Sponsors Link

11 Ciri-Ciri Batuk Menahun yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Batuk? apa yang terlintas dalam pikiran Anda?. Secara medis batuk merupakan suatu respon alami yang dilakukan tubuh untuk mempertahan organ paru – paru dari serangan dari luar yang masuk melalui saluran udara di hidung atau melalui mulut. Setiap orang pasti pernah mengalami batuk. Apalagi seperti sekarang musim peralihan banyak yang terkena batuk. Meskipun tidak diobati, batuk ini pasti akan sembuh.

ads

Akan tetapi ada batuk yang tidak kunjung sembuh yaitu batun menahun. Batuk ini memang jarang terjadi tetapi sebaiknya Anda hindari dengan cara mengobati secepatnya ketika sudah mulai muncul gejala batuk. Batuk ini memiliki ciri yang serupa dengan ciri – ciri batuk kronis.  Batuk ini tidak memperdulikan faktor usia baik anak – anak, remaja atau bahkan dialami batuk menahun pada orang dewasa. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap dan mendalam tentang ciri – ciri batuk menahun.

Sebelum kita bahas tentang ciri – ciri batuk menahun, mari kita terlebih dahulu melihat penyebab batuk menahun .

  • Faktor pemicu terjadinya batuk
  1. Kondisi udara yang kotor
  2. Menghirup Asap dari pembakaran khususnya kendaraan bermotor
  3. Air masuk kedalam hidung
  4. Mengirup debu
  5. Makan & minum yang terlalu cepat
  • Penyebab batuk menahun 
  1. Infeksi
  2. Paru – paru basah
  3. Banyak endapan sisa asap rokok didalam paru – paru
  4. Saluran didalam paru – paru yang tersumbat
  5. Pernah menderita asma sebelumnya
  6. Paru – paru kotor
  7. Komplikasi penyakit lainya
  8. Sering merokok non elektri & eletrik
  9. Sistem imun yang buruk

Untuk ciri – ciri batuk menahun itu terlihat serupa tetapi memiliki perbedaan untuk setiap level keparahannya. Berikut ini ciri – ciri batuk menahun yang perlu Anda cermati dan waspadai :

Ciri – ciri batuk menahun

  • Nafas menjadi cepat

Dalam kondisi batuk pasti penderita mengalami susah bernapas. Apalagi batuk menahun pasti nafasnya menjadi cepat. Kondisi seperti ini sangat menyedihkan ketika ada orang yang melihatnya.

  • Napas menjadi sesak

Selain nafas menjadi cepat, hal ini juga berdampak jadi sesak napas. Mayoritas penderita batuk menahun ini sering mengalami sesak napas karena keseringan batuk. Bahaya lagi kalau terkena sesak napas akut akan berdampak pada serangan jantung. Hal ini dikarenakan kurangnya oksigen dalam darah yang masuk ke jantung. Selain itu, efek samping dari sesak napas adalah demam tinggi, tubuh terasa menggigil, warna bibir berubah menjadi biru pucat, dan kaki mengalami pembengkakan.

  • Wajah , bibir, kulit menjadi pucat

Seperti yang dijelaskan diatas, napas sesak dapat berefek bibir menjadi biru pucat dan wajah serta kulit terlihat pucat juga. Kondisi ini karena kurangnya oksigen dalam darah yang mengalir keseluruh tubuh.

  • Badan menjadi lemah / lemas
Sponsors Link

Sejalan dengan ciri – ciri diatas lainnya, kondisi tubuh atau badan lemas adalah karena susah bernafas sehingga kurangnnya oksigen yang terdapat di dalam darah. Kondisi seperti ini harus diperlukan perhatian yang khusus dari orang – orang disekitar penderita untuk selalu mengobati dan memberikan nutrisi gizi yang tinggi agar badan penderita menjadi kuat.

  • Batuk sering mengeluarkan dahak

Ciri batuk menahun selanjutnya adalah batuk disertai dahak. Batuk berdahak umumnya terasa berat di dada, terasa sesak saat bernafas, demam, ingusan serta ada aliran lendir ke tenggorokan. baca juga : cara mengobati dahak berdarah )

  • Batuk hilang dan datang kembali

Pada umumnya batuk menahun sering hilang dan muncul kembali. Penderita beranggapan bahwa ketika tidak batuk lagi berarti dia sembuh akan tetapi kenyataannya kondisi seperti ini malah akan memperparah batuknya.

  • Berat badan menjadi menurun

Kondisi berat badan penderita mengalami penurunan drastis. Hal ini dikarenakan badan penderita lemas, susah makan, tidak ada nutrisi gizi yang dapat dijadikan energi maka berat badan penderita otomatis berkurang.

  • Tidak kuat melakukan aktifitas

Seperti yang dijelaskan diatas, karena tubuhnya lemas, kurang ada nutrisi gizi yang diolah menjadi energi serta disertai berat badan menurun berdampak fatal pada ketidak mampuan dalam beraktifitas secara fisik. Hal ini akan berdampak buruk pada kondisi fisik penderita kedepannya.

Sponsors Link

  • Batuk darah

Kondisi batuk seperti ini sangat fatal karena sudah mengeluarkan darah. Kemungkinan besar batuk ini sudah masuk ke area paru – paru. Ciri batuk menahun ini dengan mengeluarkan darah karena keseringan batuk tanpa disertai dengan pengobatan yang tepat dan berkelanjutan. Untuk melihat penyebab batu darah ini harus dilakukan treatment medis seperti pemeriksaan rontgen dada dan tes darah yang digunakan untuk mendeteksi infeksi dan gangguan perdarahan untuk menemukan penyebab umum dari hemoptisis. Selanjutnya dengan CT-scan dada mungkin diperlukan untuk mendeteksi tumor, infiltrat dan pembekuan darah. Langkah terakhir adalah bronkoskopi dilakukan untuk melihat langsung jaringan paru-paru menggunakan selang khusus dengan kamera di ujungnya. Selain batuk darah biasanya batuk keluar lendir putih.

  • Sering merasa mual – mual

Ciri batuk menahun selanjutnya adalah penderita sering merasakan mual – mual ingin muntah. Kondisi seperti ini dikarenakan tidak ada makanan yang dicerna sehingga penderita merasa mual – mual. Kondisi badan yang lemas dan nafas terasa sesak yang berdampak domino terhadap nafsu makan yang menurun dan akhirnya merasa mual – mual. ( baca juga : penyebab batuk sampai muntah )

  • Sering merasakan pusing

Ciri batuk menahun terakhir adalah penderita sering merasakan pusing. Ini pasti terjadi oleh setiap orang yang mengalami batuk maupun flu. Karena keadaan pusing merupakan gejala awal timbulnya flu dan batuk.

Nah, itulah beberapa ciri – ciri batuk yang perlu Anda pahami dan sadari dari sekarang. Bagi Anda atau keluarga Anda yang sekarang mengalami ciri – ciri yang serupa seperti yang disebutkan diatas, marilah Anda periksakan diri sedini mungkin agar tidak berdampak fatal atau kronis di kemudian hari. Kami berikan satu tips meredakan batuk dengan coklat dijamin batuk Anda akan berkurang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ciri Ciri