Sponsors Link

8 Fungsi Obat Batuk Actifed Lengkap yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Actifed merupakan obat yang dikenal untuk mengatasi jenis-jenis batuk dengan bentuk sirup. Dipasaran obat batu Actifef ini memiliki tiga varian yaitu, Actifed Sirup Merah, Actifed Sirup Hijau, dan Actifed Sirup Kuning. Ketiganya memiliki kegunaan serta fungsi obat batuk actifed-nya masing-masing.

ads

Fungsi Obat Batuk Actifed

Berbeda dengan buah yang tidak boleh dimakan saat batuk, obat batuk Actifed tergolong sebagai cara ampuh mengatasi batuk. Sudah disebutkan, bahwa obat ini memiliki tiga varian yang tentunya memiliki kegunaannya masing-masing. Adapun fungsi obat batuk Actifed dijelaskan sebagai berikut:

  1. Obat Batuk Actifed Sirup Merah

Actifed Sirup merah memiliki fungsi obat batuk Actifed dalam meringankan gejala flu akibat adanya alergi, misalnya mata berair, hidung berair, bersin-bersing dan juga batuk kering. Obat ini memiliki kandungan berupa Dextromethorphan HBr, Pseudoephedrine HCL, dan Tripolidine HCL. Dan berikut merupakan fungsi bahan aktif tersebut :

  • Dextromethorphan HBr merupakan senyawa aktif ini memiliki sifat antitusif yang bisa menekan respon batuk langsung pada bagian pusat pengendali batuk, yaitu medula otak. Alhasil dapat mempengaruhi otak untuk mengurangi rasa ingin batuk.
  • Pseudoephedrine HCL merupakan senyawa yang bekerja langsung dalam memegaruhi reseptor alpha serta beta adrenergik pada mukosa di saluran pernapasan dan menyebabkan vasokonstriksi.
  • Tripolidine merupakan senyawa yang bisa berikatan dengan reseptor histamine H1, dengan begitu senyawa ini bisa menghambat kerja histamine endogen. Efek dari peristiwa tersebut akan mengurangi gejala-gejala yang timbul karena histamin misalya mata berair dan hidung berair serta bersin-bersin.
  1. Obat Batuk Actifed Sirup Hijau

Berbeda dengan cara mengatasi batuk terus menerus, Obat Batuk Actifed Sirup Hijau memiliki fungsi obat batuk Actifed untuk meringankan gejala flu, contohnya bersin-bersin yang disertai batuk berdahak (ketahui : penyebab batuk berdahak). Obat batuk Actifed memiliki kandungan Tripolidine HCL, Pseudoephedrine HCL, dan Guaifenesin. Dari ketiga senyawa tersebut, memiliki cara kerja masing-masing, berikut penjelasannya :

  • Tripolidine HCL merupakan senyawa yang bisa berikatan dengan reseptor histamine H1, senyawa ini bisa menghambat kerja histamine endogen. Dengan begitu obat Batuk Actifed Sirup Hijau dapat berfungsi untuk mengurangi gejala-gejala yang timbul karena histamine, contohnya bersin-bersin.
  • Pseudoephedrine HCL merupakan senyawa yang bekerja langsung dalam memegaruhi reseptor alpha serta beta adrenergik pada mukosa di saluran pernapasan dan menyebabkan vasokonstriksi.
  • Guaifenesin merupakan senyawa yang memiliki cara kerja menghindari mucus pada saluran pernapasan, sehingga dahak akan mudah keluar bersamaan dengan batuk.
  1. Obat Batuk Actifed Sirup Kuning

Berbeda dengan ciri-ciri batuk akan sembuh, fungsi obat batuk Actifed sirup kuning yaitu untuk mengatasi rhinitis, batuk, gejal flu (bersin-bersin, penyebab hidung tersumbat), alergi (mata berair, tenggorokan gatal, dan mata gatal). Obat ini memiliki kandungan yang tak jauh berbeda dengan obat batuk Actifed sirup merah dan obat batuk Actifed sirup hijau, yaitu Tripolidine HCL, Pseudoephedrine HCL. Adapun fungsi senyawa tersebut sebagai berikut :

  • Tripolidine HCL adalah senyawa yang dapat berikatan dengan reseptor histamine H1 hingga menghambat kerja histamine endogen. Dengan begitu obat Batuk Actifed Sirup Kuning dapat berfungsi untuk mengurangi gejala-gejala yang timbul karena histamine, contohnya bersin-bersin, tenggorokan gatal, mata gatal ,dan mata berair
  • Pseudoephedrine HCL merupakan senyawa yang bekerja langsung dalam memegaruhi reseptor alpha serta beta adrenergik pada mukosa di saluran pernapasan dan menyebabkan vasokonstriksi untuk mengurangi pembengkakan dan penyumbatan, contohnya hidung tersumbat.

Jadi itulah beberapa ulasan mengenai dari fungsi obat batuk actifed, nah bagaimana anda sudah bisa mengetahuinya bukan? Jangan lupa untuk mencoba obat ini yah.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan