Sponsors Link

5 Dampak Setelah Operasi Sinusitis yang Wajib Anda Perhatikan

Sponsors Link

Sinusitis atau penyakit sinus merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh peradangan atau inflamasi yang terjadi pada rongga hidung. Sinus sendiri merupakan sebuah rongga kecil yang memiliki fungsi sebagai tempat pertukaran udara yang mana terdapat 4 lubang sinus yang ada pada area wajah. Perlu anda tahu bahwa penyakit sinus merupakan suatu kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja tanpa pandang usia.

ads

Sementara itu, untuk jenis sinusitis berdasarkan tingkat keparahannya maka terdapat 4 jenis akut. Adapun nama dari penyakit sinus tersebut antara lain sinusitis akut, sinusitis subakut, sinusitis kronis, dan yang terakhir disebut dengan sinusitis kambuhan. Dan cara pengobatan penyakit sinus yang tercepat dan umum dilakukan oleh penderita penyakit sinus adalah dengan cara operasi. Baca tentang penyebab pilek berkepanjangan pada anak dan juga penyebab batuk berdahak putih.

Pengobatan dengan menggunakan metode operasi ini merupakan cara yang masih banyak dilakukan oleh banyak pasien sinusitis karena memang pengobatan dengan operasi tergolong pengobatan cepat. Namun anda juga harus tahu bahwa pengobatan sinusitis dengan metode operasi tentunya bisa membawa dampak yang bisa mengganggu kesehatan anda.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa penjelasan mengenai dampak setelah operasi sinusitis yang mungkin bisa anda alami. Namun perlu anda ingat bahwasanya dampak yang akan dialami oleh seseorang kemungkinan akan berbeda dengan dampak yang akan dialami oleh orang lain. Maka dari itu, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter mengenai beberapa kondisi yang mungkin merupakan dampak yang terjadi pada pasien sinusitis.

  1. Adanya pendarahan

Dampak sinusitis setelah operasi yang pertama adalah kemungkinan anda mengalami pendarahan pada area hidung. Pendarahan tersebut biasanya akan terjadi dalam jangka waktu antara 3 sampai 5 hari. Adapun cara penanganan yang biasanya dilakukan adalah dengan menampung darah tersebut dengan menggunakan tisu atau kasa yang tentunya harus dalam kondisi bersih.

Selain itu, ketika anda menampung darah tersebut maka anda juga harus memastikan bahwa tidak ada darah yang sampai terhirup kembali. Cara lain yang juga bisa digunakan untuk membantu mengurangi pendarahan adalah dengan menggunakan obat semprot yang sebelumnya sudah anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

2. Mengalami rasa nyeri di sekitar hidung

Dampak sinusitis setelah operasi yang kedua adalah kemungkinan anda bisa mengalami rasa nyeri yang terdapat di area sekitar hidung yang tentunya akan sangat mengganggu jika tidak segera dilakukan pengobatan. Selain itu, rasa nyeri yang terjadi juga bisa terjadi pada area wajah yang mana hal ini dikarenakan sinus atau rongga yang berfungsi sebagai pertukaran udara tersebut mengalami peradangan.

Dan juga ketika sinusitis diobati dengan menggunakan metode operasi, maka tentunya akan memberikan bekas berupaa luka yang terdapat pada jaringan serta adanya gejala yang bisa terjadi di area luar sinus. Kondisi ini harus segera ditangani karena jika dibiarkan begitu saja maka tentunya bisa mengakibatkan anda merasakan gangguan yang semakin menyakitkan.

3. Mengalami rasa lemas

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa sinusitis merupakan sebuah penyakit yang berhubungan dengan area hidung dan ketika dilakukan pengobatan menggunakan metode operasi maka kemudian akan menyebabkan pasien merasa lemas. Mengapa demikian? Karena selama menjalani operasi, tubuh mengeuluarkan energi. Hal yang bisa anda lakukan untuk membantu mengembalikan kondisi anda adalah seperti misalnya dengan beristirahat total.

Sponsors Link

Selain itu, anda juga bisa melakukan hal lainnya seperti misalnya dengan mengurangi pergerakan tubuh dan juga ditambah dengan sering memakan makanan bergizi secara teratur yang tentunya mudah dicerna oleh tubuh anda. Lakukan cara ini secara teratur guna mendapatkan hasil yang maksimal sehingga tubuh anda akan kembali fit. Baca juga tentang penyebab influenza yang jarang diketahui.

4. Demam tinggi

Dampak dari sinusitis setelah operasi selanjutnya adalah kemungkinan anda akan mengalami resiko terkena demam tinggi. Namun anda harus tahu bahwa demam yang terjadi setelah melakukan operasi merupakan suatu kondisi yang wajar dan bisa dialami oleh siapa saja karena hal ini dikarenakan tubuh selama proses operasi mengeluarkan tenaga yang berlebih sehingga kemudian harus menjalani proses penyembuhan atau recovery.

Sponsors Link

Adapun cara yang harus anda lakukan untuk membantu mengatasi demam yang misalnya anda alami adalah dengan makan makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi serta mengandung makanan yang di dalamnya berfungsi untuk menyembuhkan luka seperti misalnya makanan yang mengandung vitamin K maupun juga yang mengandung ptorein.

Jika kondisi ini masih tetap berlanjut meskipun sudah dilakukan berbagai pengobatan, maka cara terakhir yang harus anda tempuh adalah dengan mengunjungi dokter guna mendapatkan solusi dan anjuran yang terbaik sesuai dengan kondisi yang sedang anda alami.

5. Mengalami alergi dan terganggunya sistem imun

Dampak sinusitis setelah operasi yang terakhir adalah anda bisa mengalami alergi maupun juga sistem imun anda menjadi terganggu. Mungkin anda sebelum menjalani operasi tidak memiliki alergi terhadap apapun, namun setelah anda menjalani operasi tiba – tiba anda mengalami alergi serta sistem imun anda terganggu sehingga kemudian bisa mengakibatkan anda rentan terkena berbagai macam penyakit.

Jika anda mengalami hal tersebut maka biasanya dokter akan memberikan anda obat antibiotik untuk membantu mengatasi alergi serta mengembalikan sistem imun anda. Jika anda masih mengalami alergi ataupun sistem imun anda masih terganggu, coba untuk mengunjungi dokter lagi guna mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi anda. Baca juga tentang penyebab bersin keluar darah dan penyebab batuk kronis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Sinus