Sponsors Link

3 Faktor Penyebab Dari Batuk Alergi Yang Harus Anda Ketahui

Sponsors Link

Penyebab batuk secara umum dan merupakan penyebab utama yaitu dikarenakan seseorang mengalami penyakit influenza dimana penyakit ini dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Namun, penyebab batuk juga disebabkan karena seseorang terkena atau mengalami alergi. Alergi merupakan sebuah reaksi sistem imun atau sistem kekebalan tubuh terhadap zat atau sesuatu yang dianggap berbahaya meskipun terkadang kenyataannya tidak berbahaya.

ads

Batuk yang disebabkan alergi inilah yang biasanya disebut dengan batuk alergi. Batuk alergi memiliki gejala yang sama dengan batuk pada umumnya akan tetapi secara umum memang berbeda karena batuk alergi biasanya mengakibatkan seseorang mengalami hidung mampet, hidung berair, dan atau bisa mengakibatkan pilek. Baca juga batuk karena cacingan.

Batuk yang disebabkan oleh alergi memang penanganannya bisa dibilang cukup sulit, hal ini dikarenakan karena seseorang tersebut masih bingung dan tidak yakin mengenai penyebab sebenarnya dari batuk yang mereka alami. Akibatnya terkadang pasien salah meminum obat-obatan sehingga malah akan mengakibatkan atau memicu terjadinya penyakit lainnya. Maka dari itu di bawah ini beberapa penyebab batuk alergi yang harus anda ketahui.

  1. Zat Histamin

Penyebab batuk alergi yang pertama yaitu disebabkan oleh suatu zat yang dinamakan zat histamin. Zat histamin merupakan suatu zat kimia yang diprodeksi oleh sel – sel yang ada di dalam tubuh ketika kita mengalami suatu alergi maupun infeksi. Histamin juga termasuk bagian dari respon tubuh kita karena disebabkan ada sesuatu yang dimungkinkan berbahaya yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Histamin ini lah yang bisa menjadi sebab orang mengalami batuk alergi. Histamin juga bisa menjadi sebab seseorang mengalami bersin, flu, dan bahkan menjadi sebab pembengkakan yang terjadi di sinus. Baca juga batuk karena minum es.

2. Faktor Keturunan

Penyebab batuk alergi yang kedua yaitu bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan. Perlu anda pahami bahwa tidak ada satu pun batuk yang disebabkan hanya oleh satu gejala atau sebab saja. Beberapa orang akan lebih rentan terkena beberapa hal yang dapat menjadi indikasi tekena batuk dibanding dengan orang lain pada umumnya. Nah, jika di dalam keluarga anda terdapat seseorang yang rentan terkena alergi atau memiliki riwayat terkena alergi, maka kemungkinan besar orang – orang tersebut yang masih memiliki hubungan darah dengan anda juga dapat mengalami alergi yang sama sehingga resiko terkena alergi akan lebih besar dibandingkan dengan orang lain. Baca juga batuk akibat merokok.

3. Faktor Luar / Faktor Eksternal

Penyebab batuk alergi yang ketiga yaitu dipengaruhi oleh faktor eksternal atau faktor yang disebabkan dari luar. Misalnya terdapat beberapa orang yang mengalami alergi terhadap bau yang menyengat, mengalami alergi terhadap bunga, atau bahkan ada juga yang mengalami alergi terhadap bulu binatang.

Tubuh kita secara otomatis akan bereaksi terhadap faktor – faktor eksternal tersebut karena dikhawatirkan akan menyerang sistem kekebalan tubuh, meskipun sebenarnya reaksi yang dilakukan tubuh tanpa mengetahui apakah itu berbahaya atau pun tidak. Jadi jika seseorang yang mengalami alergi tersebut tidak segera berpindah ke tempat lain atau berpindah dari lingkungan tersebut maka dimungkinan alergi yang di alami akan semakin parah.

Ciri – Ciri Batuk Alergi Pada Anak

Di bawah ini beberapa ciri-ciri secara umum batuk alergi yang menyerang anak-anak

  • Batuk Tidak Disertai Dahak (Batuk Kering)

Salah satu ciri batuk alergi pada anak yang pertama yaitu anak tersebut akan mengalami batuk kering dan biasa disebut dengan batuk tidak berdahak. Meskipun dalam beberapa kasus ada anak yang sampai mengeluarkan dahak ketika mengalami batuk alergi. Biasanya dahak yang dikeluarkan berwarna bening dan agak cair.

Sponsors Link

Maka dari itu jika anak anda mengalami ciri-ciri seperti ini maka segeralah untuk melakukan pengobatan agar tidak mengakibatkan efek yang lebih parah. Baca juga mengenai batuk akibat alergi susu.

  • Anak Mengalami Sesak Nafas

Ciri yang kedua yang mengindikasikan anak terkena batuk alergi yaitu anak tersebut mengalami kesulitan bernapas. Hal ini disebabkan karena alergen atau zst – zat yang mengakibatkan alergi pada anak terdapat di dalam darah, sementara di dalam darah seperti yang kita ketahui terdapat nutrisi dan juga oksigen. Jadi ketika ketika darah yang mengandung oksigen tadi mengalir menuju paru-paru kemudian melewati saluran pernapasan, maka otomatis alergen tersebut juga ikut terbawa bersama darah yang pada akhirnya menyebabkan anak anda mengalami batuk alergi dan kemudian mengalami kesulitan bernafas atau sesak nafas.

  • Anak Sering Bersin Tapi Tidak Flu

Ciri yang ketiga yang menjadi sebab anak terkena batuk alergi yaitu anak sering mengalami bersin namun tidak dibarengi dengan flu. Bersin sendiri biasanya disebabkan karena anak mengalami gangguan atau pun iritasi serta radang yang terjadi di saluran pernapasan dimana biasanya disebabkan oleh dua hal, yaitu alergi dan virus.

Sementara flu, hanya terjadi ketika tubuh kita terkena infeksi virus. Maka dari itu jika anak anda mengalami batuk yang sering namun tidak disertai dengan flu, bisa diindikasikan bahwa anak anda sedang mengalami batuk alergi atau batuk yang disebabkan oleh alergi. Baca juga mengenai batuk pilek disertai diare.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membuka dan sebagai tambahan bagi wawasan anda untuk lebih waspada tentang bahayanya batuk yang disebabkan alergi. Semoga bermanfaat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Penyebab