Sponsors Link

Flu Setelah Vaksin Difteri: Penyebab dan Bahayanya

Sponsors Link

Imunisasi difteri merupakan sebuah imunisasi yang diberikan untuk mencegah atau mengobati orang tersebut dari terkena penyakit difteri. Penyakit difteri sendiri merupakan sebuah penyakit radang amandel yang disebabkan oleh serangan dari bakteri yang mana bakteri tersebut nantinya memberikan tanda berupa dahak atau plak putih pada tenggorokan maupun juga pada mulut di bagian belakang. Dan juga penyakit difteri ini di dalam dunia medis lebih dikenal dengan istilah Tonsilitis Difteri.

ads

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit difteri merupakan sebuah penyakit yang berhubungan dengan radang amandel. Penyakit ini nantinya akan menyebabkan seseorang akan mengalami penebalan plak atau dahak putih yang terdapat di tenggorokan maupun juga terdapat pada mulut bagian belakang yang mana kondisi ini akan menyebabkan orang tersebut mengalami kesulitan untuk bernapas.

Penyebab Flu Setelah Vaksin Difteri

Selain itu, kondisi akibat penyakit difteri  yang lebih parah adalah bisa menyebabkan orang tersebut mengalami paralisis otot atau otot yang tiba – tiba lemas, dan bahkan bisa menyebabkan orang tersebut mengalami gangguan pada jantung sehingga kondisi ini bisa menjadi sebab orang tersebut meninggal.

Penyakit difteri juga diketahui bisa menyebabkan seseorang yang mengalaminya bisa terkena bull neck sign atau yang juga bisa disebut dengan kelenjar getah bening. Tentunya anda tidak bisa membiarkan kondisi ini begitu anda karena bisa menyebabkan anda mengalami kematian.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah penanganan dan pengobatan secepatnya agar supaya kondisi yang diderita tersebut tidak semakin parah. Salah satu penanganan atau pengobatan yang bisa anda lakukan adalah dengan pemberikan imunisasi yang nantinya berfungsi untuk membunuh bakteri yang menyerang atau mengganggu kesehatan anda. Adapun nama bakteri tersebut yaitu Corynebacterium Diphteria.

Flu Setelah Vaksin Difteri, Apakah Berbahaya?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu pengobatan atau pencegahan agar tidak terkena penyakit difteri adalah dengan memberikan imunisasi. Namun terkadang seseorang yang diberikan imunisasi akan mengalami kondisi lainnya yang juga tidak kalah mengganggu, yakni ia akan mengalami flu.

Tentunya seseorang yang mengalami flu juga akan menyebabkan ia merasa kesulitan untuk bernapas dan juga kesulitan untuk melakukan kegiatan atau aktivitas sehari – harinya, dan juga kondisi ini bisa menyebabkan hidung orang tersebut menjadi berubah warna yaitu menjadi kemerahan. Kemudian timbul apakah kondisi ini berbahaya? Sebelum menjawab hal tersebut, sebaiknya anda mengetahui beberapa informasi yang juga tidak kalah penting seperti misalnya:

Sekedar informasi bagi anda bahwa flu atau yang disebut dengan influenza merupakan sebuah infeksi yang disebabkan oleh serangan virus yang mana kondisi tersebut akan menyerang saluran pernapasan anda yang terdiri dari hidung, tenggorokan dan juga paru – paru. Jika anda mengalami flu setelah melakukan imunisasi bakteri, maka kemungkinan anda mengalami beberapa kondisi seperti di bawah ini:

1. Demam

Sponsors Link

Flu setelah vaksin difteri bisa menjadi sebab nanti anda akan mengalami demam. Demam merupakan suatu kondisi dimana suhu tubuh anda naik secara signifikan, yakni berkisar antara 30 sampai dengan 38 derajat celcius. Demam yang anda alami tersebut meruapakan sebuah reaksi dari sistem kekebalan atau ketahanan tubuh anda untuk melawan benda atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh anda.

Adapun zat asing yang kami maksud adalah imunisasi difteri tersebut. Maka dari itu, ketika anda mengalami flu setelah vaksin difteri maka kemungkinan besar selanjutnya anda akan mengalami demam.

2. Sakit kepala

Flu setelah vaksin difteri yang kedua yang kemungkinan bisa anda alami adalah sakit kepala. Sakit kepala merupakan sebuah kondisi dimana kepala anda akan merasakan rasa sakit yang biasanya kondisi tersebut tidak terlalu parah dan bisa sembuh dengan sendirinya meskipun tidak dilakukan pengobatan atau penanganan apapun.

Namun meskipun begitu anda harus tetap waspada jika sakit kepala yang anda alami tidak kunjung sembuh, terlebih lagi jika sakit kepala tersebut disebabkan setelah anda mengalami flu setelah melakukan vaksin difteri. Maka dari itu, jika anda tiba – tiba mengalami sakit kepala setelah anda sebelumnya mengalami flu, maka anda disarankan untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan saran dan anjuran yang terbaik.

3. Batuk

Sponsors Link

Flu setelah vaksin difteri yang terakhir adalah akan menyebabkan anda kemungkinan mengalami batuk. Sebenarnya batuk merupakan sebuah kondisi yang wajar yang bisa dialami oleh siapa saja sebagai reaksi tubuh terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh dan seperti halnya demam, batuk biasanya akan hilang dengan sendirinya meski tanpa dilakukan pengobatan apapun.

Akan tetapi berbeda halnya dengan ketika anda mengalami batuk setelah sebelumnya anda mengalami flu yang disebabkan karena imunikasi difteri. Batuk tersebut merupakan sebuah reaksi alergi karena mungkin saja tubuh anda merasa “kaget” terhadap kandungan yang ada pada imuniasi difteri tersebut.

Jika anda mengalami kondisi batuk yang tidak kunjung sembuh, maka anda harus segera berkonsultasi kepada dokter mengenai kondisi yang anda alami tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan flu setelah imunisasi difteri. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua. Kami juga menyarankan anda untuk membaca informasi lain yang juga tidak kalah penting seperti misalnya cara mengobati sinus pranasal dan juga mengenai apa saja makanan yang termasuk ke dalam makanan penyembuh flu dan batuk.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab