Sponsors Link

11 Ciri-Ciri Batuk Karena GERD Sering Terjadi Namun Sering Diabaikan

Sponsors Link

Kondisi batuk setiap orang pasti memiliki penyebab yang berbeda – beda. Salah satu penyebab batuk yaitu gerd. Dalam medis gerd atau gastroesophageal reflux disease merupakan suatu penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia akibat asam lambung naik ke esofagus ( refluks ). Penyakit ini dapat dipicu oleh beragam faktor seprti makanan yang dapat membuat otot kerongkongan dan lambung melemah, efek dari kehamilan, efek dari penyakit hernia, stress yang tidak terkontrol, diabetes dan tekanan darah tinggi. Penyakit gerd ini juga membawa dampak lain bagi tubuh yaitu munculnya batuk.  Batuk karena gerd ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan batuk dengan penyebab lainnya. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap dan mendalam tentang ciri batuk karena gerd.

ads

Artikel terkait:

Penyakit gerd ini mengkibatkan penderita merasakan rasa terbakar. Kondisi ini dikarenkan asam lambung naik ke esofagus dimana sifat dari asam lambung adalah korosif. Jika asam lambung naik maka membuat permukaan kerongkongan menjadi terbakar dan iritasi. Sebagian besar dari orang menganggap rasa terbakar ini adalah gejala dari maag.

Ciri-ciri pemyakit gerd

Penyakit yang erat kaitannya dengan asam lambung ini ditandai dengan beberapa ciri khusus seperti dibawah ini.

  1. Keadaan dada terasa terbakar atau yang sering Anda dengar dengan istilah heartburn. Bahkan kondisi ini dapat menyebar ke daerah tenggorokan sehingga akan berdampak munculnya batuk.
  2. Sulit menelan makanan dan minuman
  3. Munculnya batuk kering dan batuk berdahak
  4. Keadaan suara lebih serak karena tenggorokan terasa terbakar
  5. Terasa ada yang mengganjal di tenggorokan
  6. Munculnya rasa mual dan muntah dimana biasanya muntah dengan cairan asam lambung

Penyakit gerd ini dapat menyebabkan batuk apabila asam lambung berada ditenggorokan. Rasa panas di tenggorokan ini yang mengakibatkan iritasi pada permukaan tenggorokan sehingga muncul batuk. Batuk yang muncul ini bisa berupa batuk kering atau bisa berupa batuk berdahak dengan dahak atau lendir berupa cairan asam lambung.

Anda juga wajib membaca:

Dalam menjaga kestabilan asam lambung dan tidak naik ke tenggorokan itu adalah sphincter. Sphincter ini merupakan otot diatntara lambung dan esofogus yang melingkar mengelilingi di area lambung. Sphincter ini berfungs untuk mengencangkan dan mengendurkan lambung. Cairan asam lambung naik maka akan membuat inflamasi pada kerongkongan dan tenggorokan.

Dimana kerongkongan merupakan bagian dari sistem pernapasan sedangkan tenggorokan merupakan bagian dari sistem pencernaan namun keduanya memiliki kesamaan yaitu berada di area yang sama di area leher. Kondisi ini apabila tidak diobati secara cepat, tepat dan benar maka akan terjadi pendarangan baik di tenggorokan maupun di kerongkongan. Hal ini biasanya ditandai dengan tenggorokan terasa gatal dan perih disertai keluarnya lendir bercampur darah saat batuk. Keadaan seperti inilah yang harus Anda hindari.

Batuk karena gerd

Batuk yang disebabkan oleh penyakit gerd ini memang sangat berbeda dengan penyebab lainnya seperti terkena asap rokok atau lainnya. Berikut ini beberapa ciri batuk karena gerd, antara lain:

  • Mual dan Muntah
Sponsors Link

Kondisi batuk karena gerd memang tidak terlepas dengan naiknya asam lambung ke esofogus. Keadaan ini yang mengakibatkan penderita merasa mual dan ingin muntah. Apabila terjadi muntah biasanya berupa cairan asam lambung. Setelah muntah maka tubuh penderita merasa lemas dan lelah. Hal ini dikarenakan tubuh penderita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Oleh sebab itu penderita harus diberi cairan pengganti bisa berupa teh hangat atau perbanyak mengkonsumsi air putih sehingga mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang.

  • Sakit kepala

Seperti pada ciri batuk lainnya yaitu sakit kepala. Sakit kepala ini muncul sebelum batuk itu muncul. Sakit kepala pada batuk karena gerd ini lebih sakit karena merasakan sakitnya tenggorokan karena terkena asam lambung.

  • Tenggorokan gatal dan perih

Ciri batuk karena gerd ini memang sering terjadi karena erat kaitannya dengan kondisi tenggorokan. Asam lambung yang naik ke tenggorokan akan menyebabkan gatal dan perih di tenggorokan dikarenakan sifat asam lambung yang sangat korosif yang menyebabkan peradangan di tenggorokan. Apabila kondisi seperti ini tidak diobati secara tepat dan benar maka akan berdampak serius bagi kesehatan tenggorokan karena kalau tidak disembuhkan akan berdampak pada munculnya darah di tenggorokan akibat asam lambung. Keadaan ini akan memunculkan batuk yang disertai darah.

Sponsors Link

  • Nyeri pada leher dan punggung

Salah satu ciri batuk karena gerd yang sangat tampak yaitu nyeri pada leher dan punggung. Kondisi ini terjadi karena tenggorokan terasa perih dan berdampak domino pada otot leher dan punggung. Selain itu batuk karena gerd merupakan batuk yang memiliki intensitas batuk paling tinggi sehingga mengakibatkan otot pada leher dan pungggung terlalu berkontraksi dan menyebabkan ketegangan otot akhirnya terjadi nyeri pad leher dan pungung.

  • Badan terasa lemas dan mudah capek

Intensitas batuk yang tinggi disertai batuk berdarah maka akan membuat tubuh merasa lelah dan capek. Selain itu kondisi tubuh yang sering muntah dari cairan asam lambung membuat tubuh kehilangan banyak cairan sehingga tubuh mengalami hidrasi. Kondisi dehidrasi inilah yang mengakibatkan badan terasa lemas. Sebaiknya Anda juga membaca  obat tradisional batuk kering.

Demikian penjelasan lengkap dan mendalam tentang ciri batuk karena gerd. Bagi Anda yang sekarang merasakan batuk maka sebaiknya Anda perhatikan penjelasan ciri batuk karena gerd tersebut agar Andal dapat pastikan batuk Anda disebabkan oleh penyakit gerd atau tidak.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ciri Ciri