Sponsors Link

Flu Saat Puasa: Penyebab dan Pengobatan yang Tepat

Sponsors Link

Flu memang penyakit yang sering dialami oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan flu mudah tercipta dan mudah pula termusnahkan. Dengan kata lain, flu mampu dengan mudah menyerang manusia dan cepat pula disembuhkan. Flu dapat muncul ketika kondisi tubuh manusia mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Apalagi ketika bulan ramadhan saat kebanyakan orang mengalami puasa. Kondisi saat puasa seperti ini sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan, inilah yang menjadi celah virus masuk ke tubuh manusia yang berpuasa tersebut. Pada artikel ini akan dibahas mengenai flu saat puas; penyebab dan tips penanganannya.

ads

Artikel Terkait:

Menurut praktisi kesehatan, flu dapat menyerang bukan karena saat berpuasa akan tetapi pekerjaaan yang menumpuk serta perubahan cuaca dengan tanpa diiringi dengan mengkonsumsi vitamin dan istirahat yang cukup maka akan menyebakan orang tersebut terkena flu. Sebaiknya anda mencari tahu apa saja virus yang menyebabkan flu.

Penyebab Flu Saat Berpuasa

  • Ketika sahur makannya sedikit

Aktifitas ini sangat berpotensi besar dalam terkena flu. Makanan bukan hanya sebagi energi bagi tubuh melainkan juga sebagi benteng atau kekebalan bagi tubuh dari serangan virus flu. Apabila anda makan sahur dengan porsi yang minim bukan hanya energi anda berkurang atau lemas saat berpuasa melainkan nantinya anda akan terkena suatu penyakit, bisa berupa flu, batuk atau pilek. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan porsi yang cukup agar tidak terserang flu saat berpuasa nanti. baca juga : flu disertai deman dan sakit kepala.

  • Kurang minum air putih

Air putih sangat baik bagi kesehatan selain mengurangi dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh) juga dapat memperlancar peredaran darah serta mampu membuang racun dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih akan meningkatkan daya tahan tubuh pada saat menjalankan ibadah puasa, sehingga tidak mudah terkena virus flu atau sejenisnya.

  • Kurang tidur

Bagi anda yang hobi begadang, saatnya di bulan ramadhan ini anda kurangi hobi anda tersebut. Apabila anda kurang tidur maka akan mengurangi sistem kekebalan tubuh anda. Selain itu kurang tidur juga akan berdampak pada terlambatnya makan sahur alias tidak sahur. Kondisi seperti ini yang akan membuat tubuh anda mengalami flu. Aktifitas begadang atau kurang tidur ini juga menyebabkan bagian tubuh merasa lelah, dan capek sehingga akan mengurangi sistem kekebalan tubuh sehingga mudah bagi virus flu masuk ke tubuh orang tersebut.

  • Kurang olahraga

Salah satu cara menyehatkan tubuh adalah olahraga. Karena dengan olahraga mampu menciptakan metabolisme atau pembakaran dalam tubuh. Dengan terjadinya metabolisme maka akan mengubah bahan kimia dari makanan yang anda makan menjadi energi. Dari konversi energi iniah yang akan menciptakan atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sebaiknya apabila anda mengalami flu pada saat berpuasa sebaiknya anda berolahraga ringan sewaktu setelah berbuka puasa.

Tips Penanganan Flu Saat Puasa

  • Banyak minum cairan hangat saat berbuka dan sahur
Sponsors Link

Saat berpuasa, kondisi tubuh tidak minum selama lebih dari 10 jam. Hal ini akan berdampak pada ketersediaan cairan dalam tubuh. Untuk meresuply cairan yang hilang akibat puasa dan supaya tidak mengalami dehigrasi penyebab terkena virus flu maka sebaikanya perbanyak minum cairan hangat saat berbuka dan sahur.

Sebaiknya saat berbuka puasa, anda minum teh hangat tanap kafein atau teh herbal dengan kandungan komamil atau paperin. Teh jenis ini mampu mencukupi kebutuhan cairan tubuh anda yang hilang saat berpuasa seharian. Supaya lebih mudah mengoboti flu tambahkan madu dan lemon untuk menyegarkan dan melegakan tenggorokan. Kandungan ke hamil dan papermin juga sangat bermanfaat dalam mengurangi stress dan kelelahan dalam aktifitas seharian ketika berpuasa dan dipercaya pula mampu melegakan hiudng yang mampet.

  • Konsumsi vitamin C saat sahur

Salah satu penyebab terjadinya penyakit flu adalah kekurangan vitamin C. Anda bisa mengobati flu di saat puasa dengan mengkonsumsi vitamin C pada saat sahur. Usahakan jangan di waktu buka puasa, karena kondisi lambung akan berontak, sebaiknya kosumsi makanan yang manis agar menstabilkan lambung di waktu buka puasa.

Sponsors Link

Kandungan vitamin C yang dipercaya sebagai antioksidan mampu membantu memperkuat daya tahan tubuh anda. Selain itu vitamin C juga dapat menyembuhkan flu dan mengembalikan kesehatan tubuh anda lebih cepat. Menurut penelitian, kadar kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan oleh orang dewasa yaitu 65-90 mg setiap harinya serta tidak boleh lebih dari kadar vitamin C 2.000 mg dalam sehari. Kandungan vitamin C terdapat di beragam buah seperti buah jeruk, paprika hijau dan merah, buah kawi, serta buah dan sayuran lainnya. Vitamin c juga menjadi salah satu dari cara mengobati bersin-bersin.

  • Istirahat yang cukup

Salah satu cara yang praktis dan ekonomis adalah istirahat atau tidur yang cukup. Apabila anda terkena flu pada saat berpuasa maka cara yang paling efektif adalah tidur. Hentikan segala aktifitas sejenak dan mulailah tidur sejenak di siang hari. Dengan memperbanyak istirahat akan memungkinkan anda untuk tetap berpuasa dan dapat mengurangi intensitas flu anda. Selain itu, dengan istirahat yang cukup akan mempermudah daya tahan tubuh kembali. Mulailah atur waktumu untuk istirahat yang cukup, sehingga anda akan terhindar dari flu di saat anda berpuasa.

Demikian penjelasan singkat tentan flu saat puasa; penyebab dan tips penangannnya. Bagi anda yang mengalami flu saat berpuasa maka lakukan tips penangannya seperti diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, ,