Sponsors Link

Dahak Coklat Tanpa Batuk: Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Apakah anda pernah mengeluarkan dahak coklat tanpa batuk? Pada dasarnya seseorang yang memiliki lendir atau dahak yang sudah melebihi batas, maka tubuh akan bereaksi untuk mengeluarkan dahak tersebut melalui mekanisme batuk. Maka dari itu, batuk bukanlah merupakan sebuah penyakit karena kondisi tersebut bersifat alami dimana tubuh bereaksi terhadap zat atau benda asing yang dianggap berbahaya.

ads

Akan tetapi, batuk juga bisa menjadi sebuah tanda bahwa orang tersebut mengalami kondisi atau penyakit tertentu jika batuk yang dialami tidak kunjung sembuh meskipun sudah dilakukan pengobatan dengan berbagai cara. Namun ada lagi kondisi yang bisa dikatakan berbahaya, yakni seseorang yang mengeluarkan dahak coklat namun tanpa disertai dengan batuk.

Ada beberapa penyebab seseorang megneluarkan dahak coklat tanpa batuk yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Namun sebelum itu, kami menyarankan anda untuk membaca informasi lainnya yang juga seputar dahak seperti batuk berdahak hanya malam hari dan cara alami menyembuhkan batuk berdahak yang bisa anda coba.

Penyebab Dahak Coklat Tanpa Batuk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat beberapa hal yang bisa menjadi sebab seseorang mengeluarkan dahak coklat tanpa batuk yang perlu anda ketahui.

1. Infeksi

Penyebab dari dahak coklat tanpa batuk yakni karena infeksi. Mungkin anda sudah tahu bahwa seseorang yang mengalami infeksi maka produksi lendir yang ada di dalam tubuh akan semakin meningkat. Hal ini karena tubuh anda melakukan respon terhadap suatu zat yang dianggap berbahaya yang bisa mengancam kesehatan anda.

Dengan kata lain, tubuh memperoduksi banyak lendir sebagai respon untuk melindungi tubuh anda agar tidak sampai terkena benda atau zat asing yang bisa mengakibatkan anda menderita kondisi atau penyakit tertentu.

2. Iritasi Lambung

Penyebab yang kedua dari dahak coklat tanpa batuk adalah karena disebabkan anda mengalami iritasi lambung. Iritasi lambung merupakan sebuah kondisi yang tidak normal pada saat memproduksi asam lambung dimana hal ini karena lambung anda sudah terkena infeksi bakteri yang disebut dengan Helicobacter Pylori.

Beberapa hal yang menjadi pemicu seseorang menderita iritasi lambung adalah seperti di bawah ini:

  • Memiliki beban pikiran yang berlebihan sehingga akan menyebabkan stress dan juga mengalami tekanan emosional.
  • Produksi asam lambung serta pepsin yang tidak normal.
  • Kebiasaan menunda atau terlambat makan, dan ketika makan kemudian orang tersebut makan dengan porsi yang berlebihan.
  • Dan lain sebagainya.

Jika kondisi ini dibiarkan saja, maka kemudian orang tersebut akan mengalami dahak coklat namun tidak disertai dengan batuk. Anda harus segera memeriksakan kondisi yang anda alami kepada dokter guna dokter bisa melakukan tindakan pencegahan secara cepat dan tepat agar anda tidak sampai terkena kondisi yang lebih parah.

3. Peningkatan Atau Refluks Asam Lambung

Refluk asam lambung atau yang memiliki istilah lainnya yakni GERD merupakan sebuah kondisi dimana asam lambung anda mengalir ke seluruh bagian esofagus atau kerongkongan. Kerongkongan merupakan sebuah saluran yang menghubungkan antara mulut dengan lambung.

Sponsors Link

Seseorang yang mnderita GERD atau refluks asam lambung akan merasakan sensasi seperti terbakar pada bagian dadanya. Kondisi ini lebih sering terjadi setelah makan yang berlangsung dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, dan juga jarang terjadi ketika tidur.

Perlu anda tahu bahwa refluks asam lambung lebih sering dialami oleh seseorang yang memiliki berat badan berlebih, wanita hamil, atau juga bisa dialami oleh seseorang yang memiliki kebiasaan merokok. Jika anda sudah menderita kondisi seperti ini, maka yang harus anda lakukan adalah segera berkonsultasi dengan dokter guna menentukan pengobatan yang paling tepat untuk kondisi yang sedang anda alami tersebut.

4. Tukak Peptik

Penyebab yang terakhir dari seseorang yang mengalami dahak coklat tanpa batuk adalah karena orang tersebut terindikasi menderita tukak peptik. Adapun tentang definisi tukak peptik sebuah luka yang terjadi pada lambung yang disebabkan oleh paparan asam lambung yang melebihi batas normal.

Sponsors Link

Kondisi ini tentunya tidak bisa anda biarkan begitu saja karena bisa menjadi sebab anda menderita penyakit yang lebih parah. Seseorang yang menderita tukak peptik yang tidak kunjung diobati, maka akan menyebabkan orang tersebut mengalami dahak coklat namun tidak disertai dengan batuk. Maka dari itu, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi yang sedang anda rasakan atau alami tersebut. Hal ini penting agar supaya dokter bisa segera melakukan tindakan pencegahan agar anda tidak sampai menderita penyakit yang lebih parah.

Pengobatan Dahak Coklat Tanpa Batuk

Di bawah ini merupakan beberapa pengobatan yang bisa anda coba untuk membantu mengatasi dahak coklat tanpa batuk yang dialami. Jika pengobatan ini masih tidak menunjukkan tanda – tanda kesembuhan, maka anda harus segera berobat ke dokter guna mendapatkan obat yang lebih manjur.

  • Membiasakan diri untuk makan dengan porsi sedikit namun sering
  • Hindari untuk makan makanan yang terlalu pedas, panas, berlemak, ataupun makanan yang mengandung soda
  • Anda disarankan untuk mengkonsusmi obat lambung pada saat sebelum makan sesuai dengan dosis yang telah ditentukan sebelumnya
  • Hindari untuk tidak makan makanan yang di dalamnya mengandung kafein

Itulah beberapa penjelasan dari kami. Kami juga menyarankan anda untuk membaca informasi lainnya seperti banyak dahak di dada, batuk dahak putih berbusa, serta sering mengeluarkan dahak putih.

, , ,