Sponsors Link

8 Ciri-Ciri Batuk Karena Masuk Angin yang Wajib Anda Ketahui dan Perhatikan

Sponsors Link

Pasti semua orang pernah mengalami masuk angin. Penyakit ini seringkali menyerang tubuh kita. Apalagi seperti musim pancaroba seperti sekarang ini akan memudahkan kita untuk masuk angin. Keadaan yang tidak menentu seperti kadang hujan kadang panas akan menyebakan tubuh mudah terkena masuk angin. Tubuh yang terkena masuk angin akan terasa tidak nyaman dalam menjalankan aktifitas sehari – hari.

ads

Meskipun masuk angin merupakan gangguan keshatan yang dapat memicu timbulnya penyakit apabila tidak mendapatkan pengobatan yang cepat, tepat dan benar. Salah satu munculnya gangguan kesehatan akibat masuk angin yaitu batuk. Pada artikel ini akan dibahas tentang ciri ciri batuk karena masuk angin. Baca juga tentang hidung mampet kepala pusing.

Penyebab Masuk Angin

Sebelum membahas tentang ciri- ciri masuk angin, Anda harus pahami terlebih dahulu tentang penyebab masuk angin. Berikut ini beberapa penyebab masuk angin seperti dibawah ini.

  1. Suhu rendah, salah satu penyebab dari masuk angin adalah kondisi lingkungan yang bersuhu rendah atau dingin. Kondisi lingkungan seperti ini akan meningkatkan potensi terkena masuk angin.
  2. Alergi, kondisi tubuh yang alergi terhadap suhu dingin akan lebih mudah terkena masuk angin. Hal ini dikarenakan tubuh tidak kuat terkena udara yang bersuhu dingin.
  3. Kecapean, faktor pemicu ini juga dipercaya mampu membuat tubuh terkena masuk angin. Aktiftas keseharian tanpa instirahat dan asupan nutrisi yang tinggi akan memudahakan tubuh terkena masuk angin.

Artikel terkait:

Ciri – Ciri Batuk Karena Masuk Angin

Setiap peyakit pasi memiliki kondisi tertntu sebagai cara orang mudah untuk mengealai batuk karena masuk angin. Pada umumnya batuk karena masuk angin ini hampir serupa dengan batuk biasa. Berikut ini beberapa ciri – ciri batuk karena masuk angin, antara lain:

1. Tubuh terasa kedinginan

Penderita batuk karena masuk angin ini sering merasakan kedinginan. Keadaan tubuh yang sering terkena angin terutama di malam hari akan memudahkan seseorang untuk menderita masuk angin. Udara dingin yang masuk kedalam tubuh penderita akan menyebabkan tubuh penderita mengalami menggigil atau terasa kedinginan. Udara dingin ini dapat masuk ketubuh penderita apabila penderita berada di ruangan dingin, kondisi lingkungan dingin pada saat malam hari atau berada di pegunungan.

2. Perut terasa kembung

Kondisi perut kembung ini dialami oleh penderita batuk karena masuk angin. Apabila udara dingin masuk ke dalam tubuh penderita secara berlebihan akan menyebabkan perut kembung. Hal ini dikarenakan lambung yang banyak berisi udara akan menyebabkan kondisi perut kembung. Baca tentang pilek tapi tidak keluar ingus.

3. Mual dan muntah

Salah satu ciri khas dari batuk karena masuk angin adalah rasa mulas dan ingin muntah. Kondisi tubuh yang terasa mual dan ingin muntah ini akibat dari perut kembung. Pada kondisi mual dan ingin muntah ini menyebabkan penderita susah dalam mengkonsumsi makanan. Hal ini dikarenakan ada rasa yang tidak enak di perut.

Sponsors Link

4. Tubuh terasa lelah

Penderita yang mangalami batuk karena masuk angin ini merasakan tubuhnya lelah atau mudah capek. Meskipun aktifitas yang dijalankan ringan namun penderita ini merasa sangat lelah. Keadaan seperti inilah yang dapat mengganggu Anda dalam beraktifitas. Oleh sebab itu meskipun masuk angin adalah penyakit yang dikategorikan ringan namun akan berdampak buruk bagi Anda.

5. Sering mengantuk

Kondisi tubuh yang sering mengantuk ini akibat dari tubuh terkena masuk angin. Apabila sistem daya tahan tubuh terganggu maka akan berdampak buruk bagi performa dalam tubuh seseorang. Ketika performa dari dalam tubuh mengalami penurunan maka akan berdampak pada aktifitas dalam keseharian.

Selain itu tubuh yang terkena masuk angin akan mudah mengalami kelelahan sehingga kondisi ini akan membuat penderita lebih mudah mengantuk. Hal ini dikarenankan dengan berisitrahat maka tubuh akan mengalami regenerasi sel sehingga energi dan stamina pulih kembali serta mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh penderita. Baca tentang efek samping minum susu saat batuk.

6. Nafsu makan berkurang

Sponsors Link

Penderita yang mengalami suatu penyakit dipastikan akan mengurangi nafsu makan. Apabila penderita mengalmi hal ini maka tubuh penderita tidak mendapatkan asupan gizi dari makanan. Dimana gizi atau nutrisi dari makanan akan membantu tubuh penderita mengalami regenerasi sel.

Dari regenerasi sel akan  tercipat energi untuk melakakuan aktifitas sehari – hari. Pada orang sakit harus mendapatkan assupan gizi atau nutrisi yang tinggi karena makaan yang dimakan akan membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mampu melawan virus, bakteri atau kuman penyebab penyakit.

7. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan salah satu ciri khas juga ketika penderita mengalami masuk angin. Hal ini dapat terjadi karena tubuh mudah lelah sehingga otot akan lebi mudah berkontraksi termasuk otot leher. Keadaan seperti ini yang menyebabkan rasa pusing di kepala. Rasa sakit kepala inilah yang menyebabkan penderita tidak nyaman dalam beraktifitas sehari – hari.

8. Sakit perut

Selain sakit kepala, batuk karena masuk angin ini juga berimbas kepada rasa sakit pada perut. Keadaan ini akibat dari penderita yang memiliki nafsu makan yang berkurang. Keadaan ini yang menganggu kesehatan sistem pencernaan terutama lambung.

Demikian penjelasan secara singkat namun mendalam tentang ciri ciri batuk karena masuk angin. Bagi Anda yan serang mengalami batuk maka Anda harus perhatikan ciri ciri batuk karena masuk angin, agar Anda dapat mengetahui apakah Anda terkena batuk karena masuk angin atau penyebab yang lain.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ciri Ciri