Sponsors Link

9 Penyebab Dahak Menggumpal dan Berdarah Yang Harus Kamu Ketahui

Sponsors Link

Ketika kita membahas mengenai dahak, maka pastinya banyak orang akan memiliki pendapat yang berbeda antara orang satu dengan orang lainnya. Ada seseorang yang berpendapat bahwa dahak sering menggumpal yang di alami merupakan hal yang biasa yang nantinya akan hilang dengan sendirinya, sementara orang lain ada yang berpendapat dahak sering berdarah tersebut merupakan sesuatu yang harus segera di atasi karena akan sangat menggangu aktivitas kita.

ads

Dahak merupakan suatu lendir yang biasanya menjadi sebab sesorang mengalami gejala penyakit flu dan apabila tidak segera diobati malah akan semakin mengakibatkan terkena berbagai penyakit lain yang mungkin lebih berbahaya. Di dalam dunia medis, dahak lebih umum dikenal sebagai mukus yang mana sebenarnya mukus ini merupakan suatu pelumas di dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk melindungi saluran pernapasan.

Pada dasarnya orang yang mengalami dahak disebabkan salah satunya orang tersebut mengalami kekurangan cairan sehingga nantinya bisa menyebabkan orang tersebut terkena resiko luka pada tenggorokan yang akhirnya nanti bisa mengeluarkan dahak meskipun tanpa batuk. Terlebih lagi jika anda mengalami penyakit flu, maka biasanya akan menyebabkan anda kehilangan nafsu makan yang mana hal tersebut dapat berdampak terhadap kondisi anda yakni membuat dahak menjadi kering, dan jika hal ini dibiarkan terus menerus maka ketika anda menelan makanan atau minuman, anda akan mengalami sensasi sakit yang ada di tenggorokan anda. Maka dari itu penting untuk selalu melakukan pencegahan dan diagnosa mengenai berbagai gejala yang mengindikasikan anda terkena suatu penyakit tertentu. Baca tentang batuk seperti mau muntah.

Nah, di bawah ini merupakan beberpa hal yang biasanya umum terjadi yang mana hal ini merupakan penyebab dahak menggumpal dan berdarah yang harus kamu ketahui:

  • Kurangnya cairan di dalam tubuh

Penyebab dahak menggumpal dan berdarah yang pertama yang harus anda ketahui yaitu disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan carian. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan yang berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh. Akan tetapi, jika tubuh kita mengalami kekurangan cairan, maka nantinya akan mengakibatkan dahak yang kita alami menjadi kering dan semakin lama akan menyebabkan sakit ketika anda menelan sesuatu. Kekurangan cairan bisa disebabkan karena anda malas meminum air putih. Orang yang sudah mengalami dahak yang sudah menggumpal dan berdarah bahkan meskipun dia tidak sedang menelan sesuatu seperti makanan dan atau minuman, anda tetap bisa merasakan sakit di tenggorokan. Baca mengenai bahaya penyakit sinusitis.

  • Kebiasaan makan makanan yang berminyak

Penyebab dahak menggumpal dan berdarah yang kedua yaitu diakibatkan karena anda memiliki hobi atau kebiasan memakan makanan yang banyak mengandung minyak yang mana hal tersebut akan membuat tenggorokan anda menjadi sakit dan akhirnya dapat menyebabkan dahak. Adapun makanan berminyak yang menjadi penyebab anda terkena tenggorokan sakit yaitu seperti makanan atau jajanan yang ada di jalanan atau yang biasa dikenal dengan gorengan. Selain itu, seringnya meminum es juga bisa mengakibatkan tenggorokan anda sakit, terlebih jika anda memakan makanan berminyak kemudian dibarengi dengan meminum es.

Perlu anda ketahui bahwa minyak yang terdapat di dalam makanan tersebut dapat mengakibatkan tenggorokan anda menjadi kering serta menyebabkan anda mengalami kekurangan cairan. Seperti yang kebanyakan orang katakan bahwa minyak dan air sampai kapan pun tidak akan bisa bersatu, sama halnya dengan minyak yang terdapat di dalam makanan yang sedang anda konsumsi dengan kandungan air yang terdapat di dalam tubuh anda. Maka dari itu, anda harus berhati – hati dan mungkin sebaiknya menghindari mengkonsumsi jajanan berminyak untuk mencegah anda dari terkena hal – hal yang tidak diinginkan.

Sponsors Link

  • Memiliki gangguan di dalam organ dalam

Penyebab dahak menggumpal dan berdarah yang ketiga yaitu disebabkan karena anda memiliki gangguan yang terdapat di dalam organ dalam tubuh anda. Yang harus anda cermati bahwa terjadinya suatu gangguan di dalam organ dalam yang tidak bisa didiagnosa penyebabnya, maka hal itu bisa menjadi suatu tanda atau indikasi seperti contohnya anda akan mengeluarkan dahak yang disertai dengan keluarnya darah melalui mulut dan tanpa adanya batuk sedikitpun.

Adapun organ dalam yang biasanya akan membuat orang mengeluarkan darah dan disertai dengan dahak yaitu di bagian paru – paru. Adapun penyebab dari gangguan yang terjadi di paru – paru yaitu karena anda memiliki kebiasan merokok atau mungkin anda sudah sering mencium udara atau polusi dan pada akhirnya akan menyebabkan paru – paru anda lama kelamaan akan mengalami flek.

  • Kurang memiliki waktu istirahat

Penyebab dahak menggumpal dan berdarah yang keempat yaitu disebabkan karena anda kurang memiliki waktu istirahat, terlebih jika anda kurang memiliki waktu untuk tidur. Jika anda terlalu bekerja keras namun tidak dibarengi dengan kebugaran atau kesehatan anda maka akan mengakibatkan anda rentan terkena berbagai penyakit seperti virus, apalagi jika sistem kekebalan tubuh anda menurun. Sebanyak dan sesibuk kegiatan anda, usahakan untuk selalu meluangkan waktu yang cukup agar beristirahat. 

ads

Adapun seperti yang telah dijelaskan oleh ahli kesehatan, bahwa disarankan anda untuk beristirahat minimal selama 5 – 8 jam agar stamina anda kembali bugar. Jangan pernah memaksa kondisi anda untuk melakukan kegiatan secara terus menerus karena nantinya malah akan membuat anda drop atau bahkan pingsan yang malah akan membuat pekerjaan anda semakin kacau. Baca hidung mampet berkepanjangan.

  • Anda mengalami peradangan yang terdapat di saluran pernapasan

Memang, jika kita melihat secara umum maka penyebab orang yang mengalami dahak menggumpal dan berdarah karena terdapat peradangan yang terjadi di sekitar saluran pernapasan. Dahak merupakan suatu kumpulan zat yang di dalamnya terdiri dari zat seperti murkosa, serta sel – sel yang sudah mati dan juga terdiri dari zat yang disebut dengan eksudat dan transudat. Orang yang mengalami peradangan tersebut maka akan menyebabkan meningkatnya produksi dahak sehingga menyebabkan dahak akan menumpuk di saluran pernapasan yang akhirnya menyebabkan peradangan.

  • Mengalami gangguan pada lambung

Seseorang yang mengalami masalah pada lambungnya biasanya hal itu berhubungan dengan penyakit asam lambung. Perlu anda ketahui bahwa seseorang yang mengalami masalah pada lambungnya dan kemudian mengakibatkan asam lambut meningkat dan kemudian akan naik ke tenggorokan yang mana hal tersebut bisa menyebabkan atau mengindikasikan bahwa seseorang tersebut terkena dahak menggumpal dan berdarah.

  • Mengalami radang sinusitis

Sinus merupakan suatu rongga yang berukuran kecil yang di dalamnya terdapat terdapat udara yang letaknya berada di tulang pipi dan juga terletak di tulang dahi. Sinusitis merupakan suatu peradangan atau suatu inflamasi yang dapat terjadi di dinding sinus. Sinusitis ini terjadi karena adanya suatu peradangan yang menyerang rongga tengkorak yang mana peradangan tersebut disebabkan oleh bakteri yang telah menginfeksi, atau juga bisa disebabkan oleh virus. Kondisi yang di alami orang tersebut akan mengakibatkan hidung meler dan akhirnya bisa menyebabkan dahak yang semakin lama semakin menumpuk jika tidak segera ditangani. Baca juga mengenai batuk sembuh kambuh lagi.

  • Terkena infeksi dan atau alergi terhadap zat asing

Seseorang yang mengalami gejala seperti tenggorokan yang selalu terdapat dahak di pagi hari dan atau orang tersebut merasakan sensasi yang tidak nyaman ketika menghirup hal –  hal seperti asap rokok, asap kendaraan, debu, parfum, dan atau menghirup hal lainnya. Jika memang seseorang tersebut mengalami hal demikian maka bisa merupakan sebuah tanda atau gejala bahwa seseorang itu telah mengalami peningkatan kadar dahak yang terdapat di tenggorokannya yang disebabkan oleh virus dan atau sebab lainnya. Bisa jadi kondisi dahak menggumpal dan berdarah tersebut diakibatkan karena dia mengalami suatu alergi terhadap kondisi tertentu. Misalnya saja ketika seseorang itu mengalami cuaca yang sangat dingin, sehingga menyebabkan ia akan mengalami dahak di pagi hari meskipun tanda adanya batuk. 

Sponsors Link

  • Anda mengalami radang amandel

Radang amandel merupakan suatu peradangan yang terjadi di daerah amandel atau juga bisa terjadi di tonsil. Penyakit yang juga dinamakan tonsilitis ini biasanya lebih sering menyerang anak – anak namun tidak menutuo kemungkinan jika bahwa radang amandel juga bisa menyerang orang dewasa atau bahkan orang yang sudah berusia lanjut. Amandel merupakan dua kelenjar yang berukuran kecil yang terdapat pada tenggorokan yang mana organ tersebut memiliki fungsi yaitu sebagai pencegah dari terkena infeksi, terutama infeksi yang kemungkinan dapat menyerang anak –  anak.

Perlu anda ketahui bahwa ketika anak sudah mulai tumbu dewasa, maka otomatis juga akan dibarengi dengan sistem kekebalan tubuh yang semakin lama semakin meningkat. Kemudian akan mengakibatkan tugas atau fungsi utama dari amandel menjadi berkurang. Dan pada akhirnya semakin lama maka amandel tersebut ukurannya akan semakin mengecil. Adapun orang yang mengalami radang amandel, maka biasanya akan dibarengi dengan ia akan mengalami sakit kepala, telinga sakit, demam, dan juga yang sering kita temui yaitu orang tersebut akan mengalami dahak yang harus segera ditangani karena jika tidak maka dahak tersebut akan mudah sekali menumpuk di tenggorokannya yang akhirnya membuat orang tersebut mengalami rasa sakit ketika menelan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter agar nantinya anda akan diberikan anjuran yang terbaik yang sesuai dengan kondisi yang anda alami saat ini. Semoga bermanfaat. Baca juga mengenai penyebab batuk saat tidur.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab