Sponsors Link

Flu Disertai Demam Serta Sakit Kepala – Bahaya, Penyebab Dan Penanganan

Sponsors Link

Seringkali banyak orang mengalami flu disertai demam serta sakit kepala. Seringkali pula kondisi ini dibiarkan saja karena dianggap sepele. Padahal penyakit apapun sebaiknya segera ditangani. Karena jika tidak maka dapat menimbulkan resiko menjalar pada komplikasi penyakit lain yang lebih berbahaya. Termasuk penyakit batuk disertai demam tinggi dengan gejala pusing tadi. Sebaiknya lakukan penanganan dengan segera. Sehingga penyakit cepat sembuh dan tidak mudah timbul kembali. Untuk lebih jelasnya, berikut ini keterangan flu disertai demam serta sakit kepala termasuk bahaya, penyebab dan penanganan.

ads

Bahaya Flu Demam

Umumnya flu disertai demam apalagi jika timbul sakit kepala dapat mengakibatkan beberapa bahaya, salah satunya yaitu sebagai berikut:

  • Infeksi saluran pernapasan, hal ini sangat sering terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Biasanya diawali dengan demam, kemudian timbul gejala batuk berdahak disertai hidung tersumbat maupun pilek. Pada akhirnya saluran pernafasan akan mengalami gangguan dan menjadi tidak lancar.
  • Gejala demam berdarah, penyakit ini menular melalui nyamuk penyebab demam berdarah. Jika dibiarkan tentu akan menjadi berbahaya dan dapat menyebabkan penderita mengalami masa kritis. Awalnya hanya demam serta batuk pilek disertai bintik merah biasa. Namun selanjutnya muncul ruam di sekujur tubuh penanda demam berdarah.
  • Gejala tipes adalah penyakit yang paling mudah menyerang. Terutama saat daya tahan tubuh menurun dan tidak maksimal. Penyakit ini tidak hanya menyebabkan demam namun juga batuk disertai diare.

Penyebab Flu Demam

Umumnya penyakit berupa flu dan demam dapat terjadi karena beberapa penyebab, yaitu di antaranya sebagai berikut:

  • Dehidrasi, dimana penderita kurang konsumsi cairan atau kurang minum air putih. Sehingga timbul batuk pilek panas malam hari akibat rasa haus pada tenggorokan.
  • Infeksi bakteri maupun virus yang sering terjadi dan mudah menular. Oleh sebab itu pastikan supaya lingkungan sekitar selalu bersih dan bebas dari resiko timbulnya kuman penyakit.
  • Pola hidup kurang sehat, terutama karena kurang istirahat dan malas olah raga. Sehingga tubuh menurun imunitasnya dan menyebabkan terjadi infeksi penyakit berbahaya termasuk flu disertai demam serta sakit kepala.

Penanganan Flu Demam

Untuk menangani gejala flu demam dan sakit kepala yang terjadi, dapat dilakukan beberapa cara, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Minum obat penurun demam atau panas badan berupa parasetamol maupun ibuprofen yang dapat pula bermanfaat untuk mengatasi rasa nyeri akibat timbulnya pusing maupun rasa sakit di kepala.
  • Minum obat pereda batuk keluar lendir putih yang mengandung decongestan dan anti alergi supaya dahak berkurang dan batuk mereda. Pastikan dosis yang diminum sesuai dengan petunjuk dokter.
  • Minum banyak air putih untuk membantu mengencerkan dahak serta mencegah resiko dehidrasi saat mengalami flu dan demam.
  • Istirahat lebih banyak agar penyakit yang diderita dapat cepat pulih dengan sendirinya.
  • Konsumsi makanan yang bernutrisi serta mengandung gizi tinggi. Jauhi makanan yang dihindari saat flu dan ganti dengan makanan yang mengandung vitamin C dosis tinggi. Sehingga bermanfaat untuk membantu pemulihan serta mengandung mineral penting bagi kesembuhan tubuh dari penyakit.

Demikian beberapa penjelasan yang lebih lengkap dan detail tentang flu disertai demam serta sakit kepala. Dengan penanganan yang tepat maka sakit tanda-tanda flu akan sembuh sangat mudah untuk disembuhkan. Jika gejala penyakit tidak kunjung membaik dan terlihat makin buruk, sebaiknya tanyakan pada dokter yang lebih ahli untuk mendapatkan informasi pengobatannya.

, ,
Oleh :