Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Bersin Saat Bangun Tidur dengan Mudah Langsung Sembuh

Sponsors Link

Adanya paparan udara atau suhu yang dingin ini akan membuat sistem imun bekerja dan mengenalinya sebagai benda asing dan akhirnya memunculkan refleks tubuh berupa bersin. Dan ini selalu dianggap sebagai gejala flu hingga seseorang akan mencaritahu tentang penyebab sering flu.

ads

Sedangkan beberapa pemicu lainnya adalah kecemasan, stress dan vasomotorik. Inilah mengapa gejala bersin – bersin di kala pagi hari juga dianggap sebuah tanda dari rhinitis vasomotor atau rhinitis non alergi. Bahkan tidak jarang banyak yang tidak bisa memilah tentang perbedaan flu dan pilek beserta gejala rhinitis.

Menanggani Bersin di Bangun Tidur

Walaupun bersin di pagi hari dapat terjadi pada siapa saja, namun anda juga tetap harus mengetahui penanganan yang tepat. Sama halnya dengan cara mengobati flu tanpa obat, cara mengatasi bersin saat bangun tidur juga memiliki beberapa metode, bahkan hanya dengan beberapa hal sederhana seperti berikut ini :

  • Seringlah memberihkan ruangan kamar tindur anda, rutin menjemur guling, kasur dan bantal agar tidak ada kutu – kutu yang menempel disana.
  • Rajin mengganti dan juga mencuci selimut, sarung bantal, sarung guling dan sprei anda.
  • Bersihkanlah berbagai peralatan pendingin kamar, jika anda menggunakannya dan atur suhu sebaik mungkin sebelum anda beristirahat tidur.
  • Cobalah mandi menggunakan air panas.
  • Olahraga dengan rutin untuk membantu dalam meningkatkan sistem imunitas dan kekebalan tubuh.
  • Konsumsi makanan yang memiliki kadar gizi yang optimal dan perbanyak juga meminum air putih.

Sebenarnya, jika anda mengalami bersin – bersin di kala pagi hari atau ketika anda bangun dari tidur, merupakan sebuah reaksi normal jika hanya berlangsung 1 hingga 2 kali. Namun jika anda mengalami gejala bersin yang terlampau sering atau bahkan lebih dari 5 kali biasanya merupakan salah satu peringatan atau tanda dari tubuh anda bahwa sistem imun sedang mengalami berbagai masalah. Walaupun biasanya keluhan bersin – bersin di kala pagi setelah bagun tidur ini biasanya akan otomatis hilang ketika telah beranjak siang.

Penyebab Sering Mengalami Bersin

Seperti halnya penyebab influenza, bersin – bersin di pagi hari ketika bangun dari tidur juga merupakan sebuah gejala yang memiliki banyak faktor pemicu ataupun penyebab. Kondisi ini pada umumnya juga akan di sertai dengan adanya gejala hidung mampet, hidung berair, hidung gatal, mata berair dan pilek. Namun ketika kita sedang membahas tentang cara mengatasi bersin saat bangun tidur, maka terlebih dahulu kita juga harus mengetahui sekumpulan penyebabnya:

  • Rhinitis Alergi 

Biasanya penyebab yang umum terjadi ketika seseorang mengalami gejala bersin – bersin adalah karena terserang rhinitis alergi. Gejala yang di timbulkan ketika anda terkena rhinitis alergi adalah sekumpulan gejala yang mirip dengan gejala influenza. Alergi yang timbul dikarenakan adanya faktor pemicu dari reaksi alergi tersebut seperti terkena paparan debu di rumah, adanya tungau, adanya berbagai serpihan – serpihan kecil yang berserakan dan berbagai bulu binatang. Ini terjadi ketika tanpa sadar di kala tidur berbagai alergen tersebut masuk dan terhirup melemati hidung, yang mana sebelumnya telah berada dan menempel pada daerah selimut, bantal, kasur maupun guling. Sistem imun akan secara otomatis mengenali alergen tersebut sebagai benda asing dan inilah mengapa pada saat bangun tidur di pagi hari anda akan mengalami gejala bersin – bersin.

Sponsors Link

  • Rhinitis Vasomotor

Ini adalah Keadaan di mana sistem otot maupun syaraf yang mengatus aliran pembuluh darah untuk membuat pembuluh tersebut menyempit maupun melebar mengalami sebuah proses pembengkakan di karenakan adanya pengaruh dari udara yang sangat kering, perubahan kelembaban, perubahan drastis cuaca maupun suhu udara, mengalami stress, suhu udara yang terlalu panas, wewangian, suhu udara yang terlalu dingin dan kelelahan. Ini merupakan serangkaian faktor pemicu terhadap bersin – bersin di pagi hari dikarenakan oleh rhinitis vasomotor.

  • Reaksi Alami Tubuh

Sebuah reaksi alami tubuh juga sangat berpengaruh terhadap penyebab tersering adanya gejala bersin di pagi hari. Kita akan mengalami penurunan dari suhu tubuh ketika tidur dan suhu yang menurun atau dingin ini merupakan faktor pemicu dari adanya reaksi tubuh berupa bersin. Dan jika reaksi ini terjadi pada anda pada saat pagi hari, ini merupakan sebuah reaksi normal yang di alami oleh tubuh.

Sponsors Link

  • Peranan Silia

Silia sendiri merupakan bulu halus yang ada di dalam rongga sinus atau rongga hidung yang memiliki peranan untuk mengeluarkan lendir dan kotoran namun fungsi dan gerakannya akan semakin melambat ketika seseorang sedang dalam masa istirahat atau tidur. Inilah mengapa seseorang akan mengalami bersin karena silia berupaya dengan optimal mengeluarkan semua sisa kotoran tersebut.

  • Sensitivitas

Orang yeng mengalami hipersensitivitas atau ketingkatan sensitivitas yang melebihi orang normal akan lebih mudah terserang gejala bersin saat bangun tidur dan saat selesai mandi. Walaupun tidak akan berlangsung lama, namun cuaca dingin akan memicu adanya bersin dan tidak kembali terulang di saat siang hingga malam karena tingkat kekebalan tubunya akan lebih tinggi.

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi bersin saat bangun tidur yang bisa anda terapkan. Konsultasikan kesehatan anda kepada petugas medis jika gejala bersin – bersin tidak kunjung hilang dan berlangsung berkepanjangan.

, ,




Oleh :
Kategori : Pencegahan