan menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Tidak hanya itu batuk pada malam hari akan sangat menggangu siapa saja, terutama pada  anak – anak. Jika anak anda menderita batuk pada malam hari maka  berikut adalah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi batuk pada malam hari. (baca juga: Penyebab Sering Flu)

1. Minum Teh Hangat dan Madu

Jika anak anda menderita batuk pada malam hari, maka dengan meminum segelas teh hangat yang telah di campur kan dengan madu di percaya untuk dapat mengurangi lendir dan juga dapat  membuat saluran napas yang telah menjadi kering di sebabkan oleh udara dingin dan kering menjadi lebih lembap. Madu juga di kenal efektif  dan sebagai obat alami untuk menekan dan menyembuh kan penyakit batuk. Anda dapat membuat ini dengan hanya menambahkan satu hingga dua sendok teh madu ke dalam teh hangat. Madu dapat di berikan kepada anak tanpa ada efek samping, akan tetapi jika anak berusia kurang dari satu tahun maka sebaiknya untuk tidak di berikan madu karena madu dapat menyebabkan infeksi botulism. (baca juga: Ciri-Ciri Influenza)

2. Teh Jahe

Jahe adalah salah satu rempah – rempah yang telah di kenal sejak pada zaman nenek moyang kita sebagai rempah – rempah yang dapat membantu tubuh anak anda menjadi lebih hangat. Hal ini yang membuat mengapa teh jahe dapat membantu anak anda ketika mengalami batuk pada malam hari dan juga membuat tubuh anak anda menjadi lebih hangat. Cara membuat nya juga sangat lah mudah, yaitu hanya dengan menambahkan beberapa potongan jahe ke dalam teh hangat maka anda dapat memberikan anak anda teh jahe untuk mengatasi batuk pada malam hari. Jahe juga di kenal karena memilki senyawa yang dapat membuang racun yang ada di dalam tubuh anda dan juga melancarkan sirkulasi darah. (Baca juga: Cara Mengobati Flu Tanpa Obat)

Artikel Terkait:

3. Minum Obat Batuk

Salah satu cara mengatasi batuk pada anak – anak di saat malam hari adalah dengan memberikan mereka obat batuk. Obat batuk sendiri ada dua jenis obat yaitu obat batuk expectorant yang berfungsi dan berkerja untuk mengurangi produksi dahak dan lendir dan yang ke dua di kenal dengan sebutan cough suppressant yang berfungsi dan berkerja untuk mengurangi batuk. Anda dapat memberikan salah satu dari ke dua jenis obat batuk tersebut untuk anak anda ketika anak anda mengalami batuk pada malam hari. Obat – obat batuk tersebut dapat membantu anak – anak anda untuk dapat tidur dengan lebih nyaman dan tanpa ada gangguan dari batuk itu sendiri. Ada baiknya jika anda mem bacal label yang ada pada kemasan dari salah satu jenis obat batuk tersebut dengan baik dan sebaiknya anda berikan obat batuk kepada anak anda adalah obat batu yang  sesuai dengan indikasi dan gejala batuk yang anak anda alami. (Baca juga: Penyebab Influenza)

4. Posisi Tidur

Posisi tidur anak anda juga dapat mempengaruhi batuk yang di derita nya pada malam hari. Hal ini di sebab kan oleh  selain batuk semakin memberat pada malam hari, udara dingin atau pun udara yang kering adalah efek dari pada gravitasi. Saat anak anda tidur secara terlentang, maka lendir dari batuk yang di derita mereka pada siang hari akan naik kembali ke tenggorokan dan hal tersebut dapat membuat iritasi dan gangguan pada saluran napas dan pada akhirnya memicu batuk itu kembali.

Hal ini akan sangat menggangu anak anda karena selain batuk, tenggorokan mereka akan terasa sakit dan gatal akibat dari iritasi tersebut dan juga gangguan lain yang dapat di timbulkan oleh lendir tersebut adalah kesulitan bernafas, dan pada malam hari ketika udara sudah menjadi lebih dingin pada siang hari, hal tersebut dapat menggangu dan juga membahayakan anak anda. Untuk dapat mengatasi atau pun mengurangi batuk yang di derita oleh anak anda pada waktu malam tiba maka anda dapat menggunakan bantal yang di atur untuk sedikit lebih tinggi dari biasanya pada saat anak anda tidur. (Baca juga: Gejala Flu Singapura)

5. Mandi air panas.

Ketika anak anda sedang menderita batuk maka ada baiknya jika mereka dapat mandi dengan air panas setiap sebelum tidur pada malam hari. Karena seperti yang telah di sebutkan sebelumnya udara yang dingin dapat membuat saluran pernapasan anak anda menjadi lebih kering dari pada biasanya dan hal tersebut dapat memperparah batuk anak Anda di malam hari. Dan jika tubuh anak anda terkena uap dari dalam kamar mandi karen air panas tersebut maka uap tersebut serap kelembapannya sebelum tidur, dan hal ini maka saluran pernapasan anak anda pun tidak akan mejadi kering walaupun udara malam yang dingin. Akan tetapi jika anak anda menderita asma maka cara ini dapat memperparah batuk anak Anda. Jadi jangan di coba cara ini jika anak Anda adalah seorang penderita asma. Alternatif lain yang dapat anda coba adalah dengan berendam air hangat sebelum tidur. (baca juga: Cara Mengobati Flu)

6. Hindari tidur di bawah kipas angin, pemanas ruangan, atau pun pendingin ruangan

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, pada malam hari udara akan menjadi semakin dingin. Dan udara dingin ini dapat membuat tenggorokan dan saluran pernapasan pada anak anda menjadi lebih kering sehingga membuat batuk tersebut menjadi lebih parah dan juga dapat menimbulkan iritasi. Nah, jika di tambah dengan anak anda yang tidur di bawah kipas angin atau pun pendingin ruangan seperti AC maka udara dingin yang berasal dari kipas angin atau pun AC tersebut anak bertiup secara langsung ke wajah anak Anda dan akan membuat batuk anak Anda menjadi semakin parah.

Usahakan untuk tidak menggunakan kipas angin atau AC pada saat anak anda sedang batuk atau anda juga dapat memindahkan tempat tidur anak Anda agar posisinya tidak berada tepat di bawah AC atau kipas angin. Anda juga dapat menyalakan kipas angin di dalam kamar anak dapat akan tetapi usahakan untuk kipas angin tersebut berseberangan dengan tempat tidur anak Anda. (Baca juga: Penyebab Penyakit Pneumonia)

7. Gunakan Humidifier

Humidifier adalah sebuah alat yang di gunakan untuk membuat udara lebih lembap atau pun juga untuk menjaga kelemabapan udara pada suatu ruangan. Udara dingin pada malam hari dapat mengurangi kelembapan pada ruangan tersebut, dan dengan berkurangnya kelembapan udara pada suatu ruangan maka hal tersebut akan membuat udara pada ruangan tersebut menjadi kering. Dan ketika anak anda sedang batuk, maka hal tersebut akan membuat batuk anak anda menjadi lebih parah. Untuk menyisiati hal ini maka anda dapat menggunakan humidifier pada ruangan anak anda. Anda dapat menjaga evel kelembapan pada humidifier tersebut sebesar 40 sampai dengan 50% saja hal ini di sebab kan karena tungau debu dan jamur dapat bertumbuh dengan baik pada udara yang lembap, dan dengan menjaga kelembapannya hanya 40% sampai dengan 50% hal tersebut dapat di hindari. (Baca juga: Cara Penularan Influenza)

8. Bersihkan Tempat Tidur

Selain udara malam yang dingin, adanya debu atau pun kotoran dapat memicu alergi yang pada akhirnya dapat membuat cara mengatasi batuk pada anak anda menjadi lebih parah. Untuk meghindari hal ini anda harus dapat mebersihkan tempat tidur  anak anda agar terhindar dari zat-zat, debu atau kotoran yang  dapat dan mampu menimbulkan iritasi pada saluran napas, seperti debu, bulu binatang. Hal ini dapat anda lakukan sesering mungkin dan tidak hanya pada saat anak anda menderita batuk saja. Anda juga harus mencuci seprai sesering mungkin untuk menghindari perkembangan bakteri. Tidak hanya seprai, cucilah semua perlengkapan tidur anak Anda seperti sarung bantal, hingga ke pelindung kasur dengan air panas setidaknya seminggu sekali. (baca juga: Pengobatan Flu Singapura)

9. Minum air

Batuk yang berkepanjangan pada malam hari di sebabkan oleh udara yang dingin dan kering. Agar tenggorokan anak anda tidak menjadi kering pada malam hari maka anda dapat menyiapkan segelas air di meja sebelah tempat tidur anak Anda. Dengan begitu, jika anak Anda terbangun di malam hari di karena kan batuk yang sangat menggangu mereka, maka anak Anda dapat meminum air yang banyak agar tenggorokan mereka menjadi tidak kering dan air juga membersihkan tenggorokan anak anda. (baca juga: Cara Pencegahan Flu)

10.Minum teh akar licorice.

Akar licorice atau akar manis adalah  salah satu obat penenangkan saluran napas yang alami. Akar licorie ini juga dapat mampu untuk mengencerkan dahak di tenggorokan, serta menenangkan peradangan di tenggorokan pada anak Anda. Akar licorice ini dapat dengan mudah di dapatkan di toko makanan kesehatan sekitar Anda. Cara membuatnya juga mudah yaitu anda hanya harus menyeduh akar licorice ini di dalam air panas selama 10 sampai dengan 15 menit. Anak anda dapat meminum teh akar licorice ini sebanyak  satu hingga dua kali sehari dan sebelum tidur.

Artikel lainnya:

Selain sepuluh cara di atas, beberapa cara lain yang dapat membantu anak anda untuk mengatasi batuk di malam hari sebagai berikut:

  1. berkumur dengan air garam sebelum tidur.
  2. Menguapi wajah anda dengan air dan minyak essential.
  3. Menggosokkan minyak atsiri di dada anak Anda.
  4. Gunakan tablet isap obat batuk.
  5. Mengkonsumsi sup ayam.
  6. Menggunakan bawang dan gula.
  7. Menggunakan minyak kayu putih.

Demikianlah ada beberapa cara mengatasi batuk pada anak -anak di malam hari. Semoga dengan ini anda bisa mulai untuk mengenalikan bagaimana cara batuk anak anda dengan mudah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan