Sponsors Link

7 Ciri-Ciri Batuk Alergi Pada Anak dan Orang Dewasa

Sponsors Link

Batuk secara utama di sebabkan oleh virus influenza yang biasa menyerang sistem kekebalan tubuh kita sehingga penyakit lain pun datang menyerang. Akan tetapi penyebab batuk bukanlah hanya melalui serangan virus saja. Batuk juga dapat disebabkan oleh alergi dan batuk tersebut kita sebut dengan istilah batuk alergi. Batuk ini sangat berbeda dengan batuk biasa, akan tetapi gejalanya hampir sama dengan seseorang yang menderita pilek biasa atau reaksi alergi,  biasanya disertai dengan hidung berair dan tersumbat.

ads

Di karenakan penyebabnya adalah alergi dan terjadi bersamaan dengan seseorang yang mengalami reaksi alergi, maka terkadang menjadi sangat sulit untuk memeriksa atau pun menangani batuk alergi ini. Hal ini disebabkan karena kebanyakan pasien menjadi tidak yakin akan apa yang menyebabkan terjadinya batuk yang mereka alami. Sebagai akibatnya, pasien mungkin dapat meminum atau mengkonsumsi obat – obat yang salah dan menjadi tidak mendapatkan perhatian medis yang tepat untuk mengobati batuk alergi ini. Penyebab-penyebab bisa terjadinya penyakit batuk alergi yang wajib anda ketahui bagaimana sebagai berikut:

1. Zat Histamin

Respon ini terjadi secara berlebihan hingga tubuh beraksi secara terbalik dengan zat – zat tersebut dan anda menjadi terserang batuk alergi. Hal ini dapat terjadi ketika tubuh menganggap zat zat tersebut yang awalnya tidak berbahaya sebagai zat yang berbahaya. Lalu secara otomatis sistem kekebalan tubuh merangsang sistem pertahanan untuk menangkal agar zat – zat tersebut tidak masuk ke dalam tubuh kita untuk di proses lebih lanjut. Semua proses ini melepaskan semacam bahan kimia yang disebut dengan histamin. Histamin ini yang dikeluarkan oleh tubuh pada saat pasien menderita flu atau pilek. Histamin ini juga yang menjadi penyebab hidung berair, batuk, bersin, dan pembengkakan pada saluran hidung, sinus dan lain sebagainya. Hal ini lah yang menyebabakan seseorang mengalami semua gejala batuk, pilek dan flu tanpa terserang virus apa pun dan kita menyebut nya sebagai batuk alergi.  (baca juga: Penyebab Sering Flu)

2. Faktor keturunan

Pada umunya,tidak ada batuk alergi yang disebabkan oleh hanya satu penyebab. Pada kebanyakan orang tampaknya mereka menjadi lebih rentan terhadap satu atau beberapa penyebab dibandingkan dengan yanghal lainnya. Biasanya alergi ini juga menjadi faktor keturunan, jika ada seseorang yang alergi pada satu keluarga, maka besar kemungkinan orang – orang dalam keluarga tersebut yang masih berhubungan darah dapat menderita alergi yang sama sehingga memiliki peluang lebih besar untuk terserang batuk alergi. (baca juga:  Ciri-Ciri Influenza)

Artikel Terkait:

3. Faktor Eksternal

Batuk alergi juga sangat dipengaruhi oleh faktor – faktor eksternal, misalnya lingkungan sekitar. Misalnya ada beberapa orang yang alergi dengan tanaman, atau bunga – bunga. Jadi jika mereka ada di lingkungan ketika musim semi dimana banyak terjadi serbuk sari maka mereka akan terkena alegi. Dan jika mereka tetap berada di lingkungan tersebut maka alerginya pun akan menjadi lebih parah. Tubuh akan bereaksi terhadap faktor – faktor eskternal dari luar dengan sangat berbeda. Tubuh kita tidak selalu mengetahu bahwa faktor – faktor eksternal tersebut dapat melemahakan kekabalan tubuh kita sehingga tubuh akan bereaksi dengan faktor – faktor eskternal tersebut. Reaksi ini lah yang kita sebut dengan alergi dan menjadi penyebab batuk alergi.  (Baca juga: Cara Mengobati Flu Tanpa Obat)

Sponsors Link

Setelah mengetahui beberapa faktor dari penyebabnya, kini ada juga beberapa ciri-ciri yang harus anda waspadai dalam batuk alergi pada anak serta orang dewasa juga sebagai berikut:

  • Batuk tidak disertai batuk berdahak

Salah satu ciri-ciri batuk alergi adalah batuk tersebut tidak disertai dahak. Meskipun begitu, ada juga beberapa orang, terutama anak – anak yang mengeluarkan dahak pada saat ciri-ciri batuk alergi. Jika anda atau orang kesayangan menderita batuk yang di sertai dahak, anda dapat mengidentifikasi batuk tersebut sebagai batuk alergi atau tidak dari warna dahak yang di keluarkan. Jika dahak yang dikeluarkan berwarna bening dan cair, maka anda atau keluarga anda sedang menderita batuk alergi.  (Baca juga: Penyebab Influenza)

  • Batuk yang tanpa disertai demam

Biasanya pada kebanyakan orang yang terserang batuk, pilek dan flu akan selalu di sertai demam. Hal ini menunjukan ada nya aktifitas – aktifitas virus atau bakteri di dalam tubuh anda. Akan tetapi jika anda atau keluarga anda mengalam batuk yang terus menerus tanpa menunjukan adanya gejala demam, hal tersebut menjadi ciri kedua yang memperlihatkan bahwa anda atau keluarga mungkin mengalami batuk alergi. Hal ini menandakan tidak adanya aktifitas aktifitas virus dan bakteri di dalam tubuh anda dan batuk yang anda alami adalah karena reaksi alergi.  (Baca juga: Gejala Flu Singapura)

ads
  • Batuk yang terjadi dalam jangka waktu singkat

Seperti yang kita ketahui, batuk yang di sebakan oleh aktifitas virus di tubuh seperti virus influenza dan lain nya selalu sembuh dalam waktu yang lama. Akan tetapi jika anda mengalami batuk dalam waktu yang singkat, ada kemungkinan bahwa batuk tersebut di sebabakan oleh zat – zat dari faktor eksternal yang kita sebut sebagai zat alergen di dalam tubuh anda. Sehingga, begitu zat – zat alergen tersebut hilang maka batuk anda pun akan segera hilang. Sehingga, hal ini menandakan bahwa zat – zat alergi tersebut lah yang menjadi pemicu batuk anda atau pun keluarga anda. Hal ini lah yang membedakan batuk alergi dengan batuk yang di sebabkan oleh pilek atau virus flu, karena biasanya batuk tidak akan sembuh sebelum virus – virus penyebabnya juga mati dan hal ini membutuhkan waktu yang lama. (baca juga: Cara Mengobati Flu)

  • Sesak napas

Pada kebanyakan penderita batuk alergi sering terjadi sesak napas. Hal ini di sebabkan zat – zat penyebab alergi atau yang disebutkan dengan alergen tersebut biasanya ada pada darah. Dan yang seperti kita ketahui, di dalam darah ada nutrisi makanan dan juga oksigen. Sehingga ketika darah yang mengandung oksigen mengalir ke paru – paru atau saluran pernafasan jika, maka zat – zat alergen tersebut juga terikut sehingga memyebabkan penderita batuk alergi menjadi sulit bernafas. (Baca juga: Penyebab Penyakit Pneumonia)

  • Gatal Tenggorokan

Ciri – ciri yang paling umum pada penderita batuk alergi semua usia ada lah dengan rasa gatal yang biasa di rasakan di tenggorokan. Rasa gatal tersebut di rasakan karena reaksi zat – zat alergen tersebut. Rasa gatal juga sering di rasakan pada bagian atas rongga mulut dan di belakang telinga. Rasa gatal ini juga akan menjadi lebih parah jika anda mengkonsumsi makanan berminyak, seperti aneka gorengan dan makanan berlemak. Rasa gatal ini dapat sangat mengganggu aktifitas – aktifitas yang anda lakukan. Terutama pada anak – anak rasa gatal ini dapat sangat mengganggu mereka.  (Baca juga: Cara Penularan Influenza)

  • Mata berair 

Seperti yang di sebutkan sebelumnya, reaksi alergi yang menjadi penyebab batuk alergi ini adalah zat  Histamin. Zat Histamin berfungsi sebagai alat pengeluar lendir. Dimana banyak di jumpai pada penderita flu sebagai pengeluar lendir dan ingus. Pada penderita batuk alergi. di mana terjadi pemicuan pengeluaran za Histamin ini tidak hanya sebagai pilek atau dahak, akan tetapi mata yang berair dan berwarna merah sebagai hasil dari reaksi alergi dan zat Histamin ini.  (baca juga: Pengobatan Flu Singapura)

  • Bersin tanpa di sertai flu

Ciri – ciri ini adalah salah satu ciri ciri penutn apakah anda atau keluarga anda menderita batuk yang di sebabkan virus atau batuk yang di sebabkan oleh alergi. Ciri – ciri tersebut adalah, adanya batuk yang di sertai bersin  bersin yang tanpa di sertai flu. Bersin ini sendiri di sebabkan oleh gangguan atau pun radang dan iritasi saluran pernafasaan yang dapat di sebabkan oleh dua hal, alergi dan terserang virus. Sedangkan flu hanya terjadi ketka sistem kekebalan tubuh kita terserang oleh virus. Oleh karena itu jika anda bersin – bersin tapi tidak di sertai flu maka kemungkinan besar anda telah terserang ciri-ciri batuk alergi.  (baca juga: Cara Pencegahan Flu)

Sponsors Link

Artikel lainnya:

Pengobatan batuk alergi

Ada banyak cara untuk mengobati batuk alergi akan tetapi untuk mengidentifikasi batuk tersebut adalah batuk alergi atau tidak sangat lah susah. Semoga ciri – ciri yang telah kami sampaikan di atas dapat membantu anda dan keluarga anda. Berikut adalah beberapa cara pengobatan batuk alergi:

  • Bersihkan rumah anda. Salah satu penyebab reaksi alergi adalah lingkungan yang kotor atau berdebu. Jika rumah anda bersih dan tanpa debu makan reaksi alergi tersebut akan hilang dan juga batuk nya akan segera sembuh.
  • Hindari binatang peliharan atau segala jenis tanaman dan bunga – bungaan
  • Hindari makanan yang memicu alergi. Contoh nya pada sebagian orang akan mengalami alergi dengan aneka kacang – kacang. Sehingga akan sangat baik untuk menghindari makanan yang dapat memicu terjadinya reaksi alergi
  • Jika batuk alergi anda tidak kunjung untuk berhenti ada baiknya jika anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Demikianlah berbagai penyebab batuk alergi, ciri batuk alergi dan pengobatan batuk alergi. Batuk alergi sendiri sangat sulit untuk teridentifikasi karena beberapa ciri – ciri nya hampir sama dengan ciri ciri batuk pilek biasa. Jika batuk anda tidak kunjung untuk berhenti segara lah konsultasi kan diri anda dengan dokter.

, ,




Oleh :
Kategori : Ciri Ciri