Sponsors Link

4 Cara Mengeluarkan Dahak Saat Puasa yang Alami dan Efektif

Sponsors Link

Dahak atau lendir biasanya menjadi keluhan masalah penyakit ringan yang umumnya dialami sebagian besar orang. Lendir ini biasanya memunculkan keluhan batuk karena flu serta gejala lainya. Batuk berdahak juga merupakan salah satu keluhan dahak yang mengental dan terkadang sulit untuk dikeluarkan. Faktor penyebab batuk berdahak ini bisa disebabkan oleh virus flu atau Influenza maupun karena alergi terhadap suatu benda atau hewan.

ads

Terjadinya kelebihan lendir yang biasanya terdapat dalam tenggorokan dapat menimbulkan masalah. Beberapa keluhan yang dirasakan seperti sulit bernafas serta dapat membuat kita menjadi tidak nyaman. Batuk berdahak juga membuat tenggorokan gatal dan menyebabkan batuk yang terus menerus. Jika sedang berpuasa, tentunya hal ini dapat mengganggu aktifitas ketika berpuasa, bahkan cenderung membuat puasa menjadi batal jika tidak segera diobati.

Cara Mengeluarkan Dahak Saat Puasa

Dahak yang bersifat lengket ini sebenarnya memiliki fungsi untuk mencegah adanya kotoran yang masuk melalui tubuh dan masuk ke paru-paru kita. Namun, jika terjadi peradangan karena virus, seperti flu misalnya, jumlah lendir akan bertambah dan mengakibatkan penumpukan yang dapat menghalangi aliran udara yang menyumbat area bronkial.

Jika berobat ke dokter, biasanya dokter akan memberikan resep obat berupa antibiotic untuk mengatasi peradangan yang terjadi di saluran pernafasan pasien. Namun, penggunaan obat ketika sedang berpuasa dapat berisiko mengalami kantuk dan efek samping lainya, yang dapat mengganggu aktifitas selama berpuasa. Sebagai alternatifnya, cara alami menyembuhkan batuk berdahak dengan bahan-bahan alami berikut ini dapat menjadi cara mengeluarkan dahak saat puasa secara alami :

  • Gunakan Cuka Apel

Cuka apel merupakan bahan alami yang memiliki sifat antijamur, antibakteri serta antiseptic yang berfungsi untuk mencegah infeksi pada saluran pernafasan. Cuka apel juga mengatur kadar pH yang membantu menghilangkan kelebihan lendir pada paru-paru. Cuka apel juga dapat digunakan sebagai cara mengobati batuk berdahak dengan cara berkumur agar terhindar dari sakit tenggorokan

  • Gunakan Jahe

Masalah flu dan gejala-gejalanya memang terbukti dapat diatasi secara ampuh dengan tanaman alami jahe. Jahe juga memiliki sifat antibakteri serta antiinflamasi yang dapat membantu mengencerkan dahak serta mengeluarkan dahak dengan lebih mudah. Siapkan 7 irisan jahe dan 2 gelas air, lalu tambahkan 1 sendok madu dan 1 sendok merica. Siapkan air mendidih, masukan irisan jahe dan merica lalu angkat dan saring. Tambahkan madu murni, sebagai obat batuk berdahak tradisional lalu minum 3 cangkir sehari.

  • Campurkan Lemon Serta Madu

Kombinasi antara lemon yang memiliki kadar vitamin C tinggi, serta madu yang juga bersifat antibakteri serta antijamur, dapat menjadi obat alami tanpa efek samping mengantuk. Dengan mengkonsumsi lemon dan madu, sistem kekebalan tubuh akan lebih meningkat dan membantu menyembuhkan infeksi dengan cara mengobati batuk dengan lemon. Siapkan 2 sendok perasaan lemon dan 1 sendok madu, campurkan kedua bahan lalu konsumsi sebanyak 3 sendok teh per hari.

  • Coba Ramuan Daun Mint

Daun mint juga dapat menjadi alternatif untuk pelega tenggorokan serta membantu mengeluarkan dahal secara efektif dan mudah. Siapkan beberapa lembar daun mint, lalu cuci bersih dan rebus. Minum airnya secara rutin bantu hilangkan suara serak karena batuk pilek untuk hasil yang maksimal.

Ketika berpuasa, kita harus semaksimal mungkin dalam menjaga kesehatan termasuk ketika mengalami batuk berdahak. Untuk itu, pengobatan secara alami dapat menjadi cara mengeluarkan dahak saat puasa yang efektif dan aman tentunya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Herbal