Sponsors Link

Waspadai, 4 Ciri-Ciri Kanker Tenggorokan Karena Merokok Yang Mudah Dikenali!

Sponsors Link

Pernahkah Anda mendengar penyakit kanker tenggorokan? Kanker tenggorokan bukanlah penyakit yang remeh karena penyakit ini terjadi dimana tumor ganas akan tumbuh dan menyerang tenggorokan atau pita suara si penderita. Kanker ini bisa saja menyerang saluran tenggorokan mulai dari belakang hidung sampai leher. Kanker ini juga bisa menyerang pita suara dimana pita suara ini terletak di bawah tenggorokan. Selain bisa terjadi pada tenggorokan dan pita suara, kanker tenggorokan ini bisa juga terjadi pada tulang rawan epiglottis dimana pada organ ini berfungsi untuk penutup saluran angin pada tenggorokan.

ads

Selain kanker tenggorokan, penyakit lainnya yang bisa menyerang tenggorokan adalah radang tenggorokan. Untuk mengetahui terkena radang tenggorokan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab radang tenggorokan. Kenapa seseorang bisa terkena kanker tenggorokan? Hal ini biasanya bisa terjadi karena beberapa banyak hal dan faktor yang mendukung dan meningkatkan penyakit ini terjadi. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kanker tenggorokan adalah

  • Berlebihan dalam meminum minuman keras
  • Mengkonsumsi tembakau baik itu merokok atau hanya mengunyah
  • Terkena infeksi virus HPV
  • Tidak terjaganya kesehatan gigi
  • Konsumsi buah dan sayur kurang

Ciri-Ciri Kanker Tenggorokan Karena Merokok

Dari sekian banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kanker tenggorokan di Indonesia adalah merokok. Karena itu, penyakit kanker tenggorokan banyak diidap oleh laki-laki. Untuk mencegah kanker tenggorokan sebelum terjadi dan menjadi semakin parah, ciri-ciri kanker tenggorokan karena merokok perlu diketahui sehingga bisa dicegah. Inilah beberapa ciri-ciri kanker tenggorokan karena merokok yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Adanya Perubahan Suara

Salah satu ciri-ciri kanker tenggorokan karena merokok yaitu mengalami perubahan suara. Perubahan suara ini bisa terjadi tergantung daerah yang terkena kanker. Biasanya kanker tenggorokan ini bisa merubah suara jika kanker tenggorokan tersebut terjadi atau tumbuh pada daerah sekitar pita suara. Perubahan suara yang bisa terjadi biasanya adalah suara menjadi serak atau hilangnya kemampuan berbicara dengan jelas. Untuk menyembuhkan suara serak, Anda bisa mengonsumsi obat suara serak. Adanya perubahan suara merupakan salah satu ciri-ciri kanker tenggorokan karena merokok yang harus Anda ketahui.

  • Sulit Menelan

Selain adanya perubahan suara, ciri-ciri kanker tenggorokan karena merokok lainnya adalah kesulitan dalam menelan. Kesulitan dalam menelan atau dalam bahasa medisnya disfagia terjadi dikarenakan penyempitan yang terdapat pada saluran makanan dimana saluran makanan ini menghubungkan tenggorokan dan lambung. Penyempitan saluran makanan ini tentu saja bisa terjadi dikarenakan adanya kanker yang tumbuh pada area tersebut. Biasanya saluran makanan bisa menjadi sempit karena kanker yang tumbuh cenderung menjadi tumor ganas yang berbentuk benjolan. 

  • Tenggorokan Menjadi Sakit

Tumbuhnya kanker tenggorokan karena merokok tentu saja bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Sakit pada tenggorokan merupakan ciri-ciri kanker tenggorokan karena merokok lainnya yang bisa terjadi dan dirasakan oleh pasien. Sakit tenggorokan bisa saja terjadi dikarenakan adanya peradangan pada tenggorokan yang disebabkan oleh kanker tenggorokan. Hindari untuk memakan makanan penyebab radang tenggorokan sehingga peradangan yang terjadi tidak semakin parah. Jika Anda mengalami radang tenggorokan, Anda bisa mengonsumsi buah pereda radang tenggorokan atau meminum antibiotik untuk batuk dan radang tenggorokan yang mungkin bisa meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh radang tenggorokan. Hal ini juga bisa terjadi karena adanya benjolan yang disebabkan oleh kanker menjadi bertambah besar. Sakit tenggorokan saat menelan juga bisa menjadi salah satu dampak yang bisa saja terjadi.

  • Telinga Menjadi Sakit

Ciri-ciri kanker tenggorokan karena merokok lainnya adalah sakit pada telinga. Kanker tenggorokan dapat menyebabkan sakit pada anggota tubuh telinga, selain adanya sakit pada tenggorokan. Hal ini terjadi karena tenggorokan, hidung dan telinga terhubung satu sama lainnya sehingga telinga juga bisa terasa sakit. Selain kanker tenggorokan, telinga sakit saat batuk pilek juga bisa terjadi. Jika Anda merasakan ciri-ciri kanker tenggorokan karena merokok seperti yang ada diatas, hubungi dokter terdekat dan periksakan diri Anda secepatnya. Kanker tenggorokan sebaiknya diketahui ketika kanker tersebut pada stadium dini sehingga pengobatan dan tingkat penyembuhannya menjadi sukses.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ciri Ciri