Sponsors Link

6 Cemilan Untuk Anak Batuk Pilek Paling Sehat

Sponsors Link

Ada banyak jenis snack untuk anak, namun hanya sebagian saja cemilan untuk anak batuk pilek. Karena banyak juga jenis cemilan yang justru menyebabkan penyakit seperti misalnya penyebab batuk kering disertai muntah maupun berdahak. Sehingga tidak sebaiknya asal diberikan pada anak. Terutama jika anak memiliki kecenderungan reaksi alergi berupa batuk dan pilek. Maka sebaiknya pilih yang sesuai dan tidak membuat kondisi anak bertambah parah.

ads

Hanya saja sayangnya tidak semua orang tua cukup selektif dalam memilih cemilan yang tepat untuk anak. Ditambah beragam snack dan cemilan yang tersedia di pasaran. Membuat orang tua kadang bingung memberikan jenis cemilan anak sehari-hari yang paling tepat. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal tersebut, berikut informasi yang tepat dan lebih jelas. Sehingga jika ingin tahu lebih lanjut, simak berikut ini beberapa jenis cemilan untuk anak batuk pilek yang paling tepat untuk diberikan jika anak sedang sakit flu.

1. Buah-Buahan

Jika anak sedang sakit flu, maka cemilan yang paling tepat yaitu berbagai jenis buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C. Karena vitamin C membantu daya tahan tubuh untuk meningkat lebih tinggi dan mempercepat proses pemulihan tubuh dari penyakit batuk pilek disertai bintik merah yang diderita. Sebaiknya berikan berbagai macam buah seperti jeruk, apel, strawberry, jambu merah dan anggur.

Supaya anak tidak bosan cobalah berkreasi dengan berbagai macam buah tersebut. Misalnya hari ini membuat salad buah dengan keju, berikutnya esok hari membuat jus jambu yang diberikan susu kental manis. Dengan berbagai kreasi tentunya anak akan menyukainya dan tidak merasa bosan.

 2. Stick Sayuran

Berikutnya cobalah untuk membuat berbagai macam snack dari sayur. Salah satunya stick sayuran yang kaya akan mineral dan gizi yang diperlukan tubuh anak pada masa pemulihan penyakit influenza. Karena itu usahakan untuk memberikan cemilan sehat seperti stick sayuran yang dibuat sendiri.

Selain lebih higienis juga bebas dari penyedap rasa atau pengawet yang berbahaya. Cara membuatnya juga cukup mudah. Misalnya stick wortel atau stick brokoli. Gunakan tepung terigu bercampur mentega yang diuleni oleh sayuran yang diblender halus. Potong panjang-panjang dan panggang dalam oven. Hindari menggoreng stick supaya anak tidak makin parah menderita batuk kering hanya malam hari.

3. Roti Gandum

Cemilan untuk anak batuk pilek yan gbaik berikutnya yaitu roti gandum. Berikan sepotong sandwich di sore hari yang berisi selada segar, potongan daging dan setangkup roti gandum. Potong kecil-kecil untuk menarik minat anak. Supaya anak tidak bosan bisa juga mengganti isi sandwich dengan ikan tuna filet yang diberi jamur. Dijamin, selain anak suka juga membantu penyakit batuk pilek anak sering kambuh supaya cepat sembuh. Karena kandungan daging dan ikan yang kaya protein akan mempercepat proses pemulihan tubuh dari berbagai penyakit yang diderita anak-anak.

4. Puding Roti

Jika punya banyak waktu buatkan anak cemilan berupa puding roti yang sedap. Selain kaya akan karbohidrat untuk sumber energi pemulihan tubuh, puding roti juga mengandung banyak serat untuk membantu memperlancar pencernaan. Sehingga walau makan puding roti setiap hari, anak tidak menolak atau meminta cemilan lainnya.

Sponsors Link

Lebih baik lagi jika diberikan potongan kismis atau buah lainnya untuk membantu meningkatkan asupan vitamin bagi anak yang bermanfaat mempercepat pemulihan anak dari sakit batuk pilek karena menderita gejala influenza. Sebaiknya sajikan puding tidak dalam keadaan dingin dan dalam kondisi suhu ruang supaya tidak memperparah kondisi sakit tenggorokan saat batuk yang mengalami radang atau iritasi.

5. Bolu Kukus

Selanjutnya bisa pula menyajikan berbagai macam cemilan anak yang dikukus. Biasanya anak paling gemar makan bolu kukus beraneka warna. Sebaiknya jangan gunakan pewarna makanan dan gunakan pewarna alami dari buah seperti buah bit, buah naga, semangka atau jenis buah lainnya yang berwarna pekat.

Sehingga bolu kukus yang disajikan tidak hanya sehat namun juga membantu menghindari kondisi batuk berdahak disertai mimisan supaya tidak makin parah dan dapat cepat sembuh seperti sedia kala. Jika bolu kukus dibuat dari beraneka ragam sari buah, tentu anak akan lahap dan sangat menyukainya.

Sponsors Link

6. Teh Hangat

Cemilan lain yang nampaknya sepele namun juga penting yaitu menyajikan minuman hangat setiap sore untuk anak-anak. Sediakan segelas teh manis hangat yang dapat membantu meredakan rasa sakit di tenggorokan. Jika ingin anak cepat sembuh dari gejala flu yang diderita, dapat ditambahkan perasan jeruk nipis ke dalam teh.

Selain itu bisa pula dengan menggunakan madu beberapa sendok teh untuk pemanis alami. Dengan kandungan khasiat jeruk nipis untuk flu dan madu, maka imunitas tubuh anak akan meningkat dan kesembuhan yang terjadi juga otomatis akan berlangsung lebih cepat. Sehingga anak dapat melakukan aktivitas normal seperti sebelum sakit.

Itulah beberapa jenis cemilan untuk anak batuk pilek yang dapat membantu meringankan gejala influenza yang sedang diderita anak. Sebaiknya berikan menu cemilan yang berbeda setiap harinya dengan berseling-selingan supaya anak tidak bosan. Sehingga anak semangat untuk menghabiskan cemilannya dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk proses penyembuhan batuk pilek yang lebih cepat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman